ALL NEW YAMAHA R15: SALAH SATU PR BERAT HONDA DI TAHUN 2017  

Maverick Vinales #25 di atas Yamaha All-New R15 di sirkuit Sentul International, 23 Januari 2017.
Maverick Vinales #25 di atas Yamaha All-New R15 di sirkuit Sentul International, 23 Januari 2017.

IMHO (In my humble opion), selama beberapa tahun terakhir ada strategi unik dari Honda untuk memenangkan pertempuran pasar khususnya di segmen bebek sport dan motorsport 150cc, yang demikian terinspirasi dari para rival di kelasnya masing-masing.

Lihat saja Honda Sonic yang mirip Suzuki Satria FU150, Honda Supra GTR-150 yang terinspirasi dari Yamaha MX-King 150, Honda CB150R yang semakin mendekati rupa Yamaha V-ixion, atau Honda CBR150R yang menyerupai Yamaha R15 (generasi pertama). Tidak plek sama, tapi mudah saja melihat kemiripannya meski sekilas pandang.

Meski secara bisnis ini mungkin sah-sah saja, tapi rasanya kurang etis.  Kenapa? Selain terkesan kurang kreatif dan sekadar mempertarungkan nama merek, faktor kesamaan desain juga kurang baik buat konsumen. Mengapa? Desain yang ditawarkan pada segmen-segmen tersebut yah hanya itu-itu saja, tidak ada perbedaan signifikan dalam hal desain.

Bukan rahasia lagi, jika Honda sangat berambisi menjadi raja di semua segmen, khususnya segmen motorsport yang dikuasai Yamaha dan segmen bebek sport yang dikuasai Suzuki. Tidak tanggung-tanggung untuk masing-masing segmen tersebut, utusan model yang dikirim lebih dari satu.

Fenomena ini tentu terbaca dan direspon oleh Yamaha. Di tengah volume penjualan motor yang terus menurun dalam tiga tahun terakhir di Indonesia, dan pangsa pasarnya yang makin tergerus, PT Yamaha Indonesia Motor Indonesia melakukan perlawanan.

Bentuk perlawanan terberat dari Yamaha pada tahun 2017 ini telah dimulai dengan peluncuran All-New R15 di sirkuit Sentul International, Senin 23 Januari 2017.

IMHO, kehadiran Yamaha All-New  R15 menjadi salah satu PR terberat Honda di tahun 2017. Dalam hal apa saja? Mulai dari desain, pengembangan kemampuan mesin, sistem transmisi, pengembangan rangka dan lengan ayun, hingga fitur-fitur pendukung.

Yuk, kulik satu – satu…

Yamaha All-New R15 tampil lebih racy dan dijuluki "Baby R6".
Yamaha All-New R15 tampil lebih racy dan dijuluki “Baby R6”.

DESAIN

Yamaha All New R15 hadir dengan desain yang berjuluk “Baby R6” karena kemiripannya, hanya saja tentu dalam dimensi yang sedikit lebih kecil. Selain lebih seksi, desain baru ini lebih aerodinamis alias memiliki hambatan angin lebih rendah saat digeber.

PERFORMA MESIN

Kapasitas mesin ditingkatkan jadi 155cc (dari sebelumnya 150cc), serta kini telah dilengkapi dengan teknologi  Variable Valve Actuation (VVA) . Hasilnya tenaga diklaim naik 20%, dimana tenaga puncaknya mencapai 14,2 hp / 10.000 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm / 8.500 rpm.

Maverick Vinales #25 bersiap menguji Yamaha All-New R15 di sirkuit Sentul. Apa kira-kira komentarnya yah?
Maverick Vinales #25 bersiap menguji Yamaha All-New R15 di sirkuit Sentul. Apa kira-kira komentarnya yah?

Teknologi VVA juga diklaim selain membuat performa mesin meningkat, juga membuat konsumsi BBM lebih irit. Teknologi mesin SOHC masih dipertahankan, dengan pertimbangan lebih handal untuk kebutuhan perkotaan atau akselerasi awal ketimbang mesin DOHC kompetitior.

Meski SOHC, namun sebuah media bidang otomotif terkemuka menyebut putaran mesin All New R15 mampu tembus hingga 11.000 rpm, wow.

Suspensi baru model up side down.
Suspensi baru model up side down.

SISTEM TRANSMISI

Sistem transmisi baru dengan fitur Assist & Slipper Clutch yang diklaim biasanya hanya diaplikasikan pada motorsport berkapasitas mesin besar, atau dengan kata lain baru pertama kali diaplikasikan ke motorsport 150cc.

Fitur Assist diklaim membuat pengoperasian kopling sangat ringan, sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling.

Sementara fitur Slipper Clutch membuat proses perpindahan gigi lebih halus dan membuat akselerasi jadi lebih cepat.

Panel instrumen full digital LCD dengan shifting lighting indicator.
Panel instrumen full digital LCD dengan shifting lighting indicator.

KAKI-KAKI

Lengan ayun belakang (rear-arm) aluminium dengan desain baru. Selain lebih ringan, perubahan ini membuat jarak antar sumbu roda (wheelbase) jadi lebih pendek sehingga lebih stabil saat diajak melaju, termasuk ketika masuk ke tikungan.

Perubahan ini juga membantu distribusi bobot jadi seimbang 50:50. Manfaatnya tentu pada stabilitas laju, baik di jalur lurus, meliuk hingga masuk keluar tikungan.

Di bagian depan sudah menggunakan suspensi model Up Side Down. Sementara ukuran ban standar terbesar di kelasnya yaitu 100/80-17 depan dan 140/70-17 belakang.

Cover tangki lebih keren, di dalamnya ada tangki berkapasitas 11 liter.
Cover tangki lebih keren, di dalamnya ada tangki berkapasitas 11 liter.

FITUR

Pertama di kelasnya, Yamaha All New R-15 telah dilengkapi panel instrumen full digital LCD dengan shifting lighting indicator.

Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk memandu untuk melakukan pergantian gigi transmisi secara lebih tepat dan efisien, khususnya saat dipacau di sirkuit.

Atas permintaan komunitas, Yamaha All-New R15 juga telah dilengkapi lampu hazard. Selain itu lampu depan dan belakang juga sudah model LED.

Buat saya pribadi, saya juga menyenangi desain bagian kolong bodi belakang yang rapat dan rapih, sehingga lebih mudah saat dicuci dan dibersihkan.

Para petinggi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dengan Maverick Vinales #25 saat peluncuran.
Para petinggi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dengan Maverick Vinales #25 saat peluncuran.

PILIHAN WARNA

Tersedia dalam tiga pilihan warna Racing Blue, Matte Red dan Matte Black.

HARGA

Belum diumumkan, tapi dipastikan meluncur di semester pertama 2017. Kira-kira berapa tebakan kalian, guys

PENDAPAT PT YAMAHA INDONESIA MOTOR MANUFACTURING

“Pengembangan Yamaha All-New R15 ditujukan buat konsumen baik untuk kebutuhan harian maupun balap di sirkuit,” kata M Abidin, General Manager After Sales Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

PENDAPAT MAVERICK VINALES #25

Pembalap MotoGP yang baru saja bergabung di Yamaha pada tahun 2017 ini turut hadir saat peluncuran All-New R15 di sirkuit Sentul, (23/1).

Menurutnya, “Posisi riding-nya sudah seperti motorsport dan akselerasinya bagus.”

Untuk postur 170 cm (seperti saya) hingga 175 cm, Yamaha All-New R15 sangat body fit beud, guys.
Untuk postur 170 cm (seperti saya) hingga 175 cm, Yamaha All-New R15 sangat body fit beud, guys.

PENDAPAT SAYA

Yamaha All-New R15 adalah pilihan yang value for money untuk dimiliki, khususnya jika nanti harganya ada di bawah Rp 35 juta.

Mengapa? Dengan posisi harga seperti itu, konsumen sudah bisa mendapat motorsport entry level dengan performa handal, desain lebih racy dan agresif, kenyamanan terdepan, sensasi mengendarai yang lebih terasa nyaman, serta deretan fitur yang lebih bermanfaat.

Secara bisnis, kehadiran All New R15 akan menjadi PR baru buat Honda lewati baik secara desain, teknologi, fitur dan posisi harga nantinya.

Yah, itu pendapat saya, bagaimana dengan pendapat Anda?

Oh iya, jangan lupa kunjungi videonya di akun YouTube saya di Derry Journey.

One Reply to “ALL NEW YAMAHA R15: SALAH SATU PR BERAT HONDA DI TAHUN 2017  ”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s