Bab 11: Rute gigi 1 di Gunung Lawu

Rute Telaga Serangan dipenuhi tanjakan dan turunan tajam, serta dihiasi pemandangan pegunungan dan udara sejuk khas dataran tinggi.

Rute Telaga Serangan dipenuhi tanjakan dan turunan tajam, serta dihiasi pemandangan pegunungan dan udara sejuk khas dataran tinggi.

Melewati rute Telaga Sarangan dan kaki gunung Lawu merupakan tantangan tersendiri. Tahun 2006 saya melewati rute ini bersama Honda Tiger (solo touring) dari arah Surakarta menuju arah Madiun, atau dari arah Barat menuju Timur.

Sementara di akhir 2014 bersama bunda dan anak-anak, saya melewati dari arah sebaliknya, Timur ke Barat. Dari arah Madiun ke arah Surakarta. Banyak orang menyebut rute ini sebagai rute gigi satu, karena kondisi jalan yang super menanjak dan turunan tajam. Alhasil, kendaraan harus sehat saat memutuskan lewat rute ini. Kondisi mesin, sistem transmisi dan rem khususnya.

Meski terkesan rute seram, tapi pemandangan alam dan kesejukan udara yang mampu menghilangkan kesan tersebut. Silakan buka kaca mobil dan matikan suhu pendingin udara, dijamin Anda bersama keluarga atau rekan akan lebih mensyukuri nikmat kehidupan.

Di tengah perjalanan di kawasan Sarangan, kami juga sempat makan siang di Rumah Makan Ayam Bakar Kalang, sembari menikmati pemandangan alam dan sejuknya udara khas pegunungan. Rumah makan itu memelihara lele super jumbo, terbesar yang pernah bunda dan aku lihat.

Deretan pegunungan dengan kabut yang menyelimuti, plus jajaran tanaman sayur dan buah-buahan khas dataran tinggi membuat mata sangat terhibur melihatnya. Beberapa orang penduduk setempat juga nampak membawa hasil tani dan perkebunan. Bahkan nampak kendaraan-kendaraan pikap yang berjalan melewati mobil kami, siap mengantarkan hasil tani dan perkebunan ke daerah-daerah lain. Beberapa pikap melaju kencang, seolah menjadi pertanda kenal daerah dan rute.

Selepas rute Sarangan, saya mengalami de javu. Rasa kantuk tiba-tiba hinggap. Jika dulu saya tidur di sebuah pompa bensin di kawasan Plaosan. Kini mobil saya parkir mobil di pinggir jalan dan terlelap selama sekitar sejam… zzz…zzz…zzz…

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Travelling and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s