HONDA & BMW MAKIN SUKA PRODUKSI MOGE BERGAYA KLASIK

sumber foto: new atlas

Ungkapan sebagian orang yang mengatakan trend itu adalah sesuatu yang berputar ternyata ada benarnya. Simak saja kebijakan Honda yang memperkenalkan CB1100 di November 2016 yang sangat kental desain retro alias klasik.

Honda CB1100 yang diperkenalkan sebagai lineup model year 2017 hadir dalam tiga pilihan yaitu standar, RS dan EX. Moge berdesain klasik ini dilengkapi mesin 4-silinder berpendingin udara 1.140cc, dengan tenaga optimal 89 hp / 7.500 rpm dan torsi 91 Nm / 5.500 rpm.

BMW juga memperkenalkan dua moge berdesain retro di Oktober 2016.

Khusus tipe RS dan EX telah dilengkapi garpu depan Showa Dual Bending Valve, lampu depan dan belakang LED, serta slipper clutch. Velg alumunium 17-inci juga nampak pas dengan desain rangka. Dengan desain seperti ini, Honda CB1100 jelas menebarkan ancaman keras pada Triumph Bonneville.

Di situs resmi Astra Honda Motor, Honda belum menampilkan informasi mengenai Honda CB1100.

Sama halnya dengan Triumph Bonneville, baik moge retro buatan Honda maupun BMW juga cocok buat rider perempuan.

Selain Honda, pabrikan otomotif asal Jerman yaitu BMW juga nampak antusias bermain di pasar moge berdesain klasik. Sebelum perkenalan Honda CB1100, BMW menampilkan S 1000 bermesin 4-silinder dan K 1600 GT bermesin 6-silinder.

Keduanya dibekali mesin bersistem boxer 1.170cc berpendingin udara yang dipasang di rangka baja modular. Sasis terdiri dari main frame dan dua buah sub-frame.

Kembali ke soal mesin, performa mesin boxer-nya mampu menghasilkan tenaga 110 hp / 7.750 rpm dan torsi 116 Nm / 6.000 rpm.

Meski memiliki desain final yang berbeda, kedua motor retro dari BMW ini dibekali amunisi dasar lain yang sama selain mesin yaitu gearbox 6-percepatan, sistem supensi dan rem ABS (standar), tangki berkapasitas 170-inci dan velg tempa (cast wheel) 17-inci.

Di situs resmi BMW Motorrad Indonesia, informasi kedua moge klasik juga belum diterakan. Hanya di luar negeri harganya di kisaran US$13.600 – US$14.700, silakan kurs sendiri dengan kisaran Rp 13.300 / USD.

Kira – kira bisa masuk Indonesia gak yah, dan berapa harganya?

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in OTOMOTIF RODA DUA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s