MENYUSURI JALUR DARAT KE SURGANYA PEHOBI DIVING & TREKKING DI FLORES

Tujuh rumah tradisional di Waerebo.

Berwisata a la backpacker melintasi jalur darat menuju ternyata bisa dicapai dengan biaya relatif terjangkau.

Pink Beach di Pulau Komodo.

Syaratnya siapkan agenda perjalanan dan mau bertualang via jalur darat. Abaikan opsi perjalanan dengan pesawat jika dana terbatas, karena biaya tiket Jakarta – Labuan Bajo PP saja sudah di atas Rp 3 juta. Belum termasuk biaya penginapan, akomodasi dan lain – lain.

Konsekuensinya butuh waktu lebih lama, tiga hari dari Jakarta menuju Bima (Sumbawa), namun biaya selama perjalanan bisa lebih rendah dibanding tiket pesawat PP.

Selain popularitas Komodo yang mendunia, Flores memiliki kekayaaan wisata alam yang berlimpah. Pulau seluas 14.300 km2 dan 24 gunung api ini punya pantai dan pegunungan berkelas dunia, serta sangat terkenal di kalangan pehobi diving dan trekking.

Poto Tano Harbour.

Buat pehobi trekking bisa ke Danau Kelimutu, letaknya 66 km dari kota Ende (tempat pengasingan Bung Karno), yang memiliki tiga warna air berbeda (merah, putih dan hijau tosca) karena perbedaan kandungan mineral.

Lalu di kabupaten Manggarai ada kampung kuno Wae Rebo. Butuh sekitar empat jam pendakian. Daya tarik utama Wae Rebo pada rumah adatnya, mbaru niang yang memiliki atap berbentuk kerucut dari daun lontar dan jumlahnya hanya tujuh tidak boleh lebih.

Buat pehobi pantai silakan berkunjung ke Pink Beach yang memiliki pantai berpasir berwarna merah muda. Warna pasir ini hanya bisa ditemukan di tujuh negara. Jika masuk ke Sumbawa via Lombok, Anda juga berkesempatan masuk melalui pelabuhan Poto Tano yang melekat di banyak benak pengunjungnya sebagai pelabuhan terindah di dunia.

Danau Kelimutu.

Saatnya buka Google.com untuk memperkuat riset agenda perjalanan dan tentunya menaikkan mental petualangan Anda.

Jika Anda berkendara dengan pasangan tercinta tipe motor petualang a la supermoto atau skutik bertipe sport seperti Yamaha Aerox 155 VVA bisa jadi pilihan.

Namun jika Anda berangkat beramai-ramai antara tiga hingga enam orang, maka pilihan bisa dijatuhkan pada mobil berdesain SUV yang memiliki ground clearance lebih tinggi dibanding mobil keluarga. Dan jika ingin mendepankan kenyamanan layaknya sedan selama perjalanan, pilihan SUV dengan kontruksi monokok seperti Hyundai Santa Fe pas menemani.

Pilihan kendaraan ini penting mengingat rute di wilayah barat Pulau Flores akan menguji ketangguhan kendaraan, dengan jalan berliku dan tikungan tajam. Dibutuhkan kendaraan yang berkarakter tangguh dan bertenaga, serta dalam kondisi sehat untuk menempuh perjalanan jauh dan menantang.

Semoga bermanfaat…

Sumber foto: setapakkecil.com, iffocus.wordpress.com, chengos.files.wordpress.com, o2zone.files.wordpress.com  

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Travelling and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s