TIPS MEMBELI MOBIL KELUARGA PERTAMA KALI

Toyota Avanza 1.3 dan Toyota Calya 1.2 punya kapasitas mesin yang hampir sama, tapi keduanya punya karakter yang beda jauh. Yuk baca lebih lanjut…

Di tengah biaya kebutuhan hidup yang meningkat, urusan membeli mobil baru untuk konsumen pembeli pertama kali (first time buyer) dibutuhkan kemampuan analisa yang baik. Dalam istilah otomotif namanya “smart car buyers” alias pembeli mobil yang pintar.

Sebagai contoh buat pembeli awal mobil keluarga dari Toyota di kategori entry level pilihannya ada Toyota Avanza 1.3L (1.300cc) atau Toyota Calya 1.2L (1.200cc). Keduanya punya kapasitas mesin yang mirip, tapi seyogyanya perlu analisa lebih jauh biar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perbandingan Harga

Tipe tertinggi Toyota Avanza 1.3 sudah tembus di atas Rp 200 juta.

Berdasarkan situs resmi toyota.astra.co.id (harga sewaktu – waktu dapat berubah), harga Toyota Avanza 1.3 mulai Rp 189,7 juta (tipe E M/T) hingga termahal Rp 218,5 juta (tipe G AT). Sementara Toyota Calya 1.2 harganya mulai Rp 134,6 juta (tipe E MT) hingga termahal Rp 152,15 juta (tipe G AT).

Harga Toyota Calya jauh lebih terjangkau, karena masuk dalam program KB2H atau LCGC dari pemerintah melalui kementerian perindustrian yang membuat pajak PPnBM di segmen ini dihilangkan.

Perbandingan Performa Mesin

Kursi baris ketiga Toyota Calya lebis pas untuk anak – anak atau penumpang dengan tinggi maksimal 150 cm.

Toyota Avanza 1.3L dibekali mesin berkapasitas 1.329cc 4-silinder segaris DOHC Dual-VVTi, dengan daya maksimal 96,5 hp / 6.000 rpm dan torsi puncak 121 Nm / 4.200 rpm.

Toyota Calya dibekali salah satu generasi mesin terbaru 3NR berkapasitas 88 hp / 6.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm / 4.200 rpm.

Kedua model kendaraan di segmen LMPV ini ditawarkan dalam pilihan transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan. Sekilas di atas kertas, performa mesin Toyota Avanza 1.3L lebih bertenaga dibanding Toyota Calya, tapi sebenarnya hitung – hitungan riilnya belum tentu demikian.

Faktor bobot kendaraan, sistem penggerak roda dan konstruksi rangka kendaraan dapat menjadi faktor pembeda dimana output tenaga keduanya bisa jadi sekelas. Itu belum termasuk RON BBM yang digunakan.

Perbandingan Sistem Penggerak Roda & Konstruksi Rangka

Pihak Toyota tidak menyebutkan di situsnya berapa bobot kosong Avanza 1.3L ataupun Calya 1.2L. Hanya keduanya punya konstruksi rangka dan sistem penggerak roda yang berbeda.

Toyota Avanza 1.3L mengusung sasis ladder in frame yang telah terbukti ketangguhannya, plus ditopang dengan sistem penggerak roda belakang sehingga lebih handal di jalur perbukitan dan tanjakan. Kelemahan sasis ladder in frame adalah bobot kosong kendaraan relatif lebih berat dibanding sasis monokok.

Toyota Calya 1.2L dilengkapi sasis monokok yang lebih mengedepankan kenyamanan penumpang, plus sistem penggerak roda depan sehingga lebih cocok dipakai untuk kebutuhan mobilitas perkotaan. Kelemahan sistem penggerak roda depan adalah cenderung bolot di jalur perbukitan dan tanjakan, karena prinsip kerja rodanya yang menarik.

Data Penjualan

Di tahun 2017 ini, baik Avanza dan Calya masih menjadi primadona jualan Toyota di Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo pada dua bulan pertama 2017, Toyota berhasil menjual 32.377 unit pada Januari dan 37.968 unit pada Februari.

Dari angka itu,  Toyota Avanza berhasil terjual 10.315 unit pada Januari. Sementara di periode Februari 2017, sang penguasa pasar ini berhasil terjual lebih besar lagi sebesar 12.600 unit. Artinya selama dua bulan pertama 2017 Toyota Avanza berhasil terjual 22.915 unit.

Sementara Toyota Calya berhasil terjual 9.410 unit pada Januari 2017. Sementara di Februari 2017, sebanyak 9.870 unit Calya dilepas ke konsumen. Ini berarti secara akumulatif, Toyota Calya berhasil terjual 19.280 unit selama dua bulan pertama 2017. 

Belilah mobil yang tepat sesuai kebutuhan, dan carilah referensi lebih banyak yang terpercaya sebelum memutuskan membeli.

Kesimpulan

Jika Anda merupakan keluarga muda dengan anak – anak yang masih kecil, dan kebutuhan mobilitas umumnya di kota, Toyota Calya 1.2L lebih tepat sebagai pilihan. Ditambah lagi harganya lebih terjangkau dan Anda bisa lebih berhemat.

Sebaliknya jika Anda butuh kendaraan keluarga yang lebih tangguh di segala medan, Toyota Avanza 1.3L lebih pas sebagai pilihan. Kalau kata orang tua, “harga ndak bohong.”

Jadi pilih mana untuk pilihan keluarga Anda, Avanza atau Calya?

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Otomotif Roda Empat and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s