HYUNDAI KONA IRON MAN SPECIAL EDITION

Hyundai Kona Iron Man Special Edition (sumber foto: http://www.motor1.com)

Hyundai menunjukkan keseriusan menggarap pasar sub compact SUV. Setelah pada tahun 2014 memperkenalkan ix25 atau dikenal juga dengan nama Creta, di tahun 2017 ini Hyundai memperkenalkan Kona.

Selasa 13 Juni 2017 di Korea Selatan, Hyundai Kona resmi diperkenalkan. “Kona hadir tampilan yang stylish dan fungsionalitas yang tinggi untuk konsumen yang menginginkan kendaraan compact SUV dengan desain yang tangguh dan mengedepankan cita rasa gaya hidup yang tinggi, sistem konektivitas terbaru dan standar keamanan terdepan,” kata Euisun Chung, Vice Chairman dari Hyundai Motor Company, saat perkenalan.

Kona sedianya mulai dipasarkan di pasar Korea Selatan di akhir bulan Juni ini, menyusul di pasar Amerika Utara dan Eropa.

Segmen sub compact SUV kini semakin berkembang di dunia, termasuk di Indonesia. Di tanah air, segmen ini setidaknya telah diisi oleh beberapa pemain di antaranya Honda HR-V, Toyota Yaris Heykers, Mazda CX-3, Chevrolet Trax, Nissan Juke dan Mitsubishi Outlander. 

PILIHAN MESIN DAN TRANSMISI

Hyundai Kona versi standar yang diperkenalkan pertama kali (world premier) di Korea, Selasa 13 Juni 2017.

Hyundai Kona dihadirkan dengan pilihan mesin bensin dan diesel yang bervariatif, tergantung pasar yang dituju.

Ada mesin besin 2.0-liter MPI Atkinson bertenaga 149 PS dan torsi maksimum 179 Nm/ 4500 rpm. Dipadankan dengan transmisi otomatis 6-percepatan, sub compact SUV dari Hyundai ini mampu melesat 0-100 kpj dalam waktu 10 detik dan top speed 194 km/jam.

Lalu ada mesin Gamma 1.6T-GDI (twin-scroll turbocharger) yang mampu menghasilkan tenaga 177PS, 0-100 km/jam hanya 7,7 detik dan top speed 210 km/jam. Mesin ini mampu mengantarkan torsi maksimum 265 Nm yang dicapai merata 1.500 – 4.500 rpm, serta dipadankan dengan transmisi 7-speed dual clutch (7DCT).

Untuk konsumen di Eropa ada juga pilihan mesin 1.0 T-GDI turbocharged 3-silinder dengan transmisi manual 6-percepatan. Mesin mampu menghasilkan teaga 120 PS, 0-100km/jam dalam 12 detik, kecepatan maksimum 181 km.jam, serta torsi maksimum 172 Nm secara merata dari 1.500 hingga 4000 rpm.

Ada juga pilihan mesin diesel 1.6 untuk beberapa market tertentu, termasuk juga di Eropa.

ASAL USUL NAMA KONA & EDISI KHUSUS IRON MAN

Hyundai Kona Iron Man Special Edition terinspirasi dari jubah tokoh rekaan Marvel yang tangguh tapi tetap memiliki lekukan bodi yang seksi. (sumber image: www.motor1.com)

Nama Kona terinspirasi dari sebuah pulau besar di Hawaii, Amerika Serikat. Melalui nama ini, Hyundai ingin menunjukkan kesan yang inovatif, praktis dan memiliki nilai fungsionalitas yang tinggi dalam mengembangkan kendaraan SUV dengan cita rasa gaya hidup terbaru.

Headlamp LED spesial yang mengingatkan pada pancaran mata dan sumber tenaga Iron Man yang ada di dadanya.

Untuk menunjukkan kesan ketangguhannya, pada saat prosesi peluncuran (world premier) Hyundai Motor Compay juga memperkenalkan versi edisi spesial yang namanya terinspirasi dari salah satu tokoh superhero dari Marvel, yaitu Hyundai Kona Iron Man Special Edition.

Velg khusus 19-inci dengan lambang Iron Man, serta dilapisi ban Off-Road berdiamater luar 716mm dari Kumho.

Nama ini sengaja dipilih untuk menunjukkan kesan tangguh sebagaimana jubah dari Iron Man, tanpa mengesampingkan desain bodi yang tetap seksi. Itu pulalah kemudian ada tambahan dimensi lebar +40mm pada Hyundai Kona Iron Man Special Edition untuk meningkatkan volume interior. Terdapat juga sekian penyempurnaan lain, di antaranya pada desain headlight special LED yang mengingatkan pada pancaran Tony Stark, eh, Iron Man.

Hyundai Kona Iron Man Special Edition dilengkapi velg spesial berdiameter 19 inci dengan emblem Iron Man, dan dibalut dengan ban off-road berdiameter luar 716 mm.

Hyundai Kona Iron Man Special Edition sedianya segera dipajang di Hyundai Motorstudio di Korea, menyusul sebulan kemudian mulai diperkenalkan kepada publik dunia.

Kira-kira ke Indonesia gak yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s