Laporan Dari Jakarta Motorcycle Show 2010

Mengintip Motor Baru Tahun 2011

Ajang Pameran Motor Terakbar di Indonesia menjadi “jendela” para biker untuk mencari tahu lineup motor baru apa saja yang akan menjadi amunisi anyar para ATPM dalam berebut potongan kue di tahun depan.

Pada tanggal 3 – 7 November lalu, areal JCC-Senayan menjadi ajang pameran terakbar buat para biker di Indonesia. Yup, pasalnya Jakarta Motorcycle Show (JMCS) yang merupakan agenda event dua tahunan kembali digelar. Mengingat acaranya yang digelar jelang tutup tahun, maka ajang JMCS 2010 bisa menjadi tempat “mengintip” seperti apa saja produk motor baru yang akan dilepas masing-masing ATPM motor di tahun 2011.

Berikut “oleh-oleh” buat Anda yang tidak berkesempatan melihat langsung…

Yamaha

PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) sebagai ATPM pabrikan “garpu tala” di Indonesia memajang dua “sosok” baru di stand mereka. Varian pertama yakni Yamaha New Jupiter MX.

Yamaha New Jupiter MX

Beberapa item perubahan pada motor ini, di antaranya fitur rem cakram belakang, ban belakang lebih besar yakni berukuran 100/70-17, dan beberapa fitur baru lainnya. Meski belum melansir harganya, tapi pihak YMKI akan melansir produk ini pada semester pertama 2011.

Yamaha Lexam: Penantang utama Honda Revo AT

Sosok kedua merupakan produk baru yang akan menjadi penantang utama Honda Revo AT, yakni Yamaha Lexam. Pihak YMKI rencananya akan mulai memasarkan Lexam pada awal tahun 2011, dengan kisaran harga di bawah Rp 15 juta yang berarti di bawah kompetitor. Yamaha Lexam menggunakan tipe mesin 4-langkah 2-katup SOHC berpendinginan udara, dengan volume silinder 113,7cc. Daya maksimum yang diletupkan dapur pacunya 8,7-HP/8.000 rpm dan torsi maksimum 8,73 Nm/7.000 rpm. Kapasitas tangkinya mampu memuat 4,1-liter BBM, sementara ruang pelumas mesinnya 1,15-liter. Tipe rangka Lexam menggunakan konsep steel tube underbone.

Honda

PT Astra Honda Motor (AHM) menampilkan dua motor sport medium yang merupakan world wide product terbaru Honda, yaitu Honda CBR250R dan CBR150R. Pihak AHM sendiri melansir akan memperkenalkan Honda CBR250R terlebih dahulu di semester pertama 2011. Menurut bocoran yang didapatkan RD, harga Honda CBR250R standar berada di kisaran Rp 42 juta – Rp 44 juta. Sementara versi ABS akan ditempeli banderol antara Rp 46 juta – Rp 50 juta. Artinya jika benar demikian, harga jual Honda CBR250R di Indonesia jauh lebih tinggi dibanding di Thailand. Pasalnya perbedaannya mencapai angka di atas Rp 10 juta. Di Negeri Gajah Putih sendiri, harga jual Honda CBR250R standar diberi emblem harga Rp 30 juta. Sementara versi flagship-nya dijual seharga Rp Rp 35 juta.

Perkiraan harga Honda CBR250R di Indonesia jauh lebih tinggi dibanding di Thailand

Seperti sang kakak, Honda CBR150R diperkenalkan di Thailand pada medio Oktober lalu. Berdasarkan kabar yang didapat RD, Honda CBR150R baru akan dirilis pada semester kedua 2011 untuk menjadi tandem Honda New Mega Pro dalam menghadapi gempuran duet Yamaha V-ixon dan Byson di kelas sport 150cc. Dari data yang dikeluarkan pihak AHM, Honda CBR150R akan tampil dalam tiga pilihan warna, yakni X-Treme Red, Sporty R.W.B, dan Night Black

Kawasaki

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) membawa tiga motor baru di ajang JMCS 2010, yaitu Kawasaki ZX-6R, Kawasaki ER6, dan KX250F. Ketiganya dikabarkan akan mulai dipasar pada tahun 2011.

Kawasaki ZX-6R yang mengisi market motor sport 600cc akan meramaikan pasar, dengan estimasi harga Rp 230 juta. Mesin 4-silinder ZX-6R mampu menghasilkan daya maksimal 132,12-tenaga kuda pada 14.000 rpm dan torsi maksimal 66,7 Nm / 11.800 rpm, yang disalurkan ke roda melalui transmisi 6-kecepatan. Kapasitas tangkinya mampu memuat 17-liter bahan bakar, dengan rasio kompresi 13,3:1 yang notabene secara logika membutuhkan BBM beroktan tinggi (asumsi Shell Super Extra atau Pertamax Plus).

Dengan harga Rp 230 juta, Kawasaki ZX-6R mengisi market motor sport 600cc

Untuk Kawasaki ER6 kabarnya tahun depan akan diproduksi CKD (Completely Knock Down) di Indonesia, sehingga akan menggunakan konten/muatan lokal untuk mereduksi harga jual tentunya. Menurut Freddyanto Basuki, Manager & RnD PT. KMI, kandungan muatan lokalnya sementara dihitung. Sementara kisaran harganya disebut akan berada antara Rp 100 juta hingga Rp 110 juta. Akan ada dua lineup ER6 yang akan dipasarkan nantinya pada semester kedua 2011, yaitu Kawasaki ER-6N dan ER-6F. Motor sport ini sendiri ditopang mesin berkapasitas 649cc, yang disalurkan ke roda melalui transmisi 6-kecepatan.

Buat penggemar medan tanah, maka bersiaplah menyambut lineup satu ini yang akan menjadi senjata baru PT KMI dalam penetrasi pasar. Dengan harga jual sekitar Rp 75juta, Kawasaki KX250F ini ditargetkan akan mampu terjual sekitar 100 unit per bulan jika mulai dipasarkan tahun depan. Kawasaki KX250F ditopang mesin berkapasitas 249cc dan transmisi 5-kecepatan. Sementara kapasitas tangkinya mampu memuat 7,2-liter.

Suzuki

Di ajang JMCS ini, ATPM Suzuki tidak merilis motor baru. Hanya saja dua lineup yang sudah ada mengalami penyempurnaan. Suzuki Skydrive misalnya diperkenalkan versi racing-nya. Lalu Suzuki Titan sekarang dilengkapi fitur automatic headlamp, dimana ketika motor di-starer maka lampu utama akan langsung menyala. “Fitur baru ini merupakan terobosan pertama pertama di kelas bebek dari ATPM di Indonesia, yang menyesuaikan dengan regulasi pemerintah sehubungan soal safety riding,” ungkap Joko Utomo, Deputy General Manager PT. Suzuki Indomobil Sales.

TVS

TVS Rock Z: Minor change dengan stripping baru

Pabrikan motor asal India ini juga belum memperkenalkan produk barunya di ajang JMCS 2010. Hanya saja untuk TVS Rock Z mengalami minor change melalui tampilan stripping barunya

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in OTOMOTIF RODA DUA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s