CATATAN TENTANG PERJALANAN MUDIK YANG SULIT

Hiburan terbaik di perjalanan mudik tersulit kali ini yah Hyundai Tucson GLS AT 3rd Generation ini. Nyaman, irit dan sistem audionya mumpuni untuk menghibur. (lokasi: Alun – Alun Ciamis)

Berkendara di waktu momen mudik itu bukanlah hal yang mudah, bahkan penuh tantangan yang semakin melelahkan.

Senin 26 Juni 2017 di hari kedua Lebaran, start dari Bogor pukul sembilan pagi dan baru masuk tol Cikampek lima jam kemudian. Dan sepanjang jalan tol Cikampek – Purbalunyi (sebelum masuk Bandung) semua rest area dalam kondisi penuh sesak kendaraan dan orang-orang. 

Macet mudik di Lebaran H2 kali ini mulai dari Bogor sampai Ciamis.

Saya, bini dan anak-anak terpaksa menepi di jalan sebelum pintu rest area 39. Di sebuah warung kecil dengan melintasi tembok bongkaran menjadi tempat pelepas kelegaan buang air kecil… 🙂

Sekitar pukul setengah enam sore dan mohon maaf yah Tuhan, kami bablas waktu Dzuhur dan Ashar. Sebuah tawaran seorang sahabat baik dari zaman kuliah pun menjadi opsi terbaik untuk mengakhiri perjalanan di hari ini.

Tiba di pintu keluar tol Pasir Koja, suara azan Magrib menyambut. Fatalnya navigasi Google Map di smartphone tiba-tiba error. Walhasil nyasarlah sekitar sejam, sebelum teh Ria yang sudah baik hati sejak dulu bersedia memandu via smartphone hingga tiba di bilangan jalan Rajawali.

Dari pintu keluar tol Cileunyi yang biasanya hanya butuh 3 jam ke Ciamis, kali ini tembus 8 jam.

Sekitar pukul tujuh malam atau setelah sekitar 10 jam mengemudi, akhirnya mesin SUV kerenku dimatikan. Ya, sudah tidak memungkinkan melanjutkan perjalanan hari ini. Sinusku yang memang sudah kambuh sejak pagi sebelum berangkat kembali muncul mengganggu kondisi.

Sementara di Nagreg, jalur menuju Ciamis terus padat cenderung tidak bergerak hingga dini hari.

Tengah malam saat terjaga, saya masih sempat memantau situasi Nagreg di beberapa situs berita dan di Twitter. Rasanya harus mencari jalur alternatif menuju Ciamis untuk menghindari Nagreg besok pagi.

SELASA SUBUH, 27 JUNI 2017

Keanu sampai minta istirahat di dashboard mobil 🙂

Selepas shalat Subuh dan pamitan pada teh Ria yang baik hati, kami berjalan kaki menuju kompleks perumahan dimana mobil dititip.

Sekitar pukul lima 30 pagi pagi, perjalanan pun dimulai lagi. Rute yang dituju adalah masuk via Sumedang melewati Wado hingga tiba di Malangbong. Sayangnya saat tiba di pertigaan Parakan Muncang dan bertanya ke seorang polisi jaga, kami malah diarahkan masuk Parakan Muncang yang ternyata tembusnya di Nagreg.

Ya, sampai pertigaan Nagreg yang memecah rute ke arah Garut dan Tasikmalaya masih ramai lancar, namun setelahnya mimpi buruk yang dihindari pun terjadi. Parah banget, titik kemacetan berlangsung di beberapa titik hingga di Ciamis. Sebuah situasi yang baru kami alami kali ini.

Beruntung suasana kabin SUV Terbaik versi tabloid Otomotif di tahun 2017 ini sangat nyaman, ACnya dingin dan sistem audionya bagus menghibur.

Akhirnya dibutuhkan waktu delapan jam, hingga kami tiba di rumah orang tua bini tercinta di Babakan, Sindangrasa- Ciamis.

Indikator di mobil sendiri menunjukkan total waktu mengemudi kali ini 16,5 jam, sebuah rekor baru perjalanan mudik (terburuk) yang pernah kami alami. Tahun 2012, kami naik bus butuh waktu 14 jam. Tahun 2014, kami naik mobil sendiri butuh waktu 12 jam.

Ya, perjalanan kali ini menjadi catatan mudik tersulit. Entah, bagaimana ke depannya…

Jika tertarik melihat cerita perjalanan mudik Lebaran 2017 yang terlama ini dalam format video silakan simak di bawah ini, guys…

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
Video | This entry was posted in Travelling and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s