WARNA BERBEDA DARI CIAMIS DI ARUS MUDIK 2017

Lokasi: RM Bamboe Lesehan Simanalagi di jalan Kertasari, kabupaten Ciamis.

Ada cita rasa yang berbeda di Ciamis pada saat momen mudik 2017 ini. Bukan soal “perang” atribut jelang Pilkada 2018 atau soal jalan kaki ratusan kilometer. Ini soal dinamika kota dan penduduknya…

Berkali-kali ke Ciamis, saya biasanya hanya menemukan beberapa kosa kata yaitu balong (bahasa orang Ciamis untuk menggambarkan empang), bakso, alun-alun dan pasar. Kalaupun ada kenangan lain ini adalah kampung halaman almarhumah Nike Ardilla… 🙂

Tapi saat mengantar bini mudik tahun ini, saya melihat warna lain di Ciamis. Pertama adalah selera otomotif orang-orangnya. Melihat populasi Nissan Grand Livina itu sudah melihat Toyota Avanza beberapa waktu lalu, banyak banget.

“Di sini sekarang, Nissan Grand Livina sudah kayak di Jakarta jadi mobil sejuta umat,” kata biniku.

Cita rasa lain adalah cukup seringnya saya melihat Kia Rio dan motor Yamaha X-Ride. Hal ini juga cukup membuat saya terperangah, karena ternyata cita rasa orang kabupaten Ciamis tidak lagi hanya sekadar merek Toyota dan Honda ataupun mobil keluarga berkapasitas 7-penumpang (baca low MPV), tapi juga merek Korea dengan desain hatchback 5-kursi penumpang.

Begitupula dengan Yamaha X-Ride yang desainnya bercita “nabrak” alias crossover ternyata diminati warga kabupaten Ciamis. Mungkinkah Ciamis sudah berubah dan berkembang, meski telah ditinggal Banjar dan Pangandaran yang memilih memisahkan diri menjadi kabupaten sendiri?

“Mobil-mobil yang sudah keluar di pasaran lebih dari tiga tahun biasanya sudah banyak di Ciamis,” kata ibu mertua seolah mengamini kata-kata putri sulungnya.

Saya tidak ingin membantahnya, meski Nissan Grand Livina sudah beredar 10 tahun di Indonesia sejak tahun 2007 dengan perubahan yang cenderung minim. Saya sendiri merasa bersyukur ada rezeki lebih tahun ini jadi bisa ganti mobil. Jika tidak, mobil kami akan menjadi mobil sejuta umat di lokasi kediaman dan kampung halaman.

Fenomena kedua adalah soal citarasa pembangunan rumah. Di sebuah desa yang letaknya di belakang desa Babakan – Sindangrasa (rumah mertua) selain masih bisa menikmati suasana sawah yang hijau dan deretan pohon jati yang menjulang, juga bisa melihat desain rumah-rumah yang arsitekturnya sudah modern.

“Mungkin karena sudah banyak di antara mereka yang bekerja atau pernah bekerja di kota jadi tahu desain-desain rumah modern,” kata biniku lagi.

Atau mungkin juga karena internet sudah menjadi konsumsi sehari-hari kayak di kota, kataku dalam hati.

Fenomena ketiga yang saya lihat adalah berkembangnya rumah makan dengan konsep desain modern seperti salah satu jaringan rumah makan Mergosari (Ciamis menuju arah Banjar) yang baru saja selesai dibangun, atau rumah makan Bamboe Lesehan Simanalagi di jalan Kertasari yang dibangun dengan konsep pedesaan yang asri di atas areal lahan yang luas.

Tiga pengalaman ini sudah cukup mengajarkan saya pada satu hal baru, jika dimanapun diri kita berada sepanjang tidak menyerah terus bekerja dan menangkap perkembangan ide-ide baru, diserta doa yang tidak pernah putus, maka kans untuk hidup mulia dan sejahtera bisa terjadi di mana saja, termasuk di desa…

Saat melintasi jalur pulang yang memutar melintasi Kawali, Cikijing dan Majalengka sebelum masuk tol Cipali, kami juga melihat beberapa rumah gedong dengan koleksi mobil seharga di atas Rp 250 juta per unitnya berada di garasi mereka.

Ya, dimanapun itu jangan lupa untuk terus bahagia, bekerja dan berdoa karena kita tidak pernah tahu bagaimana Tuhan “mengetuk” pintu rumah kita untuk memberikan rezeki yang tidak terduga. Tetaplah tersenyum di sepanjang jalan…

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
Video | This entry was posted in Travelling and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s