TIPS SUPAYA LEBIH EFISIEN KONSUMSI BBM SAAT MUDIK BERKENDARA

Berkendara saat mudik? Berikut tipsnya supaya konsumsi BBM lebih efisien, gan…

Anda sudah dalam perjalanan mudik ke kempung halaman, atau baru mau berangkat? Apapun jawabannya, semoga artikel ini berguna agar kendaraan lebih efisien dalam mengkonsumsi BBM sepanjang perjalanan. 

Dirangkum dari berbagai sumber berikut hal-hal yang dapat membuat konsumsi BBM lebih efisien selama perjalanan:

1. Kondisi dan Riwayat Kendaraan

Dari titelnya saja, Anda pasti bisa tebak. Ya, kondisi kesehatan kendaraan secara menyeluruh tentu memiliki faktor krusial dalam efisiensi konsumsi BBM. Jangan lupa cek kondisi kesehatan kendaraan sebelum berangkat, sebisa mungkin tentu di bengkel resmi. Mahal dikit gak papa, gan…

2. Manajemen Rute & Waktu

Nah, sudah bukan rahasia lagi jika mudik itu identik dengan kemacetan super akut bin kusut. Jangan anggap enteng hal ini dan menjadikannya kebiasaan. Mengemudi kendaraan butuh konsentrasi penuh dan kondisi fisik serta pikiran yang segar. Selain membahayakan, mengemudi di puncak arus mudik dan balik pasti lebih boros BBM. Mending pilih waktu yang agak longgar, plus tentukan rute yang akan dilewati jangan sampai muter-muter lebih jauh dan lebih boros BBM.

3. Tekanan Ban

Pastikan tekanan angin pada ban sudah sesuai spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan. Tekanan angin yang kurang berimbas pada kinerja ban kurang maksimal dan tentu berimbas pada konsumsi BBM, sebaliknya angin yang berlebih membuat daya cengkeram ban jadi kurang maksimal dan membahayakan.

4. Barang Bawaan

Hmm, barang bawaan yang berlebih tentu membuat bobot kendaraan jadi bertambah, serta berimbas pada kinerja mesin yang lebih berat dan konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Sebaiknya pilih-pilih lagi prioritas barang-barang bawaan saat mudik.

5. Tipe Bahan Bakar

Pabrikan pasti sudah punya riset sendiri mengapa merekomendasikan tipe BBM yang cocok buat kendaraan yang diproduksi. Sederhananya, menggunakan tipe BBM yang direkomendasikan pabrikan akan lebih sesuai dengan kebutuhan mesin dan imbasnya tentu pada konsumsi BBM yang lebih efisien.

6. Pengemudi

Ya, faktor pengemudi menjadi faktor yang tidak kalah penting. Cara mengemudi yang agresif dan emosional lebih potensial boros konsumsi BBM, karena berimbas pada teknik bukaan gas, pengereman dan handling kendaraan. Tetaplah santai dan rileks selama berkendara, karena ini berimbas pada kinerja mesin mobil pula.

Demikian kira-kira enam tips berkendara lebih efisien BBM saat mudik. Semoga bermanfaat, atau Anda kira-kira punya pendapat lain? Silakan tinggalkan komentar di kolom di bawah artikel ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s