Maverick Vinales Juara di MotoGP Le Mans

Sumber foto: Crash.Net

Seri ke-5 MotoGP 2017 di sirkuit Le Mans, Minggu (21/5), yang berlangsung 28 lap penuh drama dari lap awal hingga lap akhir. 

Di awal lap, pembalap Monster Yamaha Tech3 Johann Zarco yang start dari grid ketiga berhasil memimpin jalannya lomba. Menurut announcer di tipi neeh, Zarco memang harus memacu motornya mengingat pembalap asal Perancis ini menggunakan strategi ban yang beda yaitu ban soft di depan dan belakang.

Sebaliknya dua pembalap tim pabrikan Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales dan dan Valentino Rossi, yang start dari posisi satu dan kedua nampak tidak terlalu memaksakan diri mengejar Zarco di awal – awal lap. Hal ini karena keduanya menggunakan strategi ban yang beda dengan menggunakan ban tipe medium yang notabene disebut lebih tahan gripnya di trek aspal Le Mans yang kabarnya baru disempurnakan ulang.

Terbukti pada lap ke-7, Vinales akhirnya bisa mendahului Zarco dan merebut posisi 1.

Sebaliknya petaka menghinggapi pembalap andalan Repsol Honda Team, Marc Marquez, terjatuh pada turn 3 pada lap 17. Marquez terjatuh dari posisi 4 dan tidak dapat melanjutkan lomba.

Bagaimana dengan The Doctor? Valentino Rossi mulai menunjukkan dirinya belum habis, ketika pada lap ke-23 berhasil memecahkan rekor lap di Le Mans. Lalu pada lap ke-25 melalui sebuah aksi speed cornering yang menawan di turn 7, The Doctor bisa mendahului Vinales untuk merebut P1.

Pertarungan pun dimulai sesama tim pabrikan Yamaha ini. Dua lap terakhir, Maverick Vinales yang duluan agak gugur memasuki tikungan dan melebar.

Namun di lap terakhir, giliran Valentino Rossi yang nampak agak gugup dengan pertarungan wheel to wheel itu. Dimulai dengan melebar di tikungan dan menyebabkan Vinales berhasil merebut posisi P1. Rossi yang tidak ingin kalah agak berusaha memaksakan keadaan hingga kemudian terjatuh dan gagal melanjutkan balapan.

Jatuhnya Valentino Rossi dan Marc Marquez tentu menjadi keuntungan buat Maverick Vinales untuk sedikit memimpin jauh di klasemen sementara dengan nilai 85.

Eits, jangan salah. Ada satu pembalap lain yang juga memetik keuntungan dari jatuhnya dua pembalap tangguh itu. Ya, Dani Pedrosa dari Repsol Honda. Selain bisa mencuri podium ketiga di seri ke-5 MotoGP 2017, The Little Spaniard dengan nomor start #26 itu berhasil menduduki posisi kedua klasemen sementara dengan nilai 68.

Valentino Rossi turun ke posisi ketiga klasemen dengan nilai 62, dan Marc Marquez di posisi ke-4 dengan nilai 58.

Wuih, kelihatannya makin seru neeh, sampai ketemu di seri ke-6 di Mugello dua minggu mendatang atau tepatnya tanggal 4 Juni 2017, guys…

 

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in OTOMOTIF RODA DUA and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s