PANDUAN MEMBELI SUV BENSIN 2.000CC TERLARIS

Kedua model kendaraan SUV ini menjadi motor penjualan dari brand-nya masing – masing di IIMS 2017.

Pesona kendaraan berdesain SUV berkapasitas 2.000cc rupanya terus meroket di Indonesia.

All New CR-V 2.0 tetap mengedepankan garis – garis desain khas Honda dengan sentuhan yang lebih modern tentu.

Simak saja data penjualan dua pabrikan Honda dan Hyundai di IIMS 2017.

All New CR-V yang baru diperkenalkan di IIMS 2017 dengan dua pilihan mesin 2.0L CVT dan 1.5 Turbo menjadi model kendaraan terlaris Honda. Model kendaraan SUV ini mampu terjual 1.060 unit atau sekitar 30% dari total penjualan 3.555 unit selama 11 hari pameran IIMS.

All New Hyundai Tucson mengusung filosofi desain terbaru Fluidic Sculpture 2.0 yang dikembangkan di Hyundai Design Center di Russelsheim, Jerman.

Sebaliknya Tucson generasi ketiga yang juga dihadirkan dalam dua varian mesin 2.0L bensin dan 2.0-L CRDi EVGTurbo juga berhasil model kendaraan terlaris Hyundai sepanjang IIMS 2017. Hyundai Tucson bisa terjual 34 unit.

Untuk review All New Honda CR-V 1.5 T dan All New Hyundai Tucson CRDi EVGTURBO akan saya bahas di artikel terpisah.

HARGA

Hayo, pilih yang mana?

All New Honda CR-V 2.0L dengan transmisi CVT ditempeli banderol harga Rp 432 juta on the road Jakarta dan kepemilikan pertama (harga sewaktu – waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan).

Sementara All New Hyundai Tucson 2.0L ditawarkan dalam 2 (dua) tipe yaitu GLS Rp 385 juta dan tipe XG Rp 417 juta on the road Jakarta dan kepemilikan pertama (harga sewaktu – waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan) dengan sistem transmisi otomatis shiftronic 6-percepatan.

DIMENSI

Dimensi All New Honda CR-V 2.0L (sumber website Honda Indonesia)

All New Honda CR-V 2.0L punya dimensi panjang 4.535 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.685mm, serta jarak antar sumbu roda 2.620 mm.

Dimensi All New Hyundai Tucson 2.0 (sumber foto: Website Hyundai Indonesia)

All New Hyundai 2.0L punya dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.645 mm, serta jarak antar sumbu roda 2.670 mm.

FITUR

All New Honda CR-V 2.0L di antaranya telah dilengkapi Panoramic Rooftilt and telescopic steering, power tailgate, serta velg berukuran 18-inci.

Fitur serupa bisa Anda didapatkan pada All New Hyundai Tucson tipe XG.

DESAIN 

Nah, kalau ini kembali kepada soal selera masing – masing Anda. Jika Anda penggemar berat Honda, desain All New CRV masih kental dengan sentuhan garis – garis desain SUV a la Honda.

Sebaliknya jika Anda ingin keluar dari pakem maintream, All Hyundai Tucson hadir dengan filosofi desain terbaru Fluidic Sculpture 2.0 yang dikembangkan di Hyundai Design Center di Russelsheim, Jerman.

MESIN

All New Honda CR-V dibekali mesin 2.0 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW yang mampu meletupkan tenaga puncak 154PS / 6.500 rpm dan torsi maksimal 189Nm / 4.300rpm.

Sementara All New Tucson dibekali mesin bensin 2.0 MPI DOHC 16 katup yang mampu meletupkan tenaga puncak 157 ps / 6.200 rpm dan torsi  maksimal 196,2 Nm / 4.000 rpm.

STANDAR SAFETY – CRASH TEST

Maaf, kalau saya mengambil data dari Euro NCAP, tapi menurut saya lembaga yang bermarkas di Brussels (Belgia) ini paling independen dan kredibel di dunia.

Hasil crash test keduanya dari Euro NCAP di Eropa.

Saya tidak menemukan data terbaru pengujian All New Honda CR-V, hanya ada pengujian terakhir pada tahun 2013 dengan hasil tertinggi 5-Bintang. Untuk hal ini, saya belum mendapat informasi data apakah All New CR-V yang baru diperkenalkan di IIMS 2017  menggunakan sistem rangka yang sama.

Hanya logika sederhananya, kalaupun beda mestinya generasi terbaru ini punya standar keamanan yang lebih baik dan telah disempurnakan.

Bagaimana dengan Hyundai Tucson? SUV yang didesain oleh Peter Schreyer (mantan desainer Audi) ini juga mendapat sertifikasi penilaian tertinggi 5-Bintang dari Euro NCAP. Tidak heran sih menurut saya, mengingat pengembangannya juga telah melalui pengujian komprehensif termasuk di Hyundai Test Center yang memiliki akses langsung dengan sirkuit Nurburgring, salah satu sirkuit balap tertua dan tersulit di dunia.

Pengembangan interior desain Hyundai Tucson juga melibatkan seorang Indoensia bernama Sandy Hartono yang merupakan Section Manager (Interior Design) dari Hyundai Design Center Europe.

Saya pernah bercakap – cakap langsung dengan Sandy di pameran GIIAS 2016 lalu. Saat itu Sandy bilang, kualitas pengembangan mobil Hyundai di Jerman selalu langsung dibandingkan dengan Volkswagen.

KESIMPULAN

Buat saya, kedua mobil berdesain SUV dan bermesin bensin 2.0L ini adalah pemenang. Buat Anda yang merupakan penggemar berat Honda, tentu All New CR-V 2.0 sangat layak dipinang.

Sementara All New Hyundai Tucson 2.0 pas sebagai pilihan bagi konsumen yang anti mainstream namun tetap mengedepankan kualitas pengembangan mobil terdepan.

Anda sendiri pilih yang mana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s