Test Drive New Daihatsu Terios TX AT Adventure

Perubahan mencolok pada bumber model 2-tone.

Perubahan mencolok pada bumber model 2-tone.

Di bulan Oktober 2013 lalu, saya sempat merasakan berada di balik kemudi New Daihatsu Terios Adventure TX AT (Rp 215,4 juta – on the road Jakarta). Sekedar menyegarkan ingatan Anda, versi penyegaran light SUV dari Daihatsu ini diperkenalkan pada tanggal 29 Agustus 2013 lalu oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai Agen Pemegang Merek di Indonesia.

Dilengkapi dengan sistem navigasi, rear view camera dan dual airbag.

Dilengkapi dengan sistem navigasi, rear view camera dan dual airbag.

Ada dua tipe New Daihatsu Terios yang ditawarkan pihak ADM, yakni tipe TS dan TX dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan manual atau 4-percepatan otomatis. Versi yang saya uji sendiri adalah varian teratas, sebagaimana yang dapat Anda lihat juga di situs Astra Daihatsu Motor.

Berikut hasil pengalaman saya mengujinya.

Rival: Di segmen light/compact SUV, New Daihatsu bisa disebut minim lawan. Sebab di segmen ini hanya ada nama saudara kembarnya Toyota Rush dan Nissan Juke.

Desain Eksterior: Perubahan mencolok di bagian depan pada tipe TX Adventure AT yang saya uji adalah desain bumper depan yang lebih kokoh dengan aksen 2-tone. Selain itu, New Daihatsu Terios TX AT Adventure telah dilengkapi dengan headlamp model proyektor yang sporty dan pencahayaan maksimal.

Di bagian samping, aplikasi spion dengan aksen chrome dan lampu sinyal, serta dapat dilipat elektrik menjadi pesona lain.

Di bagian samping, aplikasi spion dengan aksen chrome dan lampu sinyal, serta dapat dilipat elektrik menjadi pesona lain.

Di bagian bodi samping, aplikasi spion dengan aksen chrome dan lampu sinyal, serta dapat dilipat elektrik dari kabin menjadi pesona lainnya. Ada enam pilihan warna yang tersedia, yakni hitam, merah, silver, abu – abu, putih dan emas.

Interior: Aplikasi aksen chrome pada desain dashboard, keberadaan headunit dengan layar sentuh di bagian tengah dashboard juga memiliki fungsi sebagai sistem navigasi dan rear view parking camera, serta tuas model putar untuk

AC double blower

AC double blower

peninggi dudukan kursi pengemudi, merupakan nilai pesona kenyamanan lebih yang coba ditawarkan pihak ADM kepada calon konsumennya di segmen light SUV.

Teknologi: New Daihatsu Terios TX AT Adventure telah dilengkapi dengan beberapa teknologi pendukung keselamatan dan kenyamanan berkendara. Ada electric power steering, yang selain membuat kinerja handling setir lebih enteng, juga membuat konsumsi BBM lebih irit. Hal ini karena daya untuk menggerakkan putaran kemudi jadi lebih enteng.

Dual SRS airbag yang memberikan proteksi maksimal kepada dua penumpang di baris depan saat terjadi benturan keras. Antilock braking system yang membantu roda mobil mengunci saat pengereman mendadak (panic braking), sehingga pengemudi masih dapat menghindari obyek benturan saat potensi kecelakaan akan terjadi.

Selain itu, keberadaan kompressor AC yang lebih kecil membuat konsumsi BBM lebih irit. Pihak ADM menyebut kombinasi electric power steering dan kompresor AC yang lebih kecil membuat konsumsi BBM New Daihatsu Terios lebih irit 6 %.

Performa: Menurut saya, New Daihatsu Terios merupakan pilihan yang cukup bijak bagi penggemar pemula atau pengemudi perempuan di segmen SUV. Selain bodinya yang compact, posisi jarak terendah ke tanah sejauh 20 cm, membuat New Daihatsu Terios pas buat menghadapi medan jalanan di Jakarta yang banyak berlubang dan genangan air yang cukup tinggi saat hujan.

Catatan: Selama mengendarainya, saya agak terganggu dengan efek limbung (body roll) saat mobil melaju di atas kecepatan 90 km/jam. Selain itu posisi pilar “A” memiliki efek blind spot untuk memantau posisi kendaraan dari arah berlawanan, saat mengemudi di jalan tikungan.  

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Otomotif Roda Empat and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Test Drive New Daihatsu Terios TX AT Adventure

  1. wahyu says:

    Baik..
    Setelah membaca ulasan dan beberapa diskusinya, saya tertarik untuk upgrade taruna ke terios..
    Terimakasih atas info nya gan..

  2. angga says:

    selamat malam pak.
    mohn pencerahanya sy ingin membeli mobil 2nd tp bingung memilah dan memilih yg mn antara grand livina xv, ertiga gx atau mobilio e.
    saya ingin mobil yg nYaman, fun to drive, ac memadai utk semua penumpang, handling mantap, interior yg lapang (karena rt2 tingginya 170an cm.
    mana yg lbh bAik dr ke 3 mobil tsb.
    atau mungkin ada pendapat lainya?
    saya kemarin menggunakan innova, minimal yg sama nyamanya dg innova.
    mohon bantuanya.

    • jbkderry says:

      Terima kasih sudah berkirim surel, Pak Angga.

      Ketiga mobil tersebut bermain di segmen yang sama (low MPV), jadi mirip2 dan agak susah menjawabnya. Saya kebetulan pemakai GL 2012, dan menurut saya Nissan nyaman dikendarai, nyaman juga buat seluruh penumpang, handling mantap, dan bensin cukup irit. Kelemahan di antaranya mesin yang suka ngelitik setelah di atas 20.000 km pemakaian kalau gas di hentak. Selain itu, biaya layanan purna jualnya (mesti dicek kembali) lebih tinggi dibanding dua rivalnya di atas.

      Untuk Honda Mobilio, kelebihannya pada mesin Honda yang handal dan desain eksterior yang modern. Saya belum pernah mengetesnya langsung, cuma dari yang saya lihat dan tahun Mobilio punya kelemahan pada kualitas finishing dan meterior interiornya.

      Untuk Suzuki Ertiga kayaknya yang paling mantap, cuma saya tidak tahu kursi baris ketiganya lebih lapang tidak dibanding GL, secara dimensi panjang dan jarak sumbu rodanya lebih pendek.

      Semoga bisa mejawab, setidaknya membantu.

      Salam.

  3. Harijanto Suwarno says:

    Maksudnya A frame yg mana ya? Kalau Kijang Innova memanh di kaca depan ada A frame yg mengganggu pandangan. Mohon pencerahan, makasih

    • jbkderry says:

      Pilar A adalah bagian rangka bodi mobil yang posisi pada bagian sudut/pinggiran windshield/kaca depan. Biasanya pada mobil2 keluaran terbaru, posisi pilar “A” agak dimajukan ke depan. Gunanya setahu saya, selain untuk mengurangi beban hambatan angin terkait aerodinamika kendaraan, juga untuk mengeleminir/mereduksi blind spot kendaraan dari arah berlawanan. Semoga bisa menjawab yah, Pak Harijanto. Salam kenal.

  4. fahmi says:

    maksudnya limbung itu goyang ya?saya bingung mau terios adv TX or livina xgear

    • jbkderry says:

      Maaf, baru sempat balas, pak Fahmi. Ya, limbung itu goyang, pak. Soalnya Terios atau Livina itu tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda butuh kendaraan yang ground clearance-nya tinggi, Terios tentu lebih baik. Sederhananya lebih tangguh di jalanan berlubang atau genangan air. Ground clearance Terios itu seingat saya 20 cm, lebih tinggi 3 cm dibanding Livina (17 cm). Tapi jika Anda butuh kendaraan keluarga yang nyaman dikendarai, cukup hemat BBM, saya pikir Livina pas sebagai salah satu alternatif pilihan. Kebetulan saya juga pengguna Nissan GL. Semoga menjawab, pak Fahmi.

  5. Segera new terios airbag nangkring di garasi kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s