MOBIL BARU MITSUBISHI DI GIIAS 2017 BIDIK KELUARGA MUDA USIA 30 – 40 TAHUN

Senin 24 Juli 2017, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya memperkenalkan kepada pihak media di Indonesia, small MPV terbaru mereka di Ballroom – Fairmont Hotel di Jakarta.

Kesan pertama yang saya lihat adalah desain depan yang sangat atraktif dan memberikan kesan tangguh sekaligus menjadi nilai spesial buat sang penantang Toyota Avanza, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga ini.

“Small MPV terbaru dari Mitsubishi ini menawarkan kelebihan utama pada ukuran dimensi terbesar dan terlapang, serta performa terbaik di kelasnya,” kata Kyoya Kondo, Presiden Direktur PT MMKSI saat memberikan presentasi.

“Ada tiga kunci emosional yang disuguhkan oleh small MPV Mitsubishi ini yaitu bukalah pikiranmu, perluas jangkauan dan nikmati hidupmu. Berdasarkan nilai emosional tersebut kami mengembangkan konsep sebuah small MPV yang menggabungkan utilitas sebuah MPV dengan ketangguhan dan kedinamisan SUV,” kata Takaashi Kiishi, Chief Product Specialist Product Strategy Division – Mitsubishi Motors Coorperation, Jepang, saat memberikan presentasi.

“Salah satu target utama kami adalah konsumen keluarga muda dengan usia 30 hingga 40 tahun yang menginginkan kendaraan keluarga yang lebih berkelas dan nyaman,” kata Irawan Kuncoro, Sales & Marketing Director PT MMKSI saat memberikan presentasi.

Keunggulan teknikal yang disebut dimiliki small MPV terbaru dari Mitsubishi ini.

BELUM ADA NAMA

Saat diperkenalkan di hadapan media, pihak PT MMKSI mengatakan belum ada nama resmi untuk small MPVnya ini. Hanya saja spekulasi yang berkembang, namanya akan mengusung nama Expander.

MESIN & TRANSMISI

Mesinnya mengandalkan mesin bensin 1,5-liter dengan teknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC), dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

SISTEM PENGGERAK RODA

Sistem penggerak rodanya menggunakan sistem penggerak roda depan, atau dengan kata lain sama dengan kompetitor utama seperti Honda Mobilio, Honda BR-V dan Suzuki Ertiga.

Berbeda dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang menggunakan sistem penggerak roda belakang.

Hal ini secara sederhana dapat disimpulkan, konsumsi BBMnya relatif lebih irit. Salah satunya karena potensi power of loss (tenaga yang hilang)  relatif lebih rendah dibanding sistem penggerak roda belakang. Meski demikian, di jalur tanjakan tentu tidak sebaik sistem penggerak roda belakang yang sifatnya mendorong, sementara sistem penggerak roda depan sifatnya menarik.

Salah satu hal lain yang diklaim menjadi keunggulan small MPV terbaru Mitsubishi ini adalah sistem suspensi belakangnya yang mengadopsi dari Lancer Evolution untuk mendapatkan stabilitas lajut terbaik.

DIMENSI

Dimensi panjangnya 4475 mm x lebar 1750 mm x tinggi 1700mm, dengan ground clearance (jarak terendah bodi ke permukaan jalan) disebut tertinggi di kelasnya yaitu 205 mm.

Bandingkan dengan rivalnya:

  • Toyota Avanza punya dimensi panjang 4190 mm x lebar 1660 mm x tinggi 1695 mm, dengan ground clearance 200 mm.
  • Honda Mobilio punya dimensi panjang 4386 mm x lebar 1683 mm x tinggi 1603 mm, dengan ground clearance 189 mm.
  • Honda BR-V punya dimensi panjang 4456 mm x lebar 1735 mm x tinggi 1666 mm, dengan ground clearance 200 mm.
  • Suzuki Ertiga punya dimensi panjang 4265 mm x lebar 1695 mm x tinggi 1685 mm, serta ground clearance 185 mm.

Mengacu pada data di atas, small MPV dari Mitsubishi punya dimensi terbesar di kelasnya.

VARIAN & HARGA

Ada enam varian yang sedianya diperkenalkan dengan rentang harga Rp 189 jutaan – Rp 246 jutaan.

TARGET PENJUALAN

Pasar small MPV di Indonesia memang masih memiliki potongan kue terbesar dengan pangsa pasar 30%, dengan angka penjualan antara 300 ribu – 350 ribu unit per tahun.

Dengan asumsi data tersebut, pihak PT MMKSI memasang target penjualan per tahun 60 ribu unit untuk pasar domestik atau sekitar 5 ribu unit per bulan.

Target ini termasuk ambisius, karena hanya Toyota Avanza yang mampu melewati angka penjualan di atas 5 ribu unit per bulan.

Selain target penjualan domestik, pihak PT MMKSI menargetkan angka ekspor small MPV Mitsubishi ini sebanyak 20 ribu unit per tahun.

DATA PENTING LAIN

Untuk mengoptimalkan volume penjualan di Indonesia, pihak PT MMKSI akan terus meningkatkan volume outletnya.

“Saat ini kami telah memiliki 92 outlet resmi di seluruh Indonesia, dan akan ditingkatkan menjadi 110 outlet pada saat penjualannya dimulai. Serta hingga tahun fiskal 2018, kami menargetkan angka outlet sebanyak 143,” kata Irawan Kuncoro, Sales & Marketing Director PT MMKSI.

DIPERKENALKAN DI GIIAS 2017

Buat Anda yang tertarik melihat lanjut dan lebih jauh ingin memilikinya, silakan ke pameran GIIAS 2017 di ICE – BSD City.

PREDIKSI

Pasar di segmen low MPV meski masih meraup potongan pangsa pasar terbesar, tapi harus diakui mulai terusik dengan segmen kendaraan lain khususnya di segmen LCGC.

Toyota Avanza setelah perkasa pada empat bulan pertama 2017, namun pada periode Mei dan Juni “hanya” mampu terjual di angka 8 ribuan dan 6 ribuan.

Pun demikian dengan populasi pemain yang kedatangan satu rival baru dari Wuling. Meski berasal dari China, namun produk small MPV datang dengan berbagai keunggulan kompetitif dan posisi harga yang lebih terjangkau. Kesiapan layanan aftersales-nya pun nampak menawan dan berkelas, seperti yang saya lihat sendiri di jalan Kartini, Depok.

Satu hal yang pasti, kehadiran small MPV dari Mitsubishi ini memberikan pilihan yang semakin beragam dan berkualitas bagi konsumen di Indonesia.

Hal itu seiring waktu akan membuat konsumen otomotif di Indonesia jadi semakin cerdas dan selektif dalam memilih kendaraan keluarga yang dibutuhkan. Tidak hanya sebatas terpaku pada loyalitas nama merek dan nilai jual kembali, tapi mulai memperbanyak item pertimbangan sebelum memutuskan membeli mobil keluarga yang mana yang paling sesuai.

Bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s