The New Era in Cooking

Teks & Foto     Rahmat Derryawan

For those who concern about “Go Green” and “Healthy Food”, please check this out…

Rational SelfCooking Center mampu mereduksi penggunaan minyak goreng hingga 30 persen dan menghemat energi sampai 60 persen

500 tahun lalu ketika manusia menemukan api, kegiatan masak-memasak pun dimulai. Saat itu pula, manusia harus senantiasa memantau proses masakannya agar sesuai dengan keinginan. Namun keadaan yang menyita atensi para chef ini kini dapat diubah dengan keberadaan perangkat dari manufaktur Rational International AG yang bermarkas di Jerman ini. Pasalnya perangkat dengan merek Rational tipe SelfCooking Center ini disebut bisa banyak memangkas keterlibatan manusia, waktu kerja, hingga biaya untuk membeli perangkat dapur komersil lainnya. Singkatnya layak disebut ‘one stop service equipment for commercial kitchen’.

Perangkat ini mampu mereduksi waktu memasak hingga 30 persen, mampu mengurangi penyusutan daging sampai 20 persen, serta mampu menghemat kapasitas ruang dapur antara 40 - 50 persen

Seperti biasa tim redaksi Foodservice Today pun bergegas mencari tahu tentang performa perangkat yang telah masuk ke market Indonesia. Penelusuran pun sampai ke PT. Gastro Gizi Sarana sebagai distributor brand Rational untuk pasar Indonesia sejak tahun 2008 lalu. “Perangkat yang satu ini memang dilengkapi dengan teknologi canggih. Apa pun bahan masakan yang ingin dibuat, penggunanya tinggal menekan tombol sesuai ketegori masakan yang diinginkan, maka perangkat ini akan langsung memasak sesuai ekspektasi penggunanya. Hal ini karena perangkat ini telah dilengkapi dengan teknologi Intelligent Cooking Equipment yang terimplementasi melalui panel digital touch screen, sehingga sangat mudah dioperasikan bahkan oleh pengguna amatir sekalipun. Terlebih perangkat ini dilengkapi dengan memori yang mampu menyimpan hingga 1.000 setting-an,” ungkap Johny Budiono, perwakilan narasumber dari PT. Gastro Gizi Sarana.  

Bagi Anda yang perduli dengan perangkat bertema “Go Green” alias ramah lingkungan hidup, serta healthy concern, maka perangkat satu ini pas menjadi referensi utama. Bayangkan saja berdasarkan klaim pabrikannya, Rational SelfCooking Center mampu mereduksi penggunaan minyak goreng hingga 30 persen dan menghemat energi sampai 60 persen. Unsur sanitasi juga disebut sangat maksimum, tanpa limbah dari selama proses memasak hingga selesai, serta mampu membersihkan dirinya sendiri dengan tablet khusus. Perangkat ini juga diklaim mampu mereduksi waktu memasak hingga 30 persen, mampu mengurangi penyusutan daging sampai 20 persen, serta mampu menghemat kapasitas ruang dapur antara 40 hingga 50 persen.

Segala klaim pabrikan tentang seabrek kelebihan tersebut pun coba didemonstrasikan oleh Lucky Permana, Corporate Executive Chef PT. Gastro Gizi Sarana di demo kitchen mereka yang terletak di bilangan Kawasan Industri Bogorindo Sentul, Bogor pada medium pertengahan Agustus 2009 lalu. Bersama Executive Chef dengan jam terbang di antaranya sebagai Executive Chef Swissbel-Hotel Manokwari, Executive Chef Makassar Golden Hotel, dan Chef Imperial Klub Golf Lippo Karawaci ini perangkat Rational SelfCooking Center ini mengeksplorasi kemampuan briliannya.

Dari enam model Rational SelfCooking Center yang ditawarkan dengan dua pilihan sumber energi (listrik atau gas), dalam ajang unjuk kebolehan kali ini Executive Chef Lucky “bertandem” dengan Rational SelfCooking Center Model 61 yang bersumber tenaga listrik.

Perangkat ini dilengkapi dengan memori yang mampu menyimpan hingga 1.000 setting-an

Meski merupakan lineup termungil dari varian yang ada, perangkat ini mampu melaksanakan tugas baking, roasting, grilling, steaming, braising, blanching, poaching, dan banyak lagi yang lainnya. Dengan kemampuan melaksanakan tugas sebanyak itu, maka biaya kebutuhan perangkat seperti hot air ovens, stoves, tilting pans, boilers, steamers, deep-fryers, pot dan pans bisa disimpan untuk kebutuhan yang lain.

Pada kegiatan cooking demo di hadapan calon potensial kostumernya, Rational SelfCooking Center bersama Executive Chef Lucky ini mampu menghasilkan berbagai panganan siap saji, mulai dari cordon blue, french fries, steak, hingga mem-bake roti yang sudah kehilangan konturnya menjadi segar kembali dalam waktu kurang dari tiga jam. Anda bisa melihat line up ingredients di foto-foto berikut yang dimasak saat cooking demo tersebut pada kurun waktu tadi. Dan semuanya dimasak tanpa minyak.

“Alat ini sangat pas dipakai oleh para pelaku bisnis F&B yang ingin memiliki satu perangkat dengan kemampuan seabrek dan minim supervisi,” ungkap Executive Chef Lucky agak berpromosi.

Perangkat ini mampu melaksanakan tugas baking, roasting, grilling, steaming, braising, blanching, poaching, dan banyak lagi yang lainnya

Bagaimana, tertarik memesannya…

Spesifikasi Rational SelfCooking Center Model 61

Harga NA

Sumber Energi Elektrik atau Gas

Kapasitas Tampung 6 x 1/1 GN

Kapasitas Produksi Makanan           per Hari 30 – 80

Lebar 847 mm

Panjang 771 mm

Tinggi 757 mm

Bobot 110 kg (elektrik); 126 kg (gas)

Inbox:

How to Buy…

Jika Anda berminat memiliki perangkat Rational SelfCooking Center Model 61 atau model lainnya, bisa segera menghubungi alamat berikut:

PT. Gastro Gizi Sarana

Jl. Mandala Selatan No. 20 A-B Tomang

Jakarta Barat – Indonesia

Telp (021) 563-7373 / Fax (021) 563 7272

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s