Tips Yoga Ringan Saat Mudik Mengemudi

IMG_0163
model: Riyory Rahmaoka Andjani (Oka)

Meningkatnya kemampuan daya beli masyarakat pada kendaraan roda empat tentu bisa disimak pada momen mudik kali ini. Sederhananya kemacetan di budaya ritual tahunan ini makin akut.

Buat pengemudi, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri, termasuk dalam menetralisir kondisi tubuh yang stres dan kelelahan. Jika dibiarkan tentu dapat berakibat fatal. Nah, berikut 4 tips ringan yoga pengusir penat yang sederhana buat para pemudik.

Berikut keempat hal tersebut:

1. Pernapasan

Tenangkan tubuh dengan cara bernapas secara teratur. Lalu, ambil napas panjang secara perlahan yang bertujuan untuk meredakan ketegangan dan melawan stres. Tarik napas melalui hidung dan buang napas melalui mulut, masing – masing dalam empat hitungan. Metode ini juga akan membantu Anda saat menghadapi kemacetan lalu lintas.

2. Leher

Setelah berada dalam posisi duduk terus menerus, leher kita akan rentang untuk menjadi tegang. Dengan posisi tangan tetap di roda kemudi, gerakkan kepala berputar membentuk lingkaran. Lakukan lebih lama pada bagian tubuh yang butuh lebih banyak peregangan. Gerakan bisa dilanjutkan dengan menggerakkan leher ke kiri dan ke kanan secara bergantian.

3. Punggung

Saat kendaraan berhenti, angkat kedua tangan ke atas dan tarik napas dalam – dalam. Lalu tariklah badan ke depan hingga menyentuh roda kemudi. Ambil napas panjang untuk melegakan otot – otot. Gerakan bisa dilanjutkan dengan meletakkan tangan mengelilingi dada, lalu gunakan tangan kiri untuk menarik siku kanan, dan begitu juga sebaliknya. Gerakan ini dapat mengurangi ketegangan punggung bagian bawah.

4. Tangan dan kaki

Kini saatnya melemaskan otot tangan dan kaki. Dalam keadaan kendaraan berhenti, genggamlah kedua tangan dan buatlah gerakan melingkar. Gerakan ini dapat membantu kita meredakan ketegangan dan memperlancar aliran darah. Lakukan gerakan yang sama pada kaki dengan cara mengangkatnya dan melakukan gerakan melingkar.

Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s