Ayam Broiler versus Ayam Sabung, plus hegemoni Ayam Betina

ImageProfil seekor broiler

Alkisah seekor ayam broiler atau ayam potong berhasil terpilih sebagai pemimpin di negerinya.

Masyarakat di negerinya memiliki si broiler satu ini, karena rata – rata melihatnya memiliki kharisma dan tubuhnya terhitung besar dibanding ayam – ayam di sekelilingnya.

Profil ayam sabung

Ayam sabung satu ini juga dikenal sebagai pemuka keyakinan bergaris keras di antara anggota yang memilihnya sebagai pemimpin.

Sang ayam sabung satu ini meski berperawakan agak kecil, tapi kokoknya niscaya mampu memekakkan telinga yang mendengar. Meski hidup di negeri yang dipimpin sang broiler di atas, ayam sabung ini tidak serta merta mengikuti aturan yang ada. Dengan caranya sendiri, ayam sabung ini dan masyarakatnya membuat aturan tersendiri.

Terkadang dengan cara yang represif dan anarkis, ayam sabung dan masyarakatnya membuat kelompok sendiri, serta tidak jarang melakukan pengrusakan dan berbenturan dengan masyarakat lain yang juga ada di negeri ayam broiler.

Peranakan ayam hias dan ayam sabung

Ayam satu ini berbeda kelamin dengan dua ayam di atas. Ia berkelamin perempuan. Peranakan ayam hias dan ayam sabung ini memimpin sebuah wilayah yang berada di dalam terirorial negeri yang dipimpin ayam broiler di atas.

Meski ditunjuk secara sah sesuai aturan di negerinya, ayam betina blasteran ini sukses melanggenggkan sanak saudaranya memimpin di banyak posisi strategi di wilayah kekuasaannya. Baginya pemimpin – pemimpin di bawahnya harus berhubungan darah, titik.

Konflik para ayam

Suatu ketika anggota organisasi dari ayam sabung melakukan tindakan anarkisme di sebuah wilayah, dan menyebabkan satu penduduk di wilayah lain tewas. Fatalnya yang tewas tengah dalam kondisi mengandung.

Alhasil ribuan warga sekitar murka, dan mengundang simpatik dari wilayah lain di negeri ayam broiler. Bahkan sang ayam broiler pun murka. Sayangnya sang ayam sabung tidak peduli dengan kemarahan ayam broiler.

Kasihan juga dengan sang ayam broiler, mungkin karena dia berasal dari ras ayam potong, maka nampaknya sudah biasa di-bully alias tidak diindahkan. Uniknya sang ayam broiler tetap saja memerankan tugasnya sebagai pimpinan negeri ayam.

Bagaimana dengan peranakan ayam betina? Meski sedang diterpa isyu tidak sedap dari wakilnya, sang ayam betina tidak peduli dan tetap tenggelam dalam dunia bersolek.

Yah, namanya juga negeri ayam. Semua tindak tanduk dan perilakunya adalah panggung hiburan.

Catatan: Pembahasan jenis ayam di sini ditinjau dari perspektif fungsi yang umumnya dikenal orang Indonesia.

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Ayam Broiler versus Ayam Sabung, plus hegemoni Ayam Betina

  1. Rajawali says:

    artikel yg bgus.. 🙄 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s