Foto Bareng Ikang Fawzi, Rocker Idola Dari SD

Jpeg
Ikang Fawzi, rocker idola sejak jaman SD Mangkura, Makassar.

Semasa di sekolah dasar di SD Mangkura, Makassar, saya memang sudah jadi anak yang pemalu. Ini paling terlihat pada saat pelajaran menyanyi di depan kelas. Gayaku selalu standar, maju ke depan kelas, kepala menunduk, kedua tanganku memainkan ujung baju, menyanyi cepat lagu Bintang Kecil, dan satu kaki sudah maju ke depan untuk segera bergegas kembali ke meja.

“Derry, kau ini belum menyanyi, kakinya sudah buru-buru mau kembali ke bangkumu. Mana suaraku kecil dan cepat lagi menyanyinya,” hardik Bu Guruku dulu.

Omelan ini masih selalu teringat sampai sekarang. Sebenarnya saya cukup suka menyanyi, walaupun untuk konsumsi pribadi, bukan di depan massa.

Saat SD, saya punya dua teman sekelas. Satu cowok namanya Arlan Razak, dan cewek namanya Atiek (lupa Atiek siapa), yang jelas keduanya paling jago menyanyi. Kalau Atiek suka nyanyi lagunya Atiek CB, maka Arlan penggemar berat Ikang Fawzi. Jika giliran mereka menyanyi masing-masing pede-nya bukan main, termasuk soal gaya yang paling ekspresif.

Arlan sangat piawai menyanyikan lagu “Randy & Cindy” atau “Preman”. Saat dia menyanyi lagu Ikang Fawzi, seluruh siswa di kelas termasuk Bu Guru terhibur, minimal tersenyum gembira.

Begitu pula dengan Atiek. Saya masih ingat gaya Atiek. Sebelum bernyanyi, Atiek selalu berpose lebih dahulu, dua jarinya (telunjuk dan jari tengah kanan) membentuk huruf “V” di depan matanya. Setelah itu Atiek pasti menyanyi keranjingan, kakinya terangkat. Beruntung dia selalu pakai celana olahraga, jadi pahanya tidak kelihatan oleh teman laki-laki berotak mesum seperti saya.

Kembali ke Arlan, saya selalu kagum sama anak yang tinggal dekat Pantai Losari ini. Dengan sepatu Nike Air-nya model 3/4, Arlan bernyanyi begitu gagah bak artis cilik kondang di jamannya.

Aksi panggung Arlan itu kadang menjadi obyek pemikiranku setiap selepas sekolah, khususnya ketika ada abang-abang penjual buku kecil berisi teks-teks lagu-lagu populer di saat itu, termasuk lagu-lagu Ikang Fawzi.

Ada sih niatan menyanyikan lagu Ikang juga di depan kelas, tapi jangankan mental menyanyikan lagu Ikang Fawzi, menyanyikan lagu mellow sekelas Tommy J Pisa saja saya tidak pede. Ayam sayurlah pokoknya.

Di antara lagu Ikang Fawzi yang paling saya adalah single Salam Terakhir. Bahkan sampai sekarang, saya suka menyanyikannya. Tentu saja tetap untuk konsumsi pribadi, khususnya saat menyetir mobil atau mengendarai motor. Itupun tidak semua liriknya saya hapal, hanya penggalan kecil.

Bagiku, Ikang adalah salah satu rocker idolaku, selain band God Bless, Harry Moekti dan alm. Gito Rollies.

Sekitar tahun 1994-1995, saya beberapa kali melihat Ikang Fawzi di kantornya di belakang kolam renang Bulungan, Jakarta Selatan. Kebetulan di depan kantornya itu adalah Yayasan Kilat Hasanuddin, sebuah gedung yang sempat jadi sengketa, tempat salah satu sepupu alm. Papaku sering mampir dan mengajakku. Meski merupakan seorang penggemar, namun dari dulu saya bukanlah tipe yang suka mengejar-ngejar artis idola.

Sampai di hari Kamis, 20 Agustus 2015, pemimpin redaksi di tempatku bekerja meminta agar timnya mewawancarai selebriti-selebriti yang ada di pameran GIIAS 2015 di ICE-BSD, Serpong. Saat itu waktu sudah petang, dan di salah satu areal pameran, mataku melihat sosok rocker kelahiran 23 Oktober 1959 itu.

“Halo, Mas Ikang. Boleh wawancara sebentarkah?” sapaku pada suami aktris sekaligus politisi Marissa Haque itu.

Ternyata rocker senior ini bersedia melayani wawancara singkat itu, termasuk mengemukakan model kendaraan kesukaannya.

Di ujung wawancara, akhirnya momen bisa berfoto bersama rocker idola pun kesampaian. Ikang pun bercuit-cuitan di twitter berterima kasih atas ulasan artikel singkatku itu.

Ok, Mas Ikang. Sukses selalu buat karir dan rumah tangganya, amin YRA.

Di malam ini kuberanikan diri menemuimu’tuk kesekian kalinya …” (Yup, sebatas itu lirik Salam Terakhir yang biasa saya nyanyikan, maklum kategori konser privat dan internal…hahaha)

tweet

2 Replies to “Foto Bareng Ikang Fawzi, Rocker Idola Dari SD”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s