KOMPARASI TEKNIS HONDA HR-V 1.5 E CVT VS CHEVROLET TRAX 1.4 LTZ AT

Dari nilai kebaruan produk di Indonesia, Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT pas menjadi rival sepadan untuk Honda HR-V 1.5 E CVT. Yuk, baca lebih lanjut…

Segmen kendaraan ligh SUV di Indonesia saat ini faktanya dikuasai Honda melalui HR-V dan BR-V. Khusus HR-V yang dapat dikategorikan sebagai “pintu masuk awal” (first entry) menjadi lumbung utama Honda di segmen light SUV dengan total penjualan 16.982 unit selama 4 (empat) bulan pertama 2017.

Dari data Gaikindo, ada satu tipe atau varian Honda HR-V yang paling mencolok penjualannya yaitu tipe 1.5 E  CVT. Di bulan Januari penjualannya tercatat 3.299 unit, Februari 2.382 unit, Maret 3.157 unit dan April 1.835 unit.

Sebenarnya jika mengacu pada data di website APM Honda (Honda Prospect Motor), HR-V 1.5 E CVT dipasarkan dalam tiga varian lagi yaitu versi standar Rp 304 juta, versi Special Edition with JBL Audio Rp 311, 5 juta dan versi Mugen Rp 330 juta (informasi harga bisa berubah sewaktu – waktu).

Melihat keperkasaan Honda HR-V 1.5 E CVT, jadi penasaran kira – kira siapa rival sepadan buatnya di pasaran sebagai opsi lain buat calon konsumen di segmen light SUV? Jawabannya setidaknya ada empat yaitu Toyota Yaris Heykers 1.5 AT, Mitsubishi Outlander, Nissan Juke dan Chevrolet Trax.

Di antara keempat nama pesaingnya itu yang paling punya nilai kebaruan adalah Chevrolet Trax. Ya, Yaris Heykers 1.5 AT memang juga baru, tapi (imho) lebih kepada versi customized dari Yaris versi reguler.

Ok, karena sudah ketemu rival sepadan yuk kita perbandingkan. Hitung – hitung sebagai referensi Anda kalau nanti minat membeli di antara keduanya.

Oh iya, sebelum dimulai komparasinya, Chevrolet Trax di Indonesia hadir dalam dua varian, yaitu tipe LT dan LTZ. Dari keduanya berdasarkan data Gaikindo, tipe LTZ yang paling laris dengan harga Rp 305 juta (data di situs resmi Chevrolet Indonesia dan bisa berubah sewaktu – waktu).

PERBANDINGAN DIMENSI & BOBOT KOSONG

Honda HR-V 1.5 E CVT punya dimensi panjang 4.294mm, lebar 1.772mm, dan tinggi 1.580mm, serta jarak antar sumbu roda 2.610mm. Berat kosong kendaraan 1.226 kg, sementara kapasitas tangki 40 liter.

 

 

 

Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT dibekali dimensi panjang 4.248 mm, lebar 2.035 mm, tinggi 1.674, serta jarak antar sumbu roda 2.555 mm. Berat kosong kendaraan 1.334 kg, sementara kapasitas tangki 53 liter.
  • Honda HR-V 1.5 E CVT punya sedikit kelebihan pada dimensi panjang (+ 48 mm) dan jarak antar sumbu roda (+55 mm). Hal ini di antaranya bisa berimbas pada ruang kaki yang lebih lega.
  • Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT punya kelebihan di lebar (263 mm, data ini bisa jadi jurang tepat karena mungkin data dimensi Honda HR-V 1.5 E CVT tidak memasukkan perhitungan lebar spion), plus kelebihan di tinggi (+94 mm, meski lagi – lagi perbandingan data ini bisa jadi kurang akurat jika Chevrolet menghitung termasuk ketinggian antena radio). Namun jika kedua data ini bisa dijadikan acuan dan benar adanya, maka Trax 1.4 LTZ AT secara hitungan matematis, punya kelebihan pada akses lebar bahu dan kepala penumpang yang lebih lega.
  • Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT punya bobot yang lebih berat +104 kg. Selain bobot aplikasi fitur, faktor aplikasi material rancang bangun kendaraan bisa jadi turut mempengaruhi.
  • Tangki bensin Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT bisa memuat lebih banyak bensin.

Data yang saya sampaikan ini bisa diklasifikasikan sebagai pertimbangan calon konsumen, bukan rujukan valid.

PERBANDINGAN KAPASITAS & PERFORMA MESIN

Jika melihat perbandingan data spesifikasi mesin, nampaknya Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT yang dibekali mesin 1.4L Gasoline with Turbocharger and Dual CVCP menjadi raja diraja di kelasnya.

Light SUV yang diimpor secara CBU dari Korea Selatan (kemungkinan hasil pengembangan teknologi Daewoo) mampu menghasilkan tenaga puncak 138 hp yang dicapai secara merata 4.900 – 6.000 rpm dan torsi maksimal super dahsyat di kelasnya 200 Nm yang juga dicapai secara merata mulai 1.850 – 4.900 rpm.

Data teknis performa mesin ini menunjukkan jika Anda termasuk pengemudi yang suka fun to drive alias senang berkendara, Chevrolet Trax patut dijadikan pertimbangan karena tenaga dan momen puntir mesinnya bisa didapatkan secara maksimal dan merata mulai putaran mesin rendah hingga tinggi.

Bagaimana dengan Honda HR-V 1.5 E CVT? Light SUV dari Honda yang dibekali mesin 1.5 SOHC ini mampu menghasilkan daya puncak 118 hp/ 6.500 rpm dan torsi maksimal 145 Nm / 4.300 rpm.

Meski kelihatan jomplang saat diperbandingkan, ada beberapa hal yang membuat mesin Honda senantiasa masih menjadi pilihan utama yaitu soal asumsi daya tahan dan efisiensi dalam konsumsi BBM.

STANDAR KEAMANAN

Baik Honda HR-V dan Chevrolet Trax sudah melalui proses uji di Euro NCAP. Hasilnya keduanya berhasil meraih rating tertinggi 5-Bintang.

Hasil test crash Honda HR-V di Euro NCAP

 

 

 

 

Hasil pengujian crash test Chevrolet Trax di Euro NCAP

KESIMPULAN

Honda HR-V 1.5 E CVT pas sebagai pilihan konsumen yang ingin main “aman”. Indikatornya sederhana, ketika model kendaraan laris manis dapat diasumsikan tidak ada persoalan atau keluhan krusial dari konsumennya.

Biar bagaimana pun, ketika memutuskan membeli Honda HR-V 1.5 E CVT sudah dapat dikategorikan Anda sudah naik kelas ketika memilih kendaraan.

Sementara untuk membeli Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT memang diperlukan keberanian lebih. Apalagi kalau pertimbangannya masih soal sugesti nilai jual kembali dan pertimbangan nama brand.

Tapi kalau Anda berani tampil beda, serta termasuk kategori pengemudi fun to drive, pesona Chevrolet Trax sulit dinampikkan.

Mau tahu lebih jauh soal detail spesifikasi dan fitur Honda HR-V 1.5 E CVT silakan klik di sini atau ingin tahu lebih dalam soal detail fitur Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT silakan klik di sini.

Demikian informasi sementara, semoga ada manfaatnya. Terima kasih sudah berkenan membaca. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan di bawah jika ada tanggapan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s