PERBURUAN GELAR JUARA MAKIN SERU & KLASEMEN SEMENTARA MOTOGP 2017

Andrea Dovizioso terpaut hanya 7 poin dari pemuncak klasemen Maverick Vinales (sumber foto: BBC.com)

Kemenangan kedua Andrea Dovizioso di musim tahun ini di sirkuit Catalunya, Minggu (11/6), membuat perburuan gelar juara MotoGP 2017 semakin seru.

Pembalap tim pabrikan Ducati asal Italia itu untuk sementara berada di posisi kedua klasemen sementara dengan nilai 104, atau hanya terpaut tujuh poin dari pemimpin klasemen Maverick Vinales (Movistar Yamaha MotoGP) yang telah mengumpulkan 111 poin.

“Sebenarnya saya juga tidak menyangka bisa kembali menang, mengingat daya cengkeram ban tidak cukup baik dan kondisi ban belakang yang cepat tergerus sehingga saya tidak bisa fokus memacu kecepatan. Persoalan ban membuat saya melihat ritme persaingan tidak terlalu tinggi. Cukup aneh juga bisa menang saat saya tidak tampil optimal 100%,” kata Andrea Dovizioso.

Hasil di seri ke-7 di Catalunya juga membuar perburuan gelar juara MotoGP 2017 semakin seru, mengingat di setiap seri sejauh ini punya cerita yang berbeda. Soal pengembangan motor, pemilihan ban, hingga karakter sirkuit menjadi tantangan setiap tim dan para pembalapnya.

“Saya justru berpikir realistis, jika kami belum mampu bertarung untuk posisi juara dunia. Masih ada sesuatu yang kurang di tim,” imbuh Dovizioso.

Meski tidak terlalu terekspos media, jangan hilangkan Dani Pedrosa dari kandidat juara MotoGP 2017 (sumber foto: ultimatemotorcycling.com)

25 lap yang berlangsung di sirkuit Catalunya pun mencuatkan satu nama lain yang punya kans juara. Siapa dia? Ternyata The Little Spanniard Dani Pedrosa. Start dari grid terdepan, Dani memang harus puas finish di posisi ketiga di belakang Dovizioso dan rekan setimnya di Repsol Honda, Marc Marquez.

Sama halnya dengan Dovizioso, Dani Pedrosa selepas balapan sempat mengemukakan kendala ban yang cepat aus dan kehilangan daya cengkeram membuatnya lebih memilih menjaga ritme balapan agar dapat tetap finish dengan hasil terbaik.

Podium ketiga di Catalunya ini membuat Dani Pedrosa justru punya kans menjadi juara dunia melalui konsitensinya meraih poin sejauh ini. Dani berada di posisi keempat klasemen sementara dengan nilai 84, atau hanya terpaut empat poin dari Marc Marquez di posisi ketiga yang telah mengumpulkan 88 poin.

Sementara The Doctor Valentino Rossi harus puas finish di posisi ke-8 dalam balapan di Catalunya, yang membuat posisinya di klasemen sementara turun di posisi kelima dengan nilai 83. Rekan setimnya di Movistar Yamaha MotoGP dan juga sang pemuncak klasemen sementara, Maverick Vinales, justru finish lebih mundur di posisi ke-10.

Performa digdaya Ducati Team tidak hanya direngkuh Andrea Dovizioso. Rekan setimnya Jorge Lorenzo tampak mulai optimal menggeber Desmosedici GP17 dan berhasil finish ke-4.

Dua pembalap tim satelit Monster Yamaha Tech3, Johann Zarco dan Jonas Folger, justru tampil lebih trengginas dibanding tim pabrikan Yamaha dengan berhasil finish masing-masing di posisi ke-5 dan ke-6.

Johann Zarco sementara berada di posisi ke-6 klasemen sementara dengan nilai 75.

Tuh kan, semakin seru… Masih ada 11 seri lagi yang tersisa. Sampai ketemu di seri berikutnya di sirkuit Assen dua minggu dari sekarang tanggal 25 Juni 2017.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s