LIBURAN KE KEDIRI ADA APA SAJA?

Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa disingkat SLG merupakan ikon kota. Dibangun menyerupai Arc de Triomphe yang ada di kota Paris. Monumen ini diresmikan 2008 dengan biaya pembangunan lebih dari Rp 300 miliar.

Ngoprek – ngoprek artikel lama ketemu artikel ini. Ya, berhubung tanda – tanda liburan belum kelihatan mending nulis artikelnya dulu.

Kediri yang merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur, setelah Surabaya dan Malang, sedang gencar berpromosi wisata melalui slogan “Sowan Kediri”. Pemerintah Kediri mengajak wisatawan lokal dan mancanegara menikmati ragam wisata yang tersedia. Mulai wisata alam, wisata pendidikan, wisata religi, wisata sejarah, hingga wisata modern.

Wisata Alam

Sensasi lain di Gunung Kelud adalah Jalan Misteri. Di sini, kendaraan bisa berjalan sendiri di jalan tanjakan.

Gunung Kelud merupakan obyek wisata alam paling terkenal di Kediri. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota. Setelah meletus terakhir kali 13 Februari 2014, aksesnya dibuka kembali pada 8 Maret 2014. Umumnya wisatawan kini ingin melihat dampak erupsi yang terjadi. Sensasi lain di Gunung Kelud adalah Jalan Misteri. Di sini, kendaraan bisa berjalan sendiri di jalan tanjakan.

Wisata Modern

Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa disingkat SLG merupakan ikon kota. Dibangun menyerupai Arc de Triomphe yang ada di kota Paris. Monumen ini diresmikan 2008 dengan biaya pembangunan lebih dari Rp 300 miliar. Monumen yang dihiasi ukiran khas lokal dan relief tentang sejarah kota Kediri tidak pernah sepi pengunjung, khususnya di malam hari dan pagi hari pada akhir pekan.

Wisata Sejarah

Candi Surowono letaknya sekitar 25 km timur laut dari kota. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit, sehingga bercirikan khas candi peninggalan agama Hindu dengan keindahan ukiran pada relief – reliefnya.

Tahu kuning khas Kediri, namanya Tahu Takwa

Wisata Kuliner

Sesuai julukan sebagai Kota Tahu, maka tidak lengkap ke Kediri jika tidak membeli tahu kuning khas Kediri. Namanya Tahu Takwa. Meski sekilas mirip tahu yang ada di pasaran, Tahu Takwa memiliki aroma berbeda. Nama Takwa berasal dari bahasa Mandarin yang artinya ‘aroma’. Tidak heran, aromanya sangat gurih dan menggoda. Pewarna kuning cerahnya berasal dari kunyit, sehingga aman untuk dikonsumsi.

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Travelling and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s