MODIFIKASI MONSTER MERCEDES BENZ G500 4X4 SQUARED VERSI BRABUS

Entah sejak kapan persisnya saya suka dengan G-Class, yang pasti sejak lama. Buat saya, jip kotak legendaris asal Jerman ini adalah simbol petualangan sejati. Walaupun saya membayangkan pula handling dan kenyamanan berkendaranya belumlah senyaman mobil – mobil jip keluaran terbaru.

Sampai…

Brabus membuat G-Class ini jadi lebih modern dan berkelas di segala situasi kebutuhan.

Di ajang Geveva Motor Show 2017 (9 – 19 Maret), Mercedes-Benz menampilkan Mercedes Benz G500 4×42 dan berhasil menjadi salah satu model kendaraan yang paling banyak menyita perhatian. Tapi tidak bagi Brabus, tuner spesialis high performance yang bermarkas di Jerman. Buatnya ini “sekadar” bahan untuk dikutak – katik…

EKSTERIOR

Power-retractable steps yang membantu penumpang dan pengemudi masuk dan kelar kabin.

Tampilan off-road serius pada Mercedes Benz G500 4×42 mengalami perubahan signifikan di tangan para tuner Brabus. Tambahan aksesori seperti winch depan, bumper depan berprofil garang lengkap dengan pelindung grille dan headlight. Proteksi serupa juga dipasang untuk melindungi lampu belakang. Lalu ada roof rack dengan lampu sorot LED. Masih ada beberapa penambahan aksesori lagi, yang intinya Brabus membuat jip garang ini jauh lebih berotot dan bertenaga.

Brabus memadukan padanan bahan kulit, jahitan benang merah dan alumunium.

Selain penambahan aksesori, sentuhan modifikasi pun turut dilakukan para tuner di Brabus, di antaranya pada carbon hood scoop, carbon side-view mirror covers, pivoting spare tire carrier, dan desain bumper depan serta belakang yang baru.

Juga terdapat power-retractable steps yang membantu penumpang dan pengemudi masuk dan kelar kabin.

INTERIOR

Ada empat pengaturan kinerja kaki – kaki dengan hanya pencet tombol layar sentuh.

Di bagian dalam, Brabus memadukan padanan bahan kulit, jahitan benang merah dan alumunium membuat aura jip are milenia langsung terasa baik di kabin depan maupun pada kursi di baris kedua.

Plus soal kenyamanan handling, Brabus menyediakan kontrol panel layar sentuh agar pengemudi dapat mengatur kinerja suspensi, winch dan lampu pencahayaan. Melalui fitur tersebut, pengemudi dapat mengatur empat format setelan damper.

Selain itu, Brabus juga menyediakan cupholder yang dilengkapi fitur pendingin/pemanas, plus panel kontrol untuk mengatur kursi, pencahayaan dan beberapa fitur lain. Wuih, nyamannya yah…

KAKI – KAKI

Brabus memilih untuk memasangan suspensi custom dengan height-adjustable alumunium struts.

Sejatinya kinerja kaki-kaki versi standarnya saja sudah tangguh dan nyaman di segala medan, tapi Brabus memilih untuk memasangan suspensi custom dengan height-adjustable alumunium struts.

Manfaat di antaranya pengemudi dapat mengatur ketinggian di poros roda depan maupun belakang sesuai kebutuhan yaitu off-road, sport, comfort dan individual.

MESIN

Tenaga puncak mesin standar dinaikkan dari 416 hp menjadi 542 hp, sementara torsinya di-upgrade dari 610 Nm menjadi 800 Nm.

Performa mesin 4,0-liter V8 biturbo pun turut dioptimalkan melalui aplikasi. Tenaga puncak mesin standar dinaikkan dari 416 hp menjadi 542 hp, sementara torsinya di-upgrade dari 610 Nm menjadi 800 Nm. Alhasil meski bodi dan bobotnya segede “gaban”, jip ber-KTP Jerman ini mampu berakselerasi dari titik diam ke 100 km/jam hanya dalam 6,7 detik. Ini juga terlepas dari aplikasi stainless sport exhaust system dari Brabus, melalui empat side-mounted exhaus tips di belakang serta sepasang black-chromed tips di sisi kiri mobil.

Brabus juga menyediakan cupholder yang dilengkapi fitur pendingin/pemanas, plus panel kontrol untuk mengatur kursi, pencahayaan dan beberapa fitur lain.

HARGA 

Mau tahu estimasi harganya setelah jip modern ini mengalami modifikasi ekstrim a la Brabus? “Cukup” membayar sekitar US$243.000 atau sekitar Rp 3,2 miliar. Itu harga di Jerman lho, kalau sampai ke Indonesia bisa berkali lipat karena beban bea pajak masuk dan pajak lain – lain.

Tebakan saya, kalau sampai di Indonesia antara Rp 6,5 miliar atau bisa nyaris menyentuh angka Rp 8 miliar. Kalau tebakan Anda bagaimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s