Pertarungan 3 Ksatria Terbaik

Tiga ksatria MotoGP 2013

Tiga ksatria MotoGP 2013

Sirkuit Brno (Czech Republic) hari Minggu 25 Agustus 2013 menjadi saksi pertarungan tiga ksatria terbaik di muka bumi dalam hal memacu motor. Meski tidak satupun dari ketiganya yang start di grid terdepan, namun pandangan mata penduduk dunia mayoritas tertuju kepada ketiga orang ini; Marc Marquez, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo.

Asumsinya sederhana, ketiganya merupakan kontender terkuat perengkuh gelar juara dunia MotoGP 2013.

Marc Marquez

Marc Marquez, sang pemuncak klasemen ini sementara ini start dari posisi ke-3, di belakang Cal Cruthclow (Monster Yamaha Tech3) dan Alvaro Bautista (Go&Fun Honda Gressini).

Meski demikian, bukan persoalan bagi rookie MotoGP terbaik sepanjang jaman itu. Kebringasannya dalam memacu motor ditunjang performa menakjubkan Honda RC213, adalah kombinasi terbaik di ajang MotoGP 2013. Hasilnya selepas start, Marc Marquez langsung mampu melewati dua pembalap di depannya itu.

Marquez memang tidak langsung memimpin lomba, karena ia berhasil dilewati oleh juara bertahan, Jorge Lorenzo yang start dari posisi kelima. Balapan 22 lap itu pun mulai menawarkan drama ketegangan sejak tikungan pertama.

Inilah ujian awal buat sang rookie. Kematangannya sebagai pembalap belia diuji. Ia sempat tertinggal lebih dari satu detik di belakang Lorenzo.

Tanpa terasa, drama ketegangan adu kecepatan dan strategi itu telah lewat separuhnya. Dengan sabar, Marquez terus  berupaya memperpendek jarak. Hingga di lap ke-15, momen yang dinantinya tiba, melewati rider terbaik dari tim Yamaha Factory Racing itu. Meski Lorenzo coba memberikan perlawanan sengit setelahnya, ternyata tidak membuat Marquez ciut. Sebaliknya ia semakin bersemangat menyentuh garis finish paling awal.

Hasilnya, sebagaimana Anda telah ketahui, Marquez semakin mengukuhkan dirinya di puncak klasemen sementara, dengan nilai 213 poin.

Jorge Lorenzo

Duduk di posisi tiga klasemen sementara tentu bukan posisi menyenangkan buat penunggang Yamaha YZR-M1 2013 ini. Alhasil meski start dari posisi kelima, Lorenzo langsung agresif membuka handel gas motornya. Melesat terdepan seperti jargon promosi brand Yamaha di Indonesia.

Beberapa kali sorot mata tajam Lorenzo tertangkap kamera. Ia nampak begitu fokus memacu motornya, guna mempecundangi duo Honda di belakangnya. Lebih dari separuh putaran jalannya balapan di Brno, Lorenzo berhasil memimpin.

Entah apa penyebabnya kemudian; performa Lorenzo yang turun, greget Yamaha YZR-M1 melemah, atau duo Honda memang lebih digjaya…

Seusia balapan, Lorenzo menuturkan jika upaya perebutan gelar juara belum tertutup baginya, namun akan semakin sulit. Lorenzo sementara duduk di posisi ketiga dengan nilai 169 atau tertinggal 44 poin di belakang Marquez.

Dani Pedrosa

Di antara ketiga nama di atas, nama Pedrosa mungkin yang mendapat sorotan lampu paling sedikit. Secara jujur, selama di kelas MotoGP, Pedrosa memang lebih minim pertarungan ketat dibanding kedua rivalnya di atas. Alhasil beberapa pandangan menyebut, Pedrosa memiliki masalah pada mental bertarung, meski secara skill diyakini sama hebatnya.

Di seri Brno 2013 ini, Pedrosa start dari posisi keempat dan langsung melesat ke posisi ketiga kemudian. Dengan sabar, Pedrosa terus menguntit di belakang Lorenzo dan Marquez. Ada sebuah hal yang nampaknya disembunyikan Pedrosa. “Akan tiba saatnya,” bahasa tubuhnya mengindikasikan isyarat itu.

Jelang tiga lap terakhir, Pedrosa berhasil mendahului Lorenzo dan merebut posisi kedua. Dan dua lap terakhir, pertarungannya yang dinantinya tiba, berduel dengan rekan setimnya. Sayang Marquez tetap melaju “gila” hari itu dan konsisten.

Jelang garis finish, Pedrosa memang mampu mendekat, namun itu tak cukup. Ia terpaut 0,313 detik di belakang Marquez. Banyak komentar kemudian di sebuah situs berita terbesar di Indonesia, intinya Pedrosa disebut memang tidak lebih baik dari rekan setimnya itu.

Di posisi klasemen sementara, Pedrosa duduk di posisi kedua dengan nilai 187 atau terpaut 26 poin di belakang Marquez. Balapan masih ada tujuh seri tersisa, dan peluang itu tentu belum habis.

It is now or never, Pedrosa! Yes, you can.

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in OTOMOTIF RODA DUA, Umum and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s