MENGENAL SISI MULIA KEHIDUPAN SOPIR TRUK DI HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE 71

Ke-6 Finalis di babak final UD Trucks Extra Mile Challenge 2017

Kamis 17 Agustus 2017, saya sudah berangkat pagi-pagi dari rumah. Rencananya di hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 itu saya akan memenuhi dua undangan dari produsen truk yaitu dari UD Trucks dan Isuzu.

Khusus untuk acara UD Trucks yang berlangsung di sebuah areal di dekat gedung ICE – BSD City, saya tadinya berpikiran akan ada kompetisi mengemudikan UD Trucks untuk para jurnalis namun ternyata tidak ada.

Meski demikian saya tidak sepenuhnya kecewa, di hari itu saya berhasil mencatat sisi lain dari dunia pada sopir truk yang selama ini hanya kelihatan kusam, kasar, ugal-ugalan atau sekadar “mangkal” di jalur Pantura saat beristirahat.

Di acara UD Trucks pagi itu, enam sopir truk pengemudi UD Trucks dari wilayah pulau Jawa berhasil masuk ke babak final UD Trucks Extra Mile Challenge 2017.

Salah satu pesertanya adalah pria berpostur tinggi besar berkulit kusam layaknya sopir truk yang menghabiskan waktu berkendara hingga ribuan kilometer untuk menjalankan peran kerjanya, namanya Jimmy Martin Tomasuwa yang mewakili tempat kerjanya PT Sinar Indah Jaya Kencana.

Jimmy menjadi kontestan pertama di babak final kompetisi UD Trucks Extra Mile Challenge 2017. Ia nampak berusaha tenang di tengah kerumunan orang yang menonton dan kalangan media yang meliput.

Saat masuk ke dalam areal parkir berliku dan sempit dengan dibatasi dengan deretan cone, Jimmy pun menunjukkan jika pengalaman panjang sebagai sopir truk dia tetaplah manusia biasa. Truk besar yang dikemudikannya sempat menabrak sebuah cone pembatas. 5 finalis lainnya juga mengalami kesulitan yang sama.

“Tingkat kesulitan di babak final ini memang telah disesuaikan dengan kriteria lomba UD Trucks di tingkat dunia, karena satu pemenang di ajang ini akan kami kirim ke kontes UD Trucks di tingkat internasional yang berlangsung di Jepang pada bulan November 2017,” kata Jurn Terpstra, Direktur Marketing UD Truck Indonesia.

Jurn yang berpostur tinggi menjulang juga mengatakan pada saat sesi latihan, para konstentas di babak final ini lebih tenang dan piawai melalui medan uji. “Nampaknya banyaknya penonton, liputan media dan pressure di babak final memberikan tekanan lebih pada ketenangan mereka melalui medan uji di hari H,” katanya.

Hal yang saya catat adalah dibalik perawakannya yang sangar, kumal dan besar Jimmy serta kawan-kawannya ternyata punya tingkat fokus berkompetisi yang tinggi. Mereka juga memiliki sisi serius dan semangat berkompetisi seperti para pekerja di bidang lainnya. Sederhananya, saya cuma ingin mengatakan jika mereka juga punya posisi sosial yang tidak kalah hormatnya.

Jimmy Martin Tomasuwa dari PT Sinar Indah Jaya Kencana keluar sebagai pemenang pada UD Trucks Extra Mile 2017 menerima ucapan selamat dari Handi Lim (UD Trucks Sales & Logistic Director – kanan)

Jimmy sendiri perwarakan lebih besar dibanding kelima kontestan final lainnya akhirnya terpilih sebagai juara pertama, dan akan mewakili UD Trucks Indonesia di babak final di Jepang pada tanggal 6 – 8 November 2017.

Kompetisi UD Trucks Extra Mile Challenge sendiri merupakan agenda kegiatan tahunan dimana tahun ini merupakan periode ke-2 dilaksanakan.

Selepas dari acara UD Trucks dan jam makan siang, saya meluncur ke acara CSR yang diadakan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di booth mereka di GIIAS 2017.

Semoga anak-anak sopir truk Isuzu ini bisa punya kebanggaan lebih kepada profesi orang tuanya yang pasti lebih mulia dari para koruptor dan penjaja religi untuk kekayaan pribadi.

Di sana, saya menyaksikan seremoni penyerahan dana bantuan pendidikan kepada anak-anak sopir truk Isuzu dari seluruh wilayah Indonesia. Ada 170 anak rentang usia SD hingga SMP yang mendapat bantuan dana pendidikan sebesar Rp 1 juta rupiah per anak.

“Kami berharap kegiatan tahunan Dana Pendidikan Pintar Bersama Isuzu yang telah dilaksanakan secara reguler sejak tahun 2012 ini dapat menjadi kegiatan rutin tahunan, dimana sejauh ini pemberian bantuan yang diberikan setiap tahunnya semakin banyak jumlah anak yang menerima bantuan,” kata Keiji Takeda, Presiden Direktur PT IAMI.

Buat saya, pemberian bantuan kepada anak-anak truk Isuzu ini bisa memberikan kebanggaan tersendiri kepada perkembangan dan rasa bangga pada anak-anak itu pada profesi kerja orang tuanya. Meski (mungkin) stereotipe negatif dan meremehkan kepada profesi sopir truk masih berkembang di masyarakat, meski sesungguhnya tetap adalah pejuang kehidupan setidaknya untuk keluarga dan anak-anaknya masing-masing.

Bahkan yang pasti lebih mulia dari para koruptor ataupun yang mencari jalan kekayaan duniawi dengan menjual religi, imho

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in TRUCK & BUS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s