Naik Motor Itu Menyenangkan, Asal…

2Pada tahun 2014, Bennetts sebagai perusahaan asuransi sepeda motor terkemuka di Inggris mengeluarkan hasil survei, jika 87,9% dari pengguna sepeda motor dan skuter lebih bergembira berangkat ke tempat kerja dibanding menggunakan model transportasi lain, seperti mobil dan bus.

Survei tersebut melibatkan sekitar 1.000 orang komuter di wilayah Inggris Raya. Hasil survei itu juga menemukan fakta jika 67,8% dari partisipan bisa merasakan efek positif dalam bekerja, karena pengaruh pilihan model transportasi yang digunakan. Dalam hal ini tentu saja sepeda motor atau skuter. Beberapa manfaat yang didapatkan adalah pengguna sepeda motor dan skuter terlihat lebih tenang dan produktif dalam bekerja.

Dalam studi lain yang dilakukan oleh Kealton dengan dukungan sponsor dari motor Harley Davidson di Amerika Serikat pada tahun 2013, ditemukan fakta jika perempuan yang mengemudikan sepeda motor (baca: lady biker) ternyata lebih bergembira dibanding yang tidak.

“Mengendarai sepeda motor merupakan bentuk puncak ekspresi dan kebebasan, itulah mengapa perasaan para perempuan yang mengendarai sepeda motor lebih senang dalam kehidupannya secara umum,” kata Claudia Garber, director of woman’s outreach di Harley-Davidson.

Nah, buat Anda yang baru tertarik menggunakan model transportasi yang menyenangkan ini, berikut beberapa tips yang sebaiknya dipahami ketika bersepeda motor atau skuter:

Pastikan Kondisi Motor Dalam Kondisi Sehat

Hal ini salah satunya dapat dilakukan dengan senantiasa mengikuti standar perawatan berkala, serta usahakan semaksimal kendaraan dalam kondisi standar. Perubahan mekanikal, modifikasi atau penambahan aksesori secara berlebih umumnya dapat membuat kondisi kendaraan tidak lebih sehat, kecuali Anda memiliki pengetahuan teknikal atau referensi terpercaya. Intinya, jangan mudah terpengaruh dalam mengubah spesifikasi standar motor.

Pastikan Bahan Bakar Selalu Terisi

Tidak semua motor memiliki indikator bensin, atau bahkan ada sebagian yang tidak lagi berfungsi benar. Intinya, selalu perhatikan ketersediaan bahan bakar di dalam tangki. Lebih baik lagi, jika Anda mengetahui kondisi rata-rata konsumsi BBM dari sepeda motor atau skuter yang digunakan. Hal ini akan lebih terasa, saat kendaraan digunakan untuk jarak tempuh menengah atau jauh.

Cek Kondisi Ban

Ada beberapa hal yang perlu Anda cek pada kondisi ban, di antaranya yang utama tekanan angin dan kondisi kelaikan ban.

Hal ini sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar dan keselamatan. Patut diingat, jika ban adalah bagian terakhir dari kendaraan yang langsung bergesekan dengan permukaan jalan.

Setelan Posisi Spion Yang Tepat

Selalu pastikan setelan posisi spion yang tepat, sebelum berkendara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s