Test Drive Hyundai Tucson XG

Di stadion baru kabupaten Bogor.
Di stadion baru kabupaten Bogor.

Artikel ini termasuk dibuang sayang, tentang pengalamanku yang dipinjamkan satu unit Hyundai Tucson XG pada tanggal 21 – 24 Juli 2014 lalu oleh PT Hyundai Mobil Indonesia.

Bersama istri dan anak – anakku, kami membawa model kendaraan compact SUV dari Hyundai ini menyusuri ruas jalan pinggiran Jakarta, yang kala itu mulai sepi ditinggal penduduknya mudik Lebaran ke kampung halaman.

Oh iya, sensasi dan pengalaman test drive kali ini sengaja kulakukan bersama istri tercinta yang juga suka dunia otomotif, dunia yang menjadi ruang rejeki bagi keluarga kami beberapa tahun terakhir.

Berikut ceritanya versi kami masing – masing…

Komentarku

Mengendarai Hyundai Tucson XG seperti menemukan jawaban pencarian mobil yang tenaga dan efisiensi BBMnya seimbang untuk berbagai kebutuhan berkendara.
Mengendarai Hyundai Tucson XG seperti menemukan jawaban pencarian mobil yang tenaga dan efisiensi BBMnya seimbang untuk berbagai kebutuhan berkendara.

Mengendarai Hyundai Tucson XG itu bagiku, seperti menemukan sebuah jawaban tentang berapakah kapasitas mesin mobil yang paling pas untuk kondisi jalanan Jakarta dan sekitarnya. Baik di keadaan stop and go, ataupun saat melintasi rute tanjakan dan turunan, pedal gas cukup diberi tekanan yang minim, dan mesin 2,0-liter D-CVVT dapat melaluinya dengan santai.

Kenyamanan berkendara pun senantiasa terjaga, meski melalui jalanan berlubang ataupun bermanuver (mendahului kendaraan di depan ataupun melalui tikungan). Hal ini tidak terlepas dari beberapa hal, di antaranya konstruksi bodi yang padat dan rigid, level kekedaban kabin yang senyap, serta kinerja suspensi berkarakter medium yang juga membuat mobil tetap stabil (minim body roll atau efek limbung). Implikasinya penumpang di baris kedua pun tetap nyaman.

tucson xg(1)Posisi dan kinerja transmisi shiftronic 6-percepatan yang apik dan ergonomis juga menjadi nilai lebih. Saat berkendara malam hari, keberadaan pendaran cahaya biru pada panel instrumen, membuat pengemudi lebih mudah untuk membacanya.

Kenyamanan berkendara pun makin didapat, berkat keberadaan soket aplikasi untuk USB, iPod dan auxiliary untuk memainkan fasilitas musik, serta dua soket 12 volt 120 watt untuk fasilitas charger perangkat smartphone atau tablet yang berada di bagian konsol tengah.

tucson xg(5)Untuk rute pengendaraan dalam kota, konsumsi BBMnya cukup irit. Dari keterangan di fitur MID (Multi Information Display) tertera informasi 12 liter / 100 km atau sekitar 8,3 km/liter. Artinya untuk rute pengendaraan luar kota atau tol, Hyundai Tucson XG bisa lebih irit.

Dari pengalaman 4 hari 3 malam berada di balik kemudinya, kualitas rancang bangun Hyundai Tucson menunjukkan kesungguhan para tim desainer dan engineer Hyundai kalau membangun compact SUV satu ini. Saya bisa mengatakan demikian di antaranya, saat membuka tutup pintu mobil yang berat dan padat, sekaligus mempertegas rasa keamanan bagi penumpang di dalam kabin.

Soal desain, grille baru model trapezoidal dengan lampu DRL (Daytime Running Light) menambah eksklusivitas yang ada pada desain Hyundai Tucson XG.

Komentar Istriku

tucson xg(2)Hyundai Tucson XG juga dapat diposisikan sebagai family SUV atau female SUV. Sederhananya dapat mengakomodir kebutuhan lintas gender. Dimensi bodi yang compact, serta adanya tuas pengatur ketinggian dudukan kursi cukup membantu mendapatkan posisi duduk dan mengemudi ideal bagi kaum perempuan.

Keberadaan kamera parkir pada kaca spion dalam/tengah juga terasa lebih membantu saat parkir mundur dibanding beberapa rivalnya yang menempatkan kamera parkir di dashboard. Desain kaca spion yang besar dan lebar juga sangat membantu untuk membantu situasi di sekitar mobil.

Keberadaan kamera parkir pada kaca spion dalam/tengah juga terasa lebih membantu saat parkir mundur.
Keberadaan kamera parkir pada kaca spion dalam/tengah juga terasa lebih membantu saat parkir mundur.

Saat melalui jalan sempit dan harus berhadapan dengan mobil dari arah berlawanan, keberadaan tombol electric side mirror juga membantu, sehingga pengemudi tidak perlu membuka kaca untuk melipat kaca spion. Cukup pencet tombol saja.

Keberadaan panoramic sunroof membuat penumpang di baris kedua, terutama anak – anak jadi lebih menikmati perjalanan di atas Hyundai Tucson XG. Kapasitas bagasinya yang lapang juga dapat mengakomodir barang bawaan keluarga, termasuk untuk kebutuhan berlibur.

tucson xg(4)Meski bergenre desain SUV, Hyundai Tucson memiliki karakter suspensi yang tergolong empuk, ketika melalui jalan bergelombang. Manfaatnya penumpang di kursi baris kedua tetap merasa nyaman.

Spesifikasi Hyundai Tucson XG

Harga                          Rp 379 juta (on the road Jabodetabek) *

Mesin                         NU 2.0 MPI, D-CVVT

Tenaga maks.             156 hp / 6.200 rpm

Torsi maks.                 192 Nm / 4.000 rpm

Transmisi                    6-Speed Automotic Shiftronic FWD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s