Pengendara Motor di Bawah Usia Ini Waspadalah!

blogkuTahukah Anda, berapa rentang usia pengendara motor yang paling riskan kecelakaan? Saya coba mengutak – atik referensi untuk mengetahui hal ini. Siapa tahu bermanfaat bagi Anda yang tengah mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Berdasarkan informasi yang dirilis pihak kepolisian RI, selama periode 22 Juli – 30 Juli 2014, jumlah korban jiwa telah mencapai 352 orang. Sementara 541 orang luka berat dan 2.010 orang luka ringan. Meski jumlah korban ini disebut menurun 14 persen dibanding tahun 2013, namun hal ini tentu tidak mengurangi fakta jika mudik adalah salah satu tradisi yang paling sering merenggut korban jiwa.

Sebuah situs di Amerika, http://buffalo.ynn.com, pada tanggal 13 Juni 2011 merilis berita tentang pengendara motor yang tewas secara tragis di wilayah Town of Wales, New York. Dua pengemudi motor berusia 29 tahun disebutkan menjadi korban dalam tragedi jalan raya tersebut. Para penyelidik menyebutkan kedua pengemudi kehilangan kendali atas kendaraannya. Mengapa harus jauh-jauh mengambil contoh dan apa pesan moral dari kasus ini?

Sebelum sampai di situ, ada baiknya jika merujuk pada data yang dirilis oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di Amerika menyebutkan beberapa informasi penting, di antaranya resiko pengendara motor untuk mengalami kecelakaan fatal 35 lebih tinggi dibanding pengemudi mobil. Informasi lainnya disebutkan, jika pengendara motor di bawah usia 40 tahun memiliki resiko 36 kali lebih tinggi dibanding pengguna kendaraan di usia lainnya.

“Satu di antara hal yang dapat dikedepankan dalam mendiagnosa resiko dalam mengendarai motor, yakni kewaspadaan yang konstan,” sebut Dr. Jeremy Packer, pakar komunikasi dan budaya kontemprorer di Amerika, serta telah merilis beberapa buku termasuk yang bertemakan keselamatan di jalan raya.

Dalam kesempatan yang lain, pakar keselamatan jalan raya dari dalam Indonesia,  Jusri Pulubuhu, yang  juga founder Crash Free International JDDC menyebutkan, jika dibutuhkan fokus, rileks, dan konsentrasi sepanjang perjalanan dengan mentaati rambu-rambu lalu lintas, redam emosi dan nikmati perjalanan. “Kecelakaan adalah sebuah kegagalan antipasi, terang Jusri.

Satu benang merah yang terkait dari seluruh data di atas, yakni pengemudi motor usia muda secara umum sebagai pencetus bahaya utama dari dirinya sendiri dan lingkungannya akibat keteledoran untuk senantiasa menjaga syarat-syarat utama yang dibutuhkan dalam menciptakan keselamatan di jalan raya.

Nah, jika Anda termasuk pengendara motor yang berusia di bawah 40 tahun, sebaiknya lebih waspada. Utamakan keselamatan dibanding keinginan tiba di tempat tujuan dengan lebih cepat.

Please, ride safely!

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in OTOMOTIF RODA DUA and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s