ASTRA TOYOTA CALYA: KARTU AS PENENTU KEMENANGAN

Foto by: Derry

Foto by: Derry

Sebelum Toyota Calya keluar, jujur saya sempat memprediksi jika sang raksasa mulai keteteran menjaga singgasananya.

Saya sempat berpikir jika Honda bisa mengejar, setidaknya merapat makin dekat. Pemikiran saya pun sempat diamini oleh orang nomor satu Honda di Indonesia, Tomoki Uchida, di sela-sela acara buka puasa pada medio Juni 2016.

Uchida- San berpendapat tidak menutup kemungkinan angka penjualan mobil baru Honda bisa mengalahkan angka penjualan Toyota ke depan seperti halnya yang sudah terjadi India dan Malaysia saat ini.

Sebuah pandangan yang ada benarnya…

Bayangkan saja Honda kini main di semua lineup ladang pundi-pundi Toyota selama dekade terakhir, khususnya di segmen harga di bawah Rp 300 juta.

Di segmen LCGC, Astra Toyota Agya dihadang Honda Brio Satya. Segmen city car, Toyota Etios Valco dihadang Honda Brio. Di segmen terfavorit low MPV 7-seater, dominasi Toyota Avanza digoyang keras oleh Honda Mobilio.

Segmen light SUV, kekuatan Toyota Rush ditantang Honda BR-V. Honda malah punya satu kunci baru, Honda HR-V di segmen compact crossover SUV. Sementara Toyota belum kunjung memasukkan C-HR di segmen tersebut di Indonesia.

Okelah, kemudian ada Toyota Sienta di segmen yang justru ditinggalkan Honda Freed. Hanya saja, kehadiran Sienta masih perlu diuji daya terimanya di masyarakat, mengingat segmen low MPV 7-seater boxy design (alias model kotak) cenderung kurang diminati selama ini. Lihat saja Honda Freed, Nissan Evalia, Daihatsu Luxio, Renault Kangoo atau Peugeot Partner yang dapat diasumsikan gagal menjadi tulang punggung penjualan masing-masing APMnya.

Honda pun menjulang di posisi kedua sebagai produsen mobil dengan penjualan terbesar di Indonesia, membuntuti Toyota.

Saya pun sempat semakin yakin, sampai beberapa kenalan bilang, “Gak bisalah, sampai kapan Honda kuat menekan Toyota di Indonesia? Toyota masih terlalu kuat di Indonesia.”

Pandangan para kenalan itu pun ada benarnya, ketika Astra Toyota Calya resmi dipasarkan di pameran GIIAS 2016 bulan Agustus lalu.

Bermain di segmen KB2H (Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau), Toyota Calya menjadi kartu AS untuk kembali memenangkan pertempuran pasar mobil baru di Indonesia.

Dengan harga maksimal Rp 150 juta on the road Jakarta (tipe G AT) dan kepemilikan pertama (harga sewaktu-waktu dapat berubah), konsumen Toyota Calya sudah bisa mendapatkan mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang dengan mesin baru 1,2-liter Dual-VVTi yang bertenaga namun efisien dalam konsumsi BBM.

Buat konsumen yang baru mau migrasi dari segmen kendaraan roda dua (sepeda motor) ataupun mobil bekas, spesifikasi Toyota Calya di atas rasanya sudah cukup menjadi magnet pemikat di Indonesia.

Berdasarkan penelusuran kata kunci “simulasi kredit Toyota Calya Jakarta” di mbah Google, didapatkan informasi uang muka sekitar Rp 28 juta dan nilai angsuran Rp 2,7 juta per bulan.

Dengan konstruksi desain baru yang mengingatkan pada Toyota Avanza di bagian depan dan Toyota Kijang Innova di bagian belakang, pembeli Toyota Calya jelas tidak sekadar mendapatkan mobil keluarga dengan harga “murah”.

Sederhananya, Astra Toyota Calya tentu sangat mengubah minat beli konsumen mobil keluarga di Indonesia. Sebuah kartu As kemenangan yang tentu sangat menekan para rival untuk mencari solusi untuk kembali melawan dominasi, namun tentu sangat tidak mudah.

Bagaimana menurut Anda?

Ciamis, 12 September 2016

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Otomotif Roda Empat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s