TERNYATA PERUSAHAAN PEMBUAT TRANSMISI OTOMATIS JUMLAHNYA HANYA HITUNGAN JARI

Seiring meningkatnya populasi kendaraan di jalan dan kemacetan, kebutuhan konsumen pada kendaraan bertransmisi otomatis pun semakin tinggi.

Tapi tahukah Anda jika transmisi otomatis pada mobil penumpang (passenger car) banyak yang diproduksi dan disuplai oleh pihak ketiga?!

Nah, uniknya lagi ternyata jumlah produsen transmisi otomatis untuk mobil yang ada di dunia hanya sedikit dan bisa dihitung jari. Berikut di antaranya…

Aisin Seiki Co., Ltd (Aisin)
Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1949 dan 30% sahamnya dimiliki oleh Toyota ini awalnya mengembangkan transmisi otomatis bersama BorgWarner di bawah bendera anak perusahaan Aisin AW, namun kerjasama ini berakhir pada tahun 1987.

Aisin AW sendiri didirikan pada tahun 1969 dan berpusat di kota Anjo di dekat Nagoya. Aisi AW juga punya divisi yang berlokasi di kota Okazaki dan di Belgia. Salah satu transmisi otomatis yang dikembangkan Aisin AW digunakan di Toyota Prius.

BorgWarner Inc.
Transmisi otomatis untuk mobil penumpang hanyalah salah satu spesialisasi dari perusahaan Amerika yang berdiri sejak tahun 1928 ini.

Sejak tahun 1959, BorgWarner Inc telah berhasil mengembangkan transmisi otomatis 3-percepatan dan digunakan oleh kendaraan Ford mulai tahun 1951.

Saat ini, BorgWarner Inc setidaknya punya 60 manafaktur di 18 negara yang tersebar di Amerika, Kanada, Eropa hingga Asia. Transmisi otomatis produksi BorWarner Inc di antaranya digunakan sebagai perangkat OEM di Volvo dan Jaguar.

Getrag
Perusahaan ini berdiri pada 1 Mei 1935 dan merupakan produsen serta penyuplai sistem transmisi mobil penumpang terbesar di dunia. Saingannya hanya bisa dikatakan datang dari Aisin Seiki Co., BorgWarner, Graziano Transmissioni dan ZF Friedrichshafen.

Pabrikan mobil yang menggunakan transmisi otomatis buatan Getrag di antaranya BMW (Mini), Mercedes-Benz, Ferrari, Mitsubishi, Porsche, Renault, Volkswagen Group dan Volvo.

Graziano Trasmissioni
Perusahaan yang bermarkas di Turin Italia ini berdiri tahun 1951 memproduksi transmisi untuk merek mobil mewah seperti Ferrari, Lamborghini, Audi, Maserati, Alfa Romeo, Aston Martin, serta beberapa mobil produksi Mercedes-Benz AMG.

ZF Friedrichshafen
Perusahaan yang bermarkas di Jerman ini telah memproduksi transmisi otomatis sejak tahun 1961. Beberapa pabrikan mobil yang menggunakan transmisi otomatis buatan ZF Friedrichshafen di antaranya Mercedes-Benz, BMW, Porsche, BMW, Peugeot dan Alfa Romeo.

Tahun 1999, ZF Friedrichshafen merupakan produsen pertama yang memperkenalkan transmisi otomatis 6-percepatan yang pertama kali digunakan oleh BMW 7-Series model tahun 2001.

Lalu tahun 2006, ZF Friedrichshafen memproduksi 10 juta transmisi otomatis untuk mobil penumpang. Setahun kemudian di tahun 2007, ZF Friedrichshafen menjadi salah satu produsen yang pertama kali memperkenalkan transmisi otomatis 8-percepatan. Dan di tahun 2011, menjadi produsen pertama yang memperkenalkan transmisi otomatis 9-percepatan.

Pabrikan lain
Sebenarnya ada pabrikan lain yang juga memproduksi transmisi otomatis untuk mobil penumpang. Satu di antaranya General Motors, perusahaan otomotif yang sempat menyatakan bangkrut pada tahun 2009 merupakan salah satu pabrikan yang bisa memproduksi transmisi otomatis sendiri.

Bahkan pada tahun 1939 menjadi perusahaan pertama yang memperkenalkan transmisi otomatis, yang kemudian diaplikasikan pada mobil Oldsmobile pada tahun 1940.

Lalu ada Drivetrain System International (DSI), perusahaan transmisi asal Australia yang pernah bekerjasama dengan BorgWarner Australia. DSI memproduksi transmisi otomatis untuk Ford, Chrysler, Geely dan SsangYong.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s