INSPIRASI PENTING INDUSTRI SEHAT DARI PENDIRI TOYOTA

Tahukah Anda jika strategi industri manufaktur dari Sakichi Toyoda telah banyak menginspirasi dunia lebih dari 30 tahun terakhir?!

Artikel ini saya tulis ulang (rewrite) dari artikel yang ditulis Meg Miller di fastcodesign.com, Jumat (26/5). Salah satu hal utama pada artikel itu adalah dibutuhkan waktu maksimal 5 menit untuk membaca artikel ini, sekaligus menjadi tantangan buat saya untuk tidak menulisnya lebih panjang saat Anda membacanya. 

Jadi begini, beberapa dekade sebelum Marie Kondo (dari Jepang) berhasil menjadi penulis buku “The Life-Changing Magic of Tidying Up” dengan penjualan lebih dari 6 juta kopi di seluruh dunia termasuk menjadi best seller di Eropa dan diterbitkan pula di Amerika Serikat, ternyata sebuah inspirasi penting dari Negeri Matahari Terbit itu telah dimulai.

Bahkan inspirasi penting itu sudah ada sebelum meletusnya Perang Dunia ke-2 (1939 – 1945). Sumber inspirasinya adalah Sakichi Toyoda yang tidak lain merupakan pendiri Toyota ternyata juga dikenal sebagai “bapak revolusi industri di Jepang”.

Saat itu, Toyoda dibantu putranya Kiichiro dan Taiichi Ohno (seorang engineer Toyota) melakukan eksplorasi konsep yang pas dalam menjalankan proses manufaktur di Toyota. Konsep ini yang kemudian menjadi inspirasi pengembangan konsep kerja 5S (sort, set in order, shine, standardize and sustain) yang banyak menginspirasi industri dunia selama lebih dari 30 tahun terakhir.

Konsep 5S sendiri kalau di bahasa Indonesia-kan kira-kira artinya “pengelompokan secara tepat guna, tepat waktu, bersih, menjadi standar operasional kerja sehari-hari, dan mempertahankan sistem dengan mengembangkannya secara berkelanjutan”.

Dengan konsep 5S, skema kerja di industri bisa lebih hemat biaya, lebih membahagiakan pekerja dan membuat hal – hal yang tidak diperlukan dapat dipangkas. (sumber foto: www.fastcodesign.com)

Di tahun 1970an lahirnya konsep yang diberi nama “Just-In_Time manufacturing” atau yang kemudian juga dikenal dengan nama “Toyota Production System“.

Buku “Toyota Way” pertama kali diterbitkan pada tahun 2000. Ditulis oleh seorang Professor dari Universitas Michigan, Dr. Jeffrey K. Liker.

Sistem “Just-In-Tyme” ini berhasil membuat Toyota lebih efisien dalam pengeluaran biaya, meningkatkan kepuasan pekerja, dan memangkas hal – hal yang dinilai tidak bermanfaat dengan cara memperketat proses operasional dan organisasi di seluruh aspek.

Hasilnya proses produksi dapat berjalan maksimal dimana seluruh perangkat kerja dapat terlihat, membuat areal kerja yang bersih, dan membantu kinerja pekerja dengan keterlibatan sistem otomatis.

Metodologi ini kemudian menjadi acuan kerja di assembly line Toyota dan membuat perusahaan secara organisasi dapat berjalan lebih baik, lebih efisien dan lebih produktif.

Metodologi ini berkembang seantero Jepang, menjadi populer di Amerika, dan akhirnya menjangkau seluruh dunia pada era tahun 1980an.

Konsep 5S juga telah menjadi inspirasi di industri smartphone dunia (sumber foto: http://www.fastcodesign.com)

Apa yang dikembangkan Toyoda bersama putra dan seorang koleganya itu kini telah menjangkau banyak sektor termasuk di sektor desain, pengembangan peranti lunak (software), smartphone, peralatan dapur, bahkan industri arsitektur.

Tertarik mengetahui strategi sukses Toyota ini? Anda bisa berburu buku lawas berjudul “Toyota Way” terbitan awal tahun 2000 yang ditulis oleh Dr. Jeffrey K. Liker, seorang Professor bidang Industrial and Operations Engineering dari University of Michigan.

Demikian semoga informas ini bermanfaat. Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca. Silakan subscribe alamat email Anda di jbkderry.com jika berkenan, agar dapat senantiasa mendapat notifikasi langsung jika ada artikel baru yang diunggah.

Bogor, 27 Mei 2017

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s