ADU TURBO HONDA CR-V VS HYUNDAI TUCSON

Sebelum Anda protes, “Satunya kan mesin bensin, satunya lagi mesin diesel, kok diperbandingkan?”

Sip, Anda benar keduanya beda pakem mesin. Tapi mohon jangan lupa dua kesamaan lainnya. Pertama, genre desain dan dimensinya berada di kelas SUV yang sama. Dan kedua, yang paling mencolok keduanya mengagungkan kemampuan turbonya.

Tinggal setelah membaca artikel panduan ini, Anda bisa memilih ingin membeli SUV bermesin bensin turbo atau SUV bermesin diesel turbo.

Yawda kalau sudah sepakat, kita ulas yuk kemampuan mesin turbo keduanya.

ALL NEW HONDA CR-V 1.5 TURBO

All New Honda CR-V 1.5 Turbo ditawarkan dalam 2 (dua) versi, tipe Standar & Prestige.

Diperkenalkan pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, All New Honda CR-V 1.5 Turbo langsung berhasil menjadi magnet utama pameran dengan meraih penghargaan sebagai “The Best Car by Visitor’s Choice” alias mobil terbaik versi pengunjung.

Dari segi penjualan pun langsung menjadi model kendaraan terlaris Honda selama pameran IIMS 2017.

Ok, intermezzo-nya… Mari simak kemampuan dapur pacunya sesuai tema utama artikel ini.

Mengandalkan mesin 1.5L DOHC 4 Silinder Segaris, 16 katup VTEC Turbo + DBW, tenaga puncak yang bisa dihasilkan 190PS / 5.600rpm dan torsi maksikal hingga 240Nm  yang dicapai merata pada putaran mesin 2.000-5.0000rpm.

Atau dengan kata lain, meski “hanya” didukung mesin berkapasitas 1.498cc, Honda CR-V versi 1.5L Turbo ini mampu melampaui tenaga dan momen puntir puncak dari All New Honda CR-V versi mesin 2.0 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW yang memiliki tenaga puncak 154PS / 6.500 rpm dan torsi maksimal 189Nm / 4.300rpm.

Dahyat, kan… Berminat meminangnya? Honda menawarkan All New Honda CR-V 1.5 Turbo dalam dua tipe yaitu tipe standar Rp 466 juta dan tipe Prestige Rp 506 juta on the road dan kepemilikan pertama (harga sewaktu-waktu dapat berubah).

HYUNDAI ALL NEW TUCSON CRDi EVG TURBO

SUV satu ini punya torsi mesin terbesar di kelas, 400 Nm.

Bersamaan dengan peresmian kantor baru PT Hyundai Mobil Indonesia di kawasan Simprug – Jakarta Selatan pada tanggal 3 Maret 2017, versi flagship Tucson generasi ketiga yang bermesin diesel modern CRDi EVG Turbo 2.0L turut diperkenalkan di hadapan para tamu undangan.

Sama halnya dengan rivalnya di atas, All New Tucson CRDi EVG Turbo berhasil menjadi model kendaraan terlaris Hyundai di pameran IIMS 2017.

Yang tidak kalah mentereng, All New Tucson CRDi EVG Turbo berhasil meraih dua penghargaan prestisius di IIMS 2017, tepatnya dari ajang Otomotif Award 2017 yang diselenggarakan Tabloid Otomotif.

Hyundai All New Tucson CRDi EVG Turbo berhasil meraih penghargaan sebagai “Best Medium SUV” dan yang paling mentereng sebagai “Best of the Best SUV” alias SUV terbaik di Indonesia pada tahun 2017 versi Tabloid Otomotif.

Ok, mari kita lihat kemampuan dapur pacunya. Jangan tercengang yah, janji?!

Tenaga mesinnya mampu meletupkan tenaga puncak hingga 178 PS . Yah, kalah dong sama All New Honda CR-V yang mesinnya “cuman” 1.498 cc? Tunggu dulu, belum selesai, gan.

Pasalnya soal kemampuan akselerasi yang berhubungan dengan momen puntir, mesin dari Hyundai All New Tucson CRDi EVG Turbo  mampu meletupkan torsi hingga 400 Nm. Kan, saya sudah bilang jangan sampai ternganga… 😉

Sederhananya, mesin tidak perlu bekerja keras saat menghadapi keadaan stop and go (baca: macet), mendahului kendaraan lain ataupun saat melaju di tanjakan dan jalan perbukitan.

Tertarik? Sesuai informasi di website resmi Hyundai Mobil Indonesia, banderol harga Hyundai All New Tucson CRDi EVG Turbo yaitu Rp 458 juta on the road Jadetabek dan kepemilikan tangan pertama (harga sewaktu – waktu dapat berubah).

KESIMPULAN

Menurut saya ada beberapa hal yang patut dikemukakan dalam perbandingan ini:

  1. Kedua SUV ini membutuhkan asupan tipe bahan bakar tertinggi sesuai speknya masing – masing. All New Honda CR-V 1.5L Turbo sebaiknya menggunakan jenis BBM setara Pertamax Turbo. Sementara Hyundai All New Tucson CRDi EVG Turbo menggunakan Pertamina DEX.
  2. Ya, ini kembali ke soal sugesti umum di masyarakat Indonesia soal resale value (nilai jual kembali) dan nama besar merek (brand), tapi saya percaya di kelas harga di atas Rp 300 juta ke atas kualifikasi smart car buyers (pembeli mobil cerdas) di tanah air semakin meningkat. Faktor kebutuhan kendaraan, faktor kenyamanan, faktor keamanan dan keselamatan, jumlah dan kualitas fitur yang ditawarkan, garansi kesiapan layanan purna jual dan suku cadang asli, desain kendaraan yang terdepan, kemampuan kinerja kaki-kaki, konsumsi BBM yang efisien, performa mesin yang handal, serta sekian list lainnya tentu menjadi pertimbangan.
  3. Tanpa perlu menyebutkan angka pasti, Anda pasti sudah tahun jumlah dealer dan bengkel resmi mobil Honda tumbuh paling pesat dibanding merek lain. Jumlahnya yang paling mendekati Toyota. Bagaimana dengan Hyundai? Setidaknya ada dua hal yang membuat konsumen bisa tetap aman membeli All New Tucson CRDi EVG Turbo, yaitu jaminan program Buy Back Guarantee (jaminan beli kembali) selama 3 (tiga) tahun awal kepemilikan. Hal lain adalah tingkat pemenuhan terhadap permintaan konsumen akan suku cadang Hyundai pada tahun 2016 dapat mencapai angka presentasi 96,8%.

Ok, sementara tiga poin itu saja dulu, mungkin Anda ingin menambahkan? Silakan tinggalkan komentar ataupun pertanyaan pada kolom di bawah artikel ini.

Terima kasih, semoga bermanfaat…

 

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Otomotif Roda Empat and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s