Beli Mana: Suzuki V-Storm 650 vs Kawasaki Versys

Keduanya sama - sama mengusung konsep turing dan berkapasitas mesin 650 cc.
Keduanya sama – sama mengusung konsep turing dan berkapasitas mesin 650 cc.

Segmen moge kelas menengah tipe turing 650cc telah kehadiran satu pemain baru pada tanggal 29 September 2014 lalu, setelah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi memperkenalkan Suzuki V-Strom 650. Dilihat dari sosoknya, kehadiran moge turing pas menjadi rival sepadan bagi Kawasaki Versys.

Lalu seperti rivalitas keduanya, berikut perbandingan profil datanya:

Perbandingan Desain dan Fitur

Sebagaimana keterangan pers PT SIS, Suzuki V-Storm 650 merupakan teman petualangan yang sebenarnya di kelas premium. Suzuki V-Strom 650 hadir dengan dukungan desain yang diklaim berkarakter “Tough & Smart”, dengan dukungan fitur dual multi-reflector headlight, windscreen, serta intrumen multi fungsi yang memudahkan pengendara untuk memantau berbagai informasi, termasuk gear position, temperatur mesin, ketersediaan bahan bakar di tangki dan rata-rata konsumsi bahan bakar, serta kondisi temperatur udara.

Suzuki V-Storm 650 juga telah dilengkapi dengan teknologi Suzuki Advanced Immobilizer System (SAIS) untuk perlindungan Suzuki V-Srom 650 dari tindakan pencurian, serta rems ABS.

Sementara rivalnya, Kawasaki Versys hadir dengan desain yang antusias untuk para biker yang hobi turing tinggi, ditandai dengan long travel suspension, roda sporty berukuran 17 “, serta rem ABS.

Perbedan desain signifikan pada keduanya terlihat pada desain jok, posisi knalpot, dengan lengan ayun. Suzuki V-Storm 650 yang memiliki desain knalpot nungging di samping bodi dan desain jok yang rata. Lengan ayun belakang Suzuki V-Storm 650 berdiameter kecil dan berkonstruksi rata.

Sementara Kawasaki Versys hadir dengan desain jok berjenjang, knalpot model kolong, serta lengan ayun belakang yang melekuk dan kekar.

Perbandingan Dimensi & Bobot

Suzuki V-Storm 650 memiliki dimensi panjang 2.290 mm, lebar 835 mm, tinggi 1.405 mm, serta jarak antar sumbu roda 1.560mm. Sementara rivalnya memiliki dimensi panjang 2.125 mm (-165 mm), lebar 840 mm (+5 mm), tinggi 1.330 mm (- 75 mm), serta jarak antar sumbu roda 1.415 mm (-145 mm).

Meski secara dimensi lebih mungil, namun Kawasaki Versys ternyata memiliki jarak terendah ke tanah yang lebih tinggi, yakni 180 mm, atau 5 mm lebih tinggi dibanding Suzuki V-Strom 650 yang memiliki ground clearance 175 mm.

Untuk perbandingan bobot, Suzuki V-Storm 650 memiliki berat 214 kg, atau lebih berat 8 kg dibanding Kawasaki Versys yang berbobot 206 kg.

Di Indonesia, Suzuki V-Storm 650 didukung ban standar depan 120/70R17 dan belakang 190/50R17 (berbeda dengan data globalnya yang dibekali ban standar depan 110/80R17 dan belakang 150/70R17). Sementara Kawasaky Versys didukung ban depan berukuran 120/70R17 dan belakang 160/60R17.

Dari perbandingan dimensi, jika Anda mengejar moge turing yang berprofil lebih besar, pilihannya lebih pada Suzuki V-Storm. Sementara Kawasaki Versys lebih pas sebagai pilihan bagi para penggemar turing yang berpostur sedang.

Perbandingan Mesin dan Performa

Suzuki V-Storm 650 didukung mesin liquid cooled DOHC 900 V-Twin berkapasitas 645 cc, dengan dukungan transmisi 6 percepatan. Sayang pihak Suzuki tidak melansir berapa output tenaga dan torsi maksimum yang dihasilkan.

Sementara, Kawasaki Versys dibekali mesin liquid cooled DOHC Parallel Twin berkapasitas 649 cc, dengan transmisi 6 percepatan. Tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 64 hp / 8.000 rpm dan torsi 61 Nm / 6.800 rpm.

Mesin Suzuki V-Storm 650 memiliki rasio kompresi 11,1:1, sementara Kawasaki Versys 10,6:1. Jika mengacu pada perbandingan rasio kompresi dari keduanya, maka idealnya Suzuki V-Storm 650 menggunakan BBM beroktan 95, demikian pula halnya Kawasaki Versys.

Suzuki V-Storm 650 memiliki tangki berkapasitas 20 liter, serta oli mesin 3-liter. Sementara Kawasaki Versys, memiliki tangki berkapasitas 19 liter.

Perbandingan Harga dan Pilihan Warna

Suzuki V-Strom 650 yang didatangkan langsung dari Jepang dalam bentuk utuh (CBU) ini tampil dengan 3 pilihan warna yang menarik yaitu Cabdy Daring Red, Pearl Bracing White dan Metallic Thunder Grey. Pihak PT SIS menempel banderol Rp 192,4 juta (on the road Jakarta) untuk Suzuki V-Storm 650.

Sementara Kawasaki Versys hadir dengan dua pilihan warna, hitam solid dan hitam – kuning, dengan banderol harga Rp 127 juta (on the road JADETABEKSER).

Kesimpulan

Di segmen premium, harga tentu bukanlah jadi satu – satunya soal pertimbangan. Ada faktor emosional dan prestise juga di situ. Hanya saja soal kesiapan dealer dan layanan purna jual, Kawasaki yang lebih dahulu bermain di segmen moge kelas menengah – premium jelas lebih siap.

Kawasaki memiliki dealer dan layanan purna jual yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Sementara, Suzuki baru didukung oleh satu brand shop di Rolling Stone Cafe (Jakarta Selatan) dan satu dealer/service center di jalan Danau Sunter Selatan Blok O/3 No. 51-52, Podomoro, Sunter, Jakarta Utara.

One Reply to “Beli Mana: Suzuki V-Storm 650 vs Kawasaki Versys”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s