PEMBELI MOBIL HYUNDAI DI INDONESIA TIDAK LAGI SAMA

Pembeli mobil Hyundai di Indonesia kini tidak lagi sama.

Pembeli mobil Hyundai di Indonesia kini tidak lagi sama.

Tanggal  17 Agustus 2016 tepat di hari kemerdekaan RI ke-71, saya sempat berbincang dengan Denny Siregar selaku Direktur Operasional Penjualan dari PT Hyundai Mobil Indonesia.

Di satu momen Denny sempat mengemukakan sejak Hyundai menetapkan tagline baru “New Thinking. New Possibilities.” (pada tahun 2011), konsumen tidak lagi sama.

“Arah baru “Modern Premium” dan juga filosofi desain baru “Fluidic Sculpture” telah mengubah klasifikasi konsumen Hyundai, termasuk di Indonesia. Jika sebelumnya konsumen membeli mobil Hyundai karena pertimbangan harga terjangkau dengan kualitas seadanya, sejak itu konsumen Hyundai tidak lagi sama. Kini konsumen membeli mobil Hyundai karena kualitas keamanan, keselamatan dan desain berkelas dunia,” kata Denny.

Ya, ucapan sang direktur dapat dibenarkan. Anda dapat mengeceknya langsung di situs Euro NCAP, sebuah lembaga independen di Eropa yang memiliki otoritas menguji level keselamatan kendaraan yang dipasarkan secara massal di Benua Biru. Di situs tersebut, Anda bisa melihat dan mengetahui jika seluruh lineup mobil Hyundai yang dipasarkan di Indonesia saat ini sudah melalui uji tes benturan. Lihat di sini.

Soal desain, setidaknya ada enam orang desainer dan satu orang rekayasa mekanikal  berkelas dunia ada di Hyundai saat ini.

Para petinggi PT Hyundai Mobil Indonesia dan Sandy Hartono (Desainer Hyundai Jerman) saat pembukaan pameran GIIAS 2016, Kamis (11/8).

Para petinggi PT Hyundai Mobil Indonesia dan Sandy Hartono (Desainer Hyundai Jerman) saat pembukaan pameran GIIAS 2016, Kamis (11/8).

Orang nomor satu di bidang desain  Hyundai, Peter Schreyer, sebelumnya desainer terkemuka di Audi (desainer  TT, A3, A4 dan A6) dan Volkswagen (VW Beetle dan Golf MKIV).

Schreyer juga merupakan salah satu dari tiga desainer otomotif di dunia (Selain Sergio Pininfarina dan Giorgetto Giugiaro)  yang pernah menerima penghargaan doktor kehormatan dari Royal College of Art di London.

Di tahun 2015, Hyundai membuat satu brand khusus di segmen premium atau mobil mewah yang diberi nama GENESIS. Sosok yang dipercaya memimpin pengembangan desain GENESIS bernama Luc Donckerwolke, sebelumnya dikenal sebagai Direktur Desain di Volkswagen Group untuk brand Bentley, Lamborghini dan Audi.

Desain supercar yang lahir dari tangan Donckerwolke di antaranya Audi R8, Lamborghini Diablo VT 6.0, Lamborghini Murciélago, Lamborghini Gallardo, Bentley Flying Spur dan Bentley EXP 10 Speed 6.

Sosok desainer Hyundai berikutnya tidak kalah mentereng namanya yaitu Thomas Bürkle (mantan desainer BMW) yang kini menjabat sebagai Head of Design di Hyundai Europe Design Center di Russelsheim – Jerman.

Lalu ada figur Manfred Fitzgerald (mantan direktur brand dan desain Lamborghini) yang sejak akhir tahun 2015 dipercaya Senior Vice President di Hyundai yang bertanggungjawab untuk pengembangan strategi, marketing dan aktivitas penting lain untuk brand GENESIS.

Nama berikutnya yaitu SangYup Lee, desainer otomotif berdarah Korea Selatan paling sukses di dunia merupakan rekrutan terakhir Hyundai. Per Mei 2016, Lee yang sebelumnya menjabat Chief Designer of Exterior di Volkswagen dan Audi, serta sebagai Head of Exterior and Advanced Design di Bentley,  dipercaya sebagai Vice President of Styling di Hyundai Design Center.

Lee merupakan desainer Camaro Concept yang tampil sebagai ikonik Bumblebee di film Transformers.

Sandy Hartono, Desainer Interior Hyundai dan GENESIS, saat berkesempatan hadir di Indonesia.

Sandy Hartono, Desainer Interior Hyundai dan GENESIS, saat berkesempatan hadir di Indonesia.

Nama lain adalah Sandy Hartono, pria berdarah Surabaya berkebangsaan dan kelahiran Jerman, sejak Mei 2015 dipercaya sebagai Interior Design (Section Manager) untuk brand GENESIS. Sebelum bergabung di Hyundai, Sandy pernah menjabat sebagai Interior Designer di DaimlerChrysles AG dan Designer di Honda R&D Eropa.

Nama ketujuh adalah Albert Biermann, mantan chief engineer di BMW yang dipercaya mengembangkan mobil-mobil “buas” dari pabrikan Jerman tersebut di antaranya M3, M4 dan M6.

Mulai Desember 2014, pria berkebangsaan Jerman berusia 59 tahun ini dipercaya memimpin Vehicle Test & High Performance Development di Hyundai R&D di Namyang, Korea Selatan. Di tangan Bierman, faktor penting dalam pengembangan handling, keamanan, reliabilitas dan reduksi NVH (noise,vibration dan harshness) untuk mobil-mobil Hyundai di masa depan ditangani.

Tidak hanya persoalan kualitas desain dan level keselamatan berkelas dunia, PT Hyundai Mobil Indonesia terus melakukan penyempurnaan secara berkala dalam hal layanan purna jual (after sales service).

“Melalui program after sales Hyundai atau lebih dikenal dengan nama Hyundai iCare, kami telah menyiapkan ragam pelayanan yang memberikan Hyundai extra peace of mind (rasa aman yang ekstra) kepada setiap pemilik atau pengguna mobil Hyundai,” kata Andi Agung, Service Marketing Division Head dari PT Hyundai Mobil Indonesia.

Berikut 11 di antaranya manfaat yang bisa dirasakan konsumen mobil Hyundai melalui layanan Hyundai iCare:

  1. Hyundai Membership: Keanggotaan untuk seluruh pemilik Hyundai dengan berbagai manfaat.
  2. Booking Service: Layanan untuk kemudahan konsumen mengatur waktu kedatangan servis.
  3. Hyundai Home Service: Layanan perawatan/perbaikan kendaraan di tempat (rumah/kantor), tarif sama dengan di bengkel.
  4. SKKH (Service Kontrak Kencana Hyundai): Program perawatan/perbaikan kendaraan biaya tetap dengan jangka waktu 1 (satu) s/d 4 (empat) tahun.
  5. 2 x 24 Hours or Free: Jaminan ketersediaan suku cadang dalam waktu 2×24 jam.
  6. Hyundai Genuine Parts Warranty: 1 tahun garansi untuk suku cadang asli HYUNDAI atau 20.000 km.
  7. National Parts Pricing: Harga suku cadang asli Hyundai yang berlaku sama secara nasional di seluruh jaringan resmi distribusi Hyundai Mobil Indonesia.
  8. Hyundai 24Hours Roadside Assistance: Layanan bantuan (asistensi) teknis 24 jam.
  9. 5 Years Warranty (Product) atau 150.000 KM: 5 (lima) tahun/150.000 KM garansi produk (eksklusif untuk Hyundai H-1)
  10. 3 Years Warranty Product or Unlimited KM: 3 (tiga) tahun/tanpa batasan KM untuk garansi produk (model year 2016).
  11. 3 Years Buy Back Guarantee or 65.000 KM: 3 (tiga) tahun atau 65.000 KM jaminan beli kembali.

Kembali ke soal pembicaraan dengan Denny Siregar. “Yang masih dibutuhkan adalah waktu, khususnya untuk melakukan kampanye promosi produk. Lihat saja Samsung. Dulu kalau masyarakat beli handphone Samsung seharga dua juta rupiah dianggap bodoh dan pemborosan, tapi coba lihat sekarang, kalau orang beli handphone Samsung seharga enam hingga tujuh rupiah dianggap orang pintar. Di lain bidang, siapa juga sekarang yang tidak kenal dengan perkembangan musik Korea K-Pop yang telah mendunia,” kata Denny panjang.

Pria berpostur tinggi putih ini juga menuturkan harapannya. “Pihak prinsipal juga semakin fokus memperhatikan perkembangan pasar di ASEAN, khususnya di Indonesia dan Vietnam yang memiliki prospek pasar yang sangat baik ke depannya. Harapannya, jika prinsipal bisa ikut masuk berinvestasi di Indonesia, salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah soal kampanye komunikasi produk-produk mobil Hyundai yang sudah sedemikian maju dan kompetitif,” imbuh pria yang pernah bekerja di APM brand Jerman di Indonesia ini.

Ya, ucapan Denny hampir sejalan dengan ungkapan Sandy Hartono yang berkesempatan hadir pada saat pembukaan pameran otomotif GIIAS 2016 di ICE – BSD City, Banten.

Saat itu, saya sempat berbincang-bincang dengan Sandy yang kurang fasih berbahasa Indonesia. “Di Eropa atau di Jerman khususnya, pengembangan mobil Hyundai memang diarahkan untuk berkompetisi dengan mobil-mobil yang diproduksi Volkswagen Group,” kata Sandy.

Sejak Januari 2012, Hyundai memang telah efektif menjadi anggota European Automobile Manufacturers Association (ACEA) atau yang kedua dari brand asal Asia, Toyota. ACEA merupakan asosiasi industri manufaktur mobil di wilayah Eropa.

Hyundai juga telah mendirikan fasilititas pengujian reliabilitas kendaraan yang memiliki akses khusus ke sirkuit Nürburgring – Jerman, salah satu sirkuit balap tersulit dan tertua di dunia.

 

Wah, jika demikian adanya, mobil-mobil Hyundai memang kini menyasar segmen yang lebih tinggi, seperti tagline-nya “New Thinking. New Possibilities.”

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Otomotif Roda Empat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s