Pembangunan Itu Makan Kesabaran & Cegah Tindakan Korupsi

P_20151029_115729Salah satu cara melatih kesabaran sekaligus mencegah tindakan korupsi itu adalah menjaga aset pembangunan untuk masyarakat umum.

Tidak percaya? Menurut sumber Kementerian Perindustrian, biaya pembangunan monorail Rp 220 miliar per kilometer dan proyek MRT bawah tanah Rp 1 triliun per kilometer. Mahal, khan? Waktu pembangunannya pun membutuhkan tahunan.

Bayangkan, berapa banyak nilai kesabaran yang sudah terbuang di jalan raya untuk menghadapi kondisi lalu lintas super macet ditambah ruas jalan yang menyempit, selama kurun waktu yang panjang untuk setiap masa pembangunan.

Sudah kelihatan benang merahnya? Pembangunan itu makan kesabaran dan cegah tindakan korupsi.

Dalam skala pembangunan lebih kecil, semisal perbaikan jembatan penyeberangan jalan memakan biaya hingga Rp 800 juta per unit (sumber di sini).

Pembangunan megah dengan biaya super besar dan waktu pengerjaan tahunan lain misalnya stadion baru di kabupaten Bogor. Stadion yang direncanakan berkapasitas 30.000 penonton itu memakan biaya Rp 525 miliar, termasuk dari dari dana APBD, dan direncanakan baru selesai pada tahun 2017. Sumber di sini.

Nah, kita sebagai warga masyarakat, khususnya yang kerap vokal mengkritisi tindakan korupsi, sudah seyogyanya menjaga aset-aset pembangunan ini jika sudah selesai nanti. Caranya setidaknya dengan cara-cara sederhana; tidak corat-coret, melakukan tindakan pengrusakan fasilitas, buang sambah atau pipis sembarangan.

Jagalah, karena jika kita merusaknya, maka biaya untuk perbaikan akan tetap besar, sehingga kembali memungkinkan sang penguasa atau pemegang anggaran untuk (kembali) melakukan tindakan korupsi.

Yuk, jaga aset pembangunan di negeri kita tercinta, Indonesia.

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Umum and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s