PILIH MANA KAWASAKI VERSYS-X 250 ATAU HONDA CRF 250 RALLY

Tahun 2017 ini, pasar motor Indonesia kedatangan dua model terbaru di segmen sport touring 250cc.

Naik motor melintasi rute antar provinsi ratusan hingga ribuan kilometer dari pintu rumah itu seperti oase dari kejenuhan, salah satu kiat jitu untuk mengisi baterei di dalam diri untuk tetap menyuluh. Setidaknya itu menurut saya…

Nah, di tahun 2017 ini jika Anda punya pandangan yang sama ada dua model kendaraan terbaru yang patut dipertimbangkan yaitu Kawasaki Versys-X 250 dan Honda CRF250 Rally. Ada satu alasan mengapa kelas 250cc paling realistis buat penggemar motorsport di Indonesia, yaitu dengan kondisi jalan dan lalu lintas yang sulit ditebak menurut saya kapasitas mesin tersebut paling “bersahabat” tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Sementara untuk mesin 400cc ke atas, menurut saya agak membahayakan khususnya dengan pertimbangan kesadaran perilaku berkendara yang masih banyak belum tertib di jalan. Tapi sudahlah itu pendapat saya pribadi, yuk, ikuti saja ulasan mengenai profil kedua motor sport touring ini. 

Perbandingan Harga

Honda memasarkan CRF250 Rally untuk wilayah Jakarta dan Tangerang seharga on the road Rp 63,025 juta (harga sewaktu – waktu dapat berubah).

Sementara Kawasaki Indonesia menawarkan Versys-X 250 dalam dua tipe yaitu City (tipe standar) seharga Rp 62,3 juta dan Tourer Rp 73,1 juta (versi custom aksesori), on the road Jabodetabekser (harga sewaktu – waktu dapat berubah).

Spesifikasi Honda CRF250 Rally

Honda CRF250 Rally memang cuma hadir satu tipe, tapi Anda bisa memilih aksesori orisinil sebagai pembeda.

Meski hanya dipasarkan dengan satu versi standar, Astra Honda Motor rupanya punya strategi berbeda dibanding Kawasaki karena menyediakan item aksesori untuk CRF250 Rally. Anda bisa melihatnya di sini.

Dibekali mesin silinder tunggal DOHC 249,6cc (rasio kompresi 10,7:1), transmisi 6-percepatan dan sistem bahan bakar PGM-FI. Mesinnya mampu meletupkan tenaga hingga 24,4 hp / 8.500 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm / 6.750 rpm.

Tangkinya mampu memuat 10,1 liter BBM, sementara oli mesinnya 1,8-liter. Pilihan warnanya hanya ada satu yaitu Extreme Red. Data teknikal lebih lengkapnya bisa Anda lihat di website Astra Honda Motor.

Spesifikasi Kawasaki Versys-X 250

Untuk varian Tourer telah dilengkapi dengan side panniers, fog lamps, engine guard, hand guard, DC outlet untuk keperluan beragam gadget pengendara, serta standar tengah.

Sport touring entry level ini dibekali mesin Parallel Twin (silinder ganda) 249cc DOHC 8-katup (rasio kompresi 11,3:1). Sistem transmisinya 6-percepatan, return.

Tangkinya mampu memuat 17-liter bahan bakar, dengan sistem pengapian digital. Baik versi standar maupun versi Tourer tersedia dalam dua pilihan warna yang berbeda.

Ban depan menggunakan ukuran 100/90R19 dengan suspensi model telescopic 41mm, sementara roda belakang 130/80R17 dengan suspensi Bottom-Link, gas charged shock.

Beda Peruntukan

Meski berdesain mirip, kedua motor sport touring sesungguhnya beda peruntukan. Kawasaki Versys-X 250 lebih mengakomodir kebutuhan biker penjelajah jalan raya, sedangkan Honda CRF 250 Rally lebih pas buat kebutuhan biker yang berjiwa petualang ketika bosan main di jalan raya bisa diajak main tanah.

Tapi buat Anda yang lebih suka tampilan motor touring bergaya supermoto, pilihannya lebih brand yang lebih disukai mau Kawasaki atau Honda…

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in OTOMOTIF RODA DUA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s