BERWISATA AIR PANAS DI GUNUNG GALUNGGUNG

Biaya masuknya murah meriah, tapi manfaatnya badan dan pikiran jadi lebih segar setelah berendam.

Biaya masuknya murah meriah, tapi manfaatnya badan dan pikiran jadi lebih segar setelah berendam.

Jika Anda berkesempatan berlibur di kota Tasikmalaya, Jawa Barat, tidak ada salahnya mampir ke kawasan wisata air panas Galunggung.

Biayanya pun murah, mobil dikenai tarif Rp 4.000, orang dewasa Rp 6.500 per orang, sementara anak-anak tidak dipungut biaya alias gratis.

Saya beserta istri, anak-anak kami, adik ipar dan anaknya berkesempatan ke lokasi wisata ini pada Jumat sore 9 Agustus 2016. Akses menuju lokasi pun terhitung mudah, kurang dari satu jam dari pusat kota Tasikmalaya. Anda pun cukup mengaktifkan Google Map di smartphone seperti yang saya lakukan, atau bisa menggunakan aplikasi lainnya Waze.

Akses jalan menuju lokasi pun terhitung mulus, aspalnya bagus meski ada beberapa titik yang ruas jalannya cukup sempit, namun bisa mengakomodir dua mobil untuk berpapasan. Meski demikian, ada baiknya Anda hati-hati mengemudikan mobil  menuju lokasi wisata.

Selain akses jalannya yang sempit dan banyak tikungan, yang agak membahayakan ketika berpapasan dengan mobil pickup atau truk berukuran sedang. Mungkin karena mereka merupakan penduduk sekitar yang sudah hapal jalanan dan titik tikungan, mereka acap kali berkendara dengan kecepatan cukup tinggi dan tidak menurunkan kecepatan pada saat berpapasan dengan kendaraan lain seperti kami.

WISATA MURAH MERIAH ENAK

Kawasan wisata Galunggung buat saya dan istri seperti napak tilas awal hubungan kami sembilan tahun silam.

Saat itu, akses jalannya masih rusak parah. Dan seperti saat itu, hujan deras menyambut kami saat tiba dan berada di sana.

Di dalam kawasan wisata air panas pun sudah lebih baik dibanding dulu. Ada beberapa toko kecil yang menjual suvenir seperti baju dan lain-lain. Ada dua kolam air panas di dalam, untuk anak-anak dengan kedalaman 70 cm, dan untuk orang dewasa dengan kedalaman 125 cm.

Sayang kesadaran banyak pengujung dan pihak pengelola dalam mengelola buangan sampah belum baik. Masih banyak bekas mie gelas atau tulang ayam berserakan di pinggiran kolam. Sebaiknya ke depan, pihak pengelola dan pengunjung bisa punya kesadaran lebih tinggi untuk menyediakan tempat sampah dan membuangnya sesuai tempatnya.

Terlepas dari masalah sampah yang belum dikelola dengan baik, kami merasakan manfaat lebih dari liburan murah meriah ini, yaitu manfaat setelah berendam adalah menghilangkan rasa pegal-pegal di badan, dan rasa segar termasuk di pikiran.

Setelah  berendam dan main air panas sekitar dua jam, atau sekitar jam 8 malam, kami pun membersihkan badan di kamar mandi yang air belerangnyanya lebih panas.  Setelah itu, kami pun bersiap kembali  ke pusat kota. Istri saya sempat membelikan sebuah baju kaos yang harganya lumayan murah, hanya Rp 35 ribu dan bahannya cukup nyaman dipakai.

Demikianlah cerita pengalaman wisata kami yang murah meriah di kawasan wisata air panas di Gunung Galunggung, Tasikmalaya.

Semoga bermanfaat…

Ciamis, 10 September 2016

 

 

 

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Travelling. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s