Bermimpi Punya Hyundai Sante Fe CRDi Tahun 2016

P_20160204_132937Setelah berkesempatan melihat sneak preview Hyundai Santa Fe model year 2016 di pabrik perakitan di Bekasi pada tanggal 4 Februari lalu, tanggal 18 Februari mendatang saya kembali diajak melihat sesi peluncuran resminya di Epicentrum Walk, Kuningan – Jakarta Selatan.

Buat saya dan istri, jika berkesempatan “naik kelas” mengganti mobil kami di tahun ini, maka impiannya tetap sama, Hyundai Santa Fe. “Ampek bener,” kata istri saya.

Buat saya, Hyundai Santa Fe generasi ketiga adalah SUV 7-seater versi mesin diesel CRDi merupakan pilihan terbaik dengan harga paling terjangkau di Indonesia.

Bila market di Indonesia, kerap menyandingkannya berada di kelas yang sama bersama Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, saya pribadi kurang setuju. Seorang konsumen yang menggunakan Hyundai Santa Fe CRDi AT 4WD keluaran tahun 2013 pun sependapat.

“Andai saja mobil ini ditempeli brand Jepang, apalagi Eropa, harganya pasti sudah di atas 1 miliar rupiah,” kata H. Nirwan Anwar, MBA, seorang pengusaha yang berdomisili di wilayah Ciledug, Jakarta Selatan.

Hyundai Santa Fe CRDi Model 2016

P_20160204_132903Di acara sneak preview Hyundai (4/2), Adinda selaku staf public relation dari PT Hyundai Mobil Indonesia menjelaskan beberapa perubahan yang dilakukan, sehingga membuat tampilan dan kenyamanan berkendara semakin terasa.

“Hyundai Santa Fe model year 2016 menampilkan perubahan pada bagian lampu depan dan belakang, sensor parkir depan, serta fitur drive mode dengan pilihan Eco, Normal dan Sport. Selain itu juga ada perubahan pada knalpot belakang model kotak,” kata Adinda.

“Khusus untuk model 2016 ini juga ada perubahan tawaran garansi, yaitu 3 tahun tanpa batasan kilometer, serta masih berlaku tawaran buy back guarantee,” pungkas Adinda.

Alasan & Perbedaan

Hyundai Santa Fe sudah menggunakan model chassis atau rangka monokok, sehingga lebih nyaman dikendarai oleh para penumpangnya. Selain itu, ketangguhan chassis juga teruji di pasar paling kritis di dunia yaitu di Eropa dan Amerika Serikat.

Euro NCAP, lembaga independen yang berpusat di Belgia dan bertugas menguji tingkat keselamatan dan keamanan kendaraan yang dipasarkan massal di Eropa dengan ganjaran tertinggi, sertifikasi 5-Bintang. Demikian pula NHTSA yang berada di bawah departemen transportasi di Amerika Serikat memberikan ganjaran yang sama 5-bintang.

Tidak heran jika lembaga sekelas J.D. Power pada tahun 2015 lalu menilai kualitas rancang bangun kendaraan Hyundai sudah berada di atas kendaraan Jepang.

Di Eropa sendiri, khususnya di Jerman, Hyundai Santa Fe justru dikomparasikan dengan Mercedes-Benz M-Class, BMW X-5 dan VW Touareg.

Tidak heran jika pada tanggal 5 Oktober tahun lalu, berdasarkan data 100 Best Global Brand tahun 2015, nilai brand Hyundai kembali naik ke posisi ke 39 dari posisi ke 40 pada tahun 2014, sekaligus melanjutkan trend positif sejak tahun 2005.

Interbrand perusahaan konsultan brand terkemuka yang berpusat di New York dan memiliki 33 kantor cabang di 27 negara di dunia. “Pertumbuhan nilai brand Hyundai selama 11 tahun terakhir merupakan yang tercepat dibanding brand manapun yang masuk ke dalam daftar tersebut,” kata juru bicara Hyundai.

Sejak tahun 2005 hingga tahun 2015, nilai brand Hyundai berhasil naik 45 posisi.

Mesin Bertenaga & Hemat BBM

Di akhir tahun 2013, saya sempat merasakan langsung sensasi berkendara di balik kemudia Hyundai Santa Fe CRDi versi 4×2 dan menjelajah beberapa wilayah Jawa Barat. Mulai dari kawasan wisata Tangkuban Perahu, kawah putih Ciwidey, danau Situ Patenggang, hingga sampai ke ujung perbatasan jelang Jawa Tengah yaitu kawasan pantai Batu Karas.

Dengan mesin diesel modern berkapasitas 2.2 CRDi VGT (Variable Geometry Turbo), para engineer Hyundai membuktikan telah memiliki  level kehandalan rekayasa pengembangan mesin yang mampu bersaing dengan para engineer pabrikan Jerman dan Jepang. Meski memiliki kapasitas mesin diesel terkecil di kelasnya, namun torsi yang dihasilkan merupakan yang terbesar di kelasnya, 445 Nm. Anda bisa membuktikan sendiri melalui perbandingan spesifikasi dengan produk para kompetitor di kelasnya yang beredar di Indonesia, khususnya dengan produk SUV dari brand Jepang.

Hasilnya mesin tidak perlu bekerja keras untuk menaklukkan medan-medan tanjakan ataupun kondisi stop and go di perkotaan. Terlebih dengan dukungan kinerja transmisi 6-percepatan yang disalurkan ke roda depan (saya mencoba versi 4×2). Hasilnya konsumsi bahan bakarnya pun tergolong sangat efisien untuk kendaraan sekelasnya.

Yang menjadi tantangan buat mesin diesel modern Hyundai, seperti halnya dengan para kompetitornya, adalah jenis konsumsi BBM yang harus dikonsumsi adalah sekelas Pertamina DEX. Hal ini, karena belum banyak SPBU yang menyediakan pilihan BBM sekelas Pertamina DEX. Sebaiknya hindari penggunaan Bio Solar untuk mesin diesel modern, karena kandungan minyak sawit yang ada di dalamnya sudah jauh di atas toleransi yaitu antara 15% – 20%. Padahal mesin diesel modern hanya memiliki batas toleransi maksimal 9%.

Imbasnya kalau dipaksakan mesin bisa jebol.

Nyaman & Lega

Untuk kenyamanan, Hyundai Santa Fe dilengkapi konfigurasi kursi tiga baris untuk tujuh orang, serta AC dual zone sehingga pengemudi dan penumpang depan bisa mengatur sendiri suhu pendingin yang diinginkan. Hyundai Santa Fe juga dilengkapi fitur Multimedia Player (CD, DVD, MP3 dan USB) dengan 6 speaker berkualitas suara yang jernih (sound quality).

Sensasi pengalaman dan petualangan berkendara juga bisa dinikmati seluruh penumpang dengan adanya fitur wide panoramic sunroof. Keberadaan fitur wide panoramic sunroof ini membuat para penumpang lebih dekat dengan nuansa alam.

Saat berkendara di jalan bebas hambatan, pengemudi bisa mengaktifkan fitur cruise control sehingga kaki dapat beristirahat sejenak dari pedal gas. Hyundai Sante Fe juga telah menggunakan suspension tuning sehingga lebih nyaman melintasi berbagai kondisi jalan, serta rectangle xenon projector headlight yang memberikan penerangan maksimal saat malam hari.

Hyundai Santa Fe CRDi model year 2016 dilengkapi fitur Eagle’s Eye View, dimana terdapat empat kamera (di spion kiri dan kanan, grille depan dan belakang) untuk memudahkan pengemudi memantau situasi di sekeliling kendaraan melalui head unit model touch screen berukuran 8-inchi.

Saran Saya

Jika Anda tengah mempertimbangkan membeli mobil berdesain SUV (Sport Utility Vehicle) ukuran reguler berkapasitas 7-penumpang yang sangat mengedepankan faktor keamanan, keselamatan, kenyamanan, ketangguhan dan handal beradaptasi di berbagai kondisi jalan di Indonesia, semua hal ini bisa ditemukan pada Hyundai Santa Fe CRDi model year 2016.

Belum percaya? Gampang, solusinya mudah. Cobalah datangi dealer Hyundai terdekat di kota Anda, dan mintalah kesempatan test drive pada tim sales-nya. Jika sudah, ternyata Anda tidak suka, silakan berbagi pendapat lain di bawah artikel ini. Tapi juga suka, senang telah bisa membantu Anda menemukan pilihan yang masih menjadi mimpi saya tahun ini.

Salam…

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Otomotif Roda Empat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s