HYUNDAI SANTA FE, MOBIL PENUMPANG PERTAMA YANG BERHASIL TAKLUKKAN ANTARTIKA

Patrick Bergel, cicit dari Sir Sir Ernest Shackleton yang langsung mengendarai Hyundai Santa Fe menaklukkan Antartika, sekaligus mewujudkan mimpi sang leluhur 100 tahun yang lalu.

Hyundai berhasil menorehkan sejarah sebagai produsen mobil penumpang pertama yang berhasil menaklukkan Antartika, dengan mengandalkan Hyundai Santa Fe diesel 2.2-liter.

Perjalanan yang dimulai dari Union Camp menuju McMurdo dan kembali lagi ini dimulai pada Desember 2016 untuk memperingati aksi ekspedisi heroik Shackleton pada tahun 1914 – 16.

Hal itu pulalah yang membuat perjalanan penuh sejarah bersama Hyundai Santa Fe dikemudikan langsung oleh Patrick Bergel yang merupakan cicit dari sang penjelajah kutub es legendaris Sir Ernest Shackleton.

“Kami terpukau dengan kisah heroik Sir Ernest Shackleton melalui keberanian dan semangat kepeloporannya. Itulah mengapa setelah seratus tahun kemudian, kami termotivasi menyelesaikan mimpinya mengelilingi Antartika dengan mengajak cicitnya langsung Patrick. Kami juga ingin menunjukkan jika brand Hyundai memiliki makna lebih dari sekadar (kendaraan) transportasi,” kata Scott Noh, Head of Overseas Marketing Group, Hyundai Motor Company.

Melalui ekspedisi ekstrim ini, Hyundai ingin menunjukkan jika brand-nya lebih dari sekadar kendaraan transportasi.

Perjalanan bersama Hyundai Santa Fe di Antartika memakan waktu 30 hari, dengan beberapa penyesuaian modifikasi untuk menyesuaikan dengan kondisi medan. Di antaranya aplikasi ban berukuran besar dengan tekanan rendah agar dapat menyesuikan dengan kondisi jalan es sejauh nyaris 5.800 km.

Pasalnya tantangan yang harus dilalui bukan hanya kondisi cuaca minus 28 derajat Celcius, tapi juga harus mendapatkan setelan yang pas di atas jalan es yang belum pernah dilintasi ban mobil sebelumnya.

“Perjalanan ini sungguh luar biasa dan mobil sangat menyenangkan untuk dikendarai. Terkadang saya merasa tidak seperti berkendara lebih seperti berlayar di atas salju. Ini sungguh sebuah ekspedisi yang menantang untuk ditaklukkan, karena belum pernah ada yang pernah melakukan sebelumnya. Mengingat ini adalah perjalanan ketahanan dan bukan kecepatan, kami hanya berkendara rata – rata di 27 km/jam. Inilah salah satu tantangan kesuksesan yang harus kami dan mobil lalui,” kata Patrick Bergel.

Selebrasi keberhasilan menaklukkan tantangan yang belum pernah dilakukan di dunia sebelumnya.

Salah satu pakar yang paling berpengalaman berkendara di Antartika, Gisli Jónsson dari Arctic Trucks yang dilibatkan untuk menangani manajemen kesiapan kendaraan mengatakan, “Kami dapat mengatakan ini (Hyundai) Santa Fe yang cukup standar. Mesin dan sistem manajemen kerja, transmisi, front differential, dan driveshaft semuanya sepenuhnya standar. Kami memang harus memasang ban besar dengan tekanan rendah karena terpenting ban bisa berada di atas es dibanding membelahnya. Tekanannya hanya 1/10 dari tekanan ban normal.”

Agar ban ban berukuran besar bisa dipasang, bodi mobil agak ditinggikan dengan tambahan sub-frames. Suspensi mendapat penyesuaian dengan tekanan yang berbeda, agar dapat bergerak lebih pelan pada kecepatan yang sama.

Perubahan lain adalah pada kapasitas tangki agar dapat menyesuaikan dengan satu – satunya jenis bahan bakar yang dapat digunakan di kondisi dingin. Mau tahu apa? Bahan bakar yang digunakan merupakan bahan bakar pesawat jet.

Mau lihat video aksi ekspedisi heroik Hyundai Santa Fe di Antartika? Klik di sini.

Sumber foto: Top Gear, Motor Trend, Hyundai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s