SELF MOTIVATION & UPAYA KEMANDIRIAN

sumber foto: careeraddict.com

sumber foto: careeraddict.com

Sudah lama saya ingin menulis tentang hal ini sejak kuliah bahkan, tapi sebelum masuk ke pembahasan saya ingin kutipkan dari beberapa sumber:

– “Self-motivation is, in its simple form, the force that drives you to do things. 

What is Motivation? Motivation is what pushes us to achieve our goals, feel more fulfilled and improve overall quality of life.” (sumber: skillsyouneed.com)

“Ability to do what needs to be done, without influence from other people or situations. People with self motivation can find a reason and strength to complete a task, even when challenging, without giving up or needing another to encourage them.” (sumber: businessdictionary.com)

Saat saya kuliah kalau gak salah hal ini diajarkan dalam bidang pelajaran Komunikasi Intrapersonal (komunikasi dengan diri sendiri).

Lantas apa sih menariknya hal ini (komunikasi dengan diri sendiri), saya ingin memulainya dari 4 (empat) film yang semuanya dibintangi Tom Hanks. Judulnya Philadelphia (1993), Forrest Gump (1994), Cast Away (2000) dan The Terminal (2004).

4 FILM TOM HANKS YANG MENGINSPIRASI

1376781270-thetermina-oPhiladelphia; Tom Hanks berperan sebagai pengacara muda gay yang sukses bernama Andrew Beckett, namun terjangkit penyakit AIDS dan diberhentikan dari pekerjaannya karena penyakitnya itu. Di tengah penyakitnya yang semakin parah, Beckett berusaha hingga akhir hayatnya melawan diskriminasi yang dibebankan kepadanya.

Tom Hanks berhasil meraih Piala Oscar sebagai Aktor Terbaik karena film ini pada tahun 1994.

Forrest Gump; Tom Hanks berperan sebagai Forrest Gump seorang pengidap down syndrome dengan IQ hanya 75. Meski demikian, Gump tidak pernah kehilangan pandangan positif dan semangat juangnya yang berhasil mengantarkannya pada kesuksesan luar biasa melebihi manusia normal. Salah satu petikan dialognya yang populer “Life is like a box of chocolate, you never know what you’re gonna get.

Lewat film Forrest Gump kembali berhasil meraih predikat Aktor Terbaik pada Piala Oscar tahun 1995.

Cast Away; Tom Hanks berperan sebagai berperan sebagai Chuck Noland, seorang korban kecelakaan pesawat yang terdampar di sebuah pulau selama sekitar empat tahun. Dalam kesendiriannya, Chuck belajar bagaimana melatih emosi dan rasa stress hidup seorang diri di sebuah pulau dalam waktu yang lama. Saat ia berhasil kembali ke peradaban, Chuck mendapati kekasihnya Kelly (Helen Hunt) ternyata sudah menikah dengan pria lain.

Saya suka dengan open ending film ini, ketika Chuck berdiri di perempatan perjalanan untuk menentukan langkah hidup selanjutnya. Meski gagal menang, di film ini Tom Hanks berhasil menjadi nominasi Aktor Terbaik pada Piala Oscar tahun 2001.

The Terminal; Tom Hanks berperan sebagai Viktor Navorski, seorang imigran dari Eropa Timur ke New York. Setibanya di New York, negaranya ternyata tengah berkecambuk masalah, sehingga pasport-nya tidak diakui. Navorski pun terjebak tidak bisa keluar dari bandara, tidak bisa keluar dari Kennedy Airport ataupun kembali ke negaranya. Selama sebulan, dia terjebak di ruangan transit internasional termasuk menghadapi situasi yang mengintimadasi serta kesenjangan budaya.

SELF MOTIVATION & UPAYA KEMANDIRIAN

Di era yang kerap diasosiasikan sebagai 3.0 (dunia pertarungan yang datar), tantangan dan peluang pun semakin melebar. Menurutku siapapun bisa jadi pemenang, meski yang sulit adalah mempertahankan kemenangan untuk waktu yang lama.

Di dunia yang horizontal, perasaan merasa paling hebat harus direm kalau sebagai titik puncak, kecuali sebagai motivasi diri. Maksudnya? Ya, kita harus mampu terus memotivasi diri dan terus belajar, sesuai bakat dan minat meski harus berjalan sendiri. Saat terjatuh kembalilah bangun, harus ada api dalam diri untuk terus menyalakan harapan.

Di sekeliling tumbuh semakin banyak perspektif, tidak jarang saling berbenturan saking padatnya ruas-ruas kerja yang bersinggungan. Yang begini memang harus pintar-pintar membawa diri, saat bersinggungan dan harus terjatuh sekalipun kembalilah bangun. Teruslah berjalan, karena penyemangat sekaligus modal terbesar dalam perjalanan dan pertarungan hidup dari Tuhan yaitu diri sendiri. Suluhlah terus jalanmu, meski tidak kelihatan segemerlap jalan orang lain jangan surut. Jalan pada tiap kita adalah karunia terbesar, syukurilah dan teruslah berjalan hingga di penghujung waktu tiba.

SEPENGGAL RAJUTAN KATA TENTANG PERJUANGAN HIDUP

batosaiHidup yang tidak populer dan nama yang tidak tersematkan di tanda jalan kota, bahkan di gang jalan setapak sekalipun. Ataupun di atas tanah yang mudah kabur diusir air hujan.

Ada yang berjalan di keheningan di antara keramaian tanpa sapa. Berjalan sendiri tapi tetap optimis dan tersenyum, dia tahu ada keluarga kecil yang menunggunya di rumah dengan senyum serta pelukan hangat.

Ada orang yang tidak butuh tepuk tangan di keramaian, hanya cukup membuat isi rumahnya tetap hangat.

Ya, seorang petarung tidak perlu jadi tontotan, cukuplah itu buat para pesohor kota. Petarung senyap dalam corat coret ide dan hasil kerja yang terus mengibas di bawah sebuah lampu kecil sebagai penerang.

Petarung punya satu teman sejati untuk berkomunikasi dan memotivasi, dirinya sendiri. Dia percaya Tuhan senantiasa berjalan bersama seorang petarung dengan niat baik, tidak sempurna tapi itu bukan soal utamanya. Ini tentang perjalanan hidup, terus berjalan atau berhenti kalah…

Itu saja…

#SelfMotivation #JanganKasihKendor

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Umum. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s