KETIKA PARA SOPIR TERBAIK VOLVO TRUCKS DI INDONESIA ADU SKILL DI BSD CITY

Jurn Terpstra, Direktur Marketing dari Volvo Trucks Indonesia saat melepas kontestan babak final ‘Fuelwatch Challenge 2017’ di kelas Off Road

Hari Rabu 17 Mei 2017, saya mendapat undangan dari Volvo Trucks Indonesia untuk menyaksikan babak final ajang tahunan ‘Fuelwatch Challenge 2017’ di kawasan Paramount Land – Bumi Serpong Damai (BSD).

“Setiap tahunnya, penyelenggaraan acara Volvo Trucks Fuelwatch merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh para pengemudi di seluruh dunia. Tahun ini, kami mempersiapkan para pengemudi dengan keterampilan dan training yang lebih intensif lagi untuk mengatasi tantangan pertandingan di ajang Asia Pacific, September mendatang,” ujar Jurn Terpstra, Direktur Marketing untuk Volvo Trucks Indonesia.

Seremoni pelepasan babak final kontestan di kelas On Road.

Di lokasi, saya melihat jalan aspal dan medan tanah merah telah dikemas sedemikian rupa untuk menjadi arena babak final ‘Fuelwatch Challenge 2017’. Sebuah kompetisi tahunan yang digelar Volvo Trucks Indonesia untuk para pengemudi Volvo Trucks di tanah air.

Ada dua kelas yang dipertandingkan yaitu di segmen Off-road dan On-road dimana pemenang utama pada masing – masing kelas akan mewakili Indonesia pada kejuaraan Indonesia Final Fuelwatch 2017 di Swedia untuk berkompetisi dengan para sopir truk Volvo terbaik di tingkat  Asia Pasifik pada tanggal 19 – 22 September mendatang.

Jurn sempat mengatakan pada saya jika truk – truk produksi Volvo Trucks merupakan truk premium (kelas mewah) yang terbaik di dunia, dan ini berarti secara tidak langsung menegaskan jika para peserta di babak final “Fuelwatch Challenge” ini adalah representasi para pengemudi truk terbaik di Indonesia, karena dapat diberi kepercayaan oleh perusahaannya masing – masing mengemudikan model kendaraan truk mewah ini di tempat kerjanya masing – masing.

Hal ini juga dapat dilihat dari proses filterisasi kontestan di babak final, karena rangkaian kompetisi kali ini telah melalui babak penyisihan seleksi di tujuh lokasi di Indonesia sejak Februari 2017.

Mr. Jurn Terpstra, Direktur Marketing Volvo Trucks Indonesia (yang paling tinggi menjulang) dengan para kontestan di babak final.

“Di ketujuh lokasi pemilihan tersebut, setiap peserta diuji sikap keterampilan dan disiplin dalam menangani truk, kompetisi ini juga diperuntukkan untuk menilai bagaimana para peserta menampilkan kemampuan mereka dalam berkendara hemat bahan bakar serta keahlian mereka mengemudi truk,” imbuh Jurn yang posturnya sangat tinggi menjulang itu.

Di segmen off road, para peserta menggunakan truck Volvo FMX 6×4 Rigid dengan kapasitas mesin 13.000cc yang tenaganya mencapai 400 hp. Sementara di kelas on road digunakan FH16 6×4 tractor 16.000cc 550 hp.

Pada babak final tersebut, pengemudi truk atas nama Moh Faktur Rohman dari PT Calvary Abadi berhasil menjadi juara di kelas on road di trek aspal sepanjang 8,25 km. Menurut informasi dewan juri, Faktur dapat menghemat bahan bakar 1,4% dibanding lawannya.

Sementara di kelas of road di medan tanah merah sepanjang 3 km, Angel Karapang dari PT Artha Mineral Resourches berhasil menunjukkan kehandalannya dalam mengemudikan truk secara irit BBM dan keluar sebagai juara. Angel menurut dewan juri dapat menghemat 23% BBM dibanding para lawannya.

Angel Karapang (PT Artha Mineral Resourches) menjadi pemenang di kategori Off Road, sementara Moh. Faktur Rohman (PT Calvary Abadi) menjadi juara di kategori On Road. Keduanya akan diberangkatkan ke Swedia untuk kompetisi lebih tinggi pada bulan September 2017.

Pengukuran efisiensi bahan bakar ini diukur oleh Dynafleet – system pengukuran fleet managemen yang berdasarkan 4 kategori utama: pengereman, adaptasi kecepatan, penggunaan gear, mesin dan dalam keadaan diam. Data tersebut apabila diolah dengan benar dapat menunjukkan area khusus untuk perkembangan lebih lanjut, sehingga mengurangi penggunaan bahan bakar di setiap kendaraan.

Melalui kompetisi Fuelwatch, Volvo Trucks punya misi untuk mewujudkan pengemudi yang lebih handal dan memiliki ketrampilan untuk meningkatkan performa truk agar lebih efisien akan semakin cepat terwujud.

Wow, keren. Eh, saya juga juga sudah menyiapkan bahan artikel dan video khusus saat diberi kesempatan menguji Volvo Trucks FMX yang harganya dikisaran USD 150.000, guys. Yup, alias kira – kira 2 miliar rupiah, wow…

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in TRUCK & BUS and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s