ISUZU NEW MU-X 2017 DIPERKENALKAN DI JAKARTA

Rabu 2 Agustus 2017, jbderry.com sedianya memenuhi undangan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) untuk peluncuran Isuzu New mu-X 2017 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Jika mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang semester pertama 2017, angka penjualan Isuzu mu-X yang bermain di segmen SUV mampu terjual 330 unit atau kira-kira 55 unit per bulan. 

Sebuah hasil yang cukup baik, setidaknya jika dibanding dengan rival sekelas seperti Mazda CX-5 yang juga berdasarkan data Gaikindo pada periode yang sama meraup angka penjualan 205 unit.

Saya sendiri belum pernah merasakan pengalaman di belakang setir kemudi Isuzu mu-X, hanya saja memori saya belum pernah lupa dengan mantapnya sistem kemudi Isuzu D-Max saat menjajalnya 14 tahun silam di seputar medan off-road di kota Bandung.

Saya membayangkan jika Isuzu mu-X punya karakter sistem kemudi yang tidak kalah mantap, bahkan bisa jadi lebih baik seiring perkembangan waktu.

ARAH DESAIN & KEUNGGULAN DIMENSI 

Secara desain, Isuzu mu-X lebih pas diposisikan sebagai SUV yang mengedepankan kesan gagah dan tangguh ketimbang stylish seperti Mazda CX-5 atau Nissan X-Trail.

Itulah, saya lebih cenderung menempatkannya berada di kelas yang sama dengan dua penguasa pasar SUV Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Hal ini juga tercermin dari dimensi yang diusungnya dengan panjang 4.825 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.840 mm, jarak antar sumbu roda 2.845 mm, serta jarak terendah bodi ke jalan (ground clearance) 230 mm.

Jika mengadu pada dimensi tersebut nampak Isuzu mu-X justru nampak lebih besar dan kekar dibanding dua seteru utamanya.

Toyota Fortuner (tipe 4×2 2.4 VRZ AT Diesel) memiliki dimensi panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm, jarak antar sumbu roda 2.745 mm. Sementara Mitsubishi Pajero Sport (tipe Dakar 4×2 Ultimate) punya dimensi panjang 4.785 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.805 mm, jarak antar sumbu roda 2.800mm, serta ground clearance 218 mm.

Saat beberapa kali berpapasan dengan Isuzu mu-X di jalan, khususnya waktu touring ke Bali (2014) dan saat mudik Lebaran (2017), menurut saya Isuzu mu-X sudah memenuhi kriteria desain SUV modern yang mampu menyita perhatian pemirsanya (termasuk saya sendiri).

PERFORMA MESIN & LEVEL EFISIENSI BBM 

Isuzu mu-X dibekali mesin Turbo Diesel Isuzu 2.5 Liter Commonrail VGS 4-silinder, dengan tenaga puncak 136 ps / 3.400 rpm dan torsi maksimal 320 Nm yang dicapai merata pada putaran 1.800 – 2.800 rpm. Mesinnya juga telah dilengkapi dengan sistem injeksi Diamond Like Carbon (DCL) Coated Fuel Injection yang diklaim efisien dalam konsumsi BBM.

Mesin ini dipadupadankan dengan sistem transmisi Tiptronic Sequiential Shift 5-percepatan, dan telah diintegrasikan dengan dukungan teknologi Adaptive Gradient Logic Control.

Buat “anak laki” yang menginginkan SUV sejati anti mainstream, Isuzu mu-X pantas dikedepankan sebagai pilihan.

Seperti apa pembaruan yang dilakukan pihak APM PT IAMI pada Isuzu New mu-X? Tunggu informasi selanjutnya di jbkderry.com dan kanal youtube “Derry Journey”.

Untuk informasi spesifikasi resmi versi sebelumnya bisa dilihat di sini.

 

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Otomotif Roda Empat and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s