HYUNDAI BAWA 3 MOBIL BARU ANDALANNYA DI FRANKFURT MOTOR SHOW 2017

Akhirnya Hyundai i30 N, mobil berforma tinggi hasil pengembangan Albert Biermann (mantan petinggi BMW M Series) memulai debut publiknya di Frankfurt Motor Show 2017.

Di ajang pameran otomotif tahunan Frankfurt Motor Show ke-67, 14 – 25 September 2017, pabrikan mobil Hyundai menampilkan debut publik pertama i30 N, coupe 5-pintu i30 Fastback, serta satu kendaraan bergenre desain sub-compact SUV yaitu All-New Kona.

Kehadiran tiga produk terbaru Hyundai ini juga sekaligus menandai harapan dari pabrikan asal Korea Selatan ini untuk menjadi merek mobil Asia nomor satu di pasar Eropa pada tahun 2021.

Pengembangan desain, rekayasa teknikal dan mekanisme pengujian ketiga kendaraan ini sendiri menggunakan fasilitas Hyundai yang berada di Jerman, termasuk di Hyundai Test Center yang memiliki akses ke sirkuit legendaris Nurburgring.

Selain kehadiran ketiga produk unggulannya, pengunjung booth Hyundai yang berada di Hall 8 Stand C 29 ini juga dapat menyaksikan kehadiran Hyundai IONIQ yang merupakan mobil pertama di dunia yang menggunakan tiga powertrain listrik sebagai upaya dari pabrikan Korea Selatan itu untuk menciptakan udara di masa depan yang lebih bersih dan rendah emisi gas buang. 

Hyundai i30 N

Ini adalah mobil berperforma tinggi (high performance) pertama Hyundai yang dikembangkan di bawah pengawasan Albert Biermann.

Pria yang sejak 1 April 2015 tergabung di Hyundai ini sebelumnya merupakan Vice President Engineering di BMW M Automobiles. Di Hyundai, Biermann dipercaya menjabat sebagai Head of Vehicle Test & High Performance Development yang kemudian menjadi cikap bakal lahirnya sub-brand Hyundai N.

Hyundai i30 N sendiri telah melalui serangkaian pengujian agar dapat menghadirkan kesenangan berkendara secara maksimal baik untuk kebutuhan berkendara harian ataupun saat dipacu di trek sirkuit.

Mengandalkan mesin 2,0-liter turbocharged ada dua output tenaga yang dihasilkan. Versi standar mampu menghasilkan 250 tenaga kuda, sementara yang telah dilengkapi Performance Package mampu menghasilkan 275 hp. Torsi maksimalnya mencapai 353 Nm (378 Nm saat mengaktifkan fungsi Overboost).

Kecepatan puncaknya 250 km/jam, dan mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 6,4 detik untuk versi standar dan versi Performance Package dalam 6,1 detik.

Hyundai i30 Fastback

Hyundai i30 Fastback merupakan utusan Hyundai untuk segmen premium kendaraan compact. (sumber foto: i.ytimg.com)

Nah, yang satu ini merupakan utusan Hyundai untuk segmen premium mobil compact. Mengandalkan tampilan yang tangguh dan sporty, Hyundai i30 Fastback telah dilengkapi dengan fitur perangkat keselamatan dan pendukung berkendara terbaru Hyundai SmartSense.

Mengandalkan mesin bensin turbocharged dari New Generation Hyundai i30, kesan premium dari Hyundai i30 Fastback semakin terasa.  

All-New Kona

All-New Kona menjadi utusan Hyundai di segmen sub-compact SUB untuk berhadapan dengan Toyota C-HR, Honda HR-V dan Mazda CX-3. (sumber foto: Hyundai Australia)

Kendaraan yang satu ini merupakan jawaban dari Hyundai atas semakin tingginya permintaan kendaraan berdesain sub-compact SUV di pasar Eropa.

Dengan mengandalkan desain yang berani dan progresif, Hyundai juga telah membekali All-New Kona dengan fitur-fitur premium, sistem konektivitas teranyar, serta fitur keselamatan terbaru.

All-New Kona juga menawarkan twin headlamp full-LED, two-tone roof dan 10 pilihan warna eksterior. Mengandalkan dukungan mesin terbaru Hyundai, All-New Kona menggunakan sistem penggerak empat roda dan transmisi 7DCT untuk dapat memenuhi ekspektasi di kalangan konsumen urban yang modern.

Penampilan Khusus Hyundai di Frankfurt Motor Show 2017

Khusus konsumen yang ingin memiliki pacuan khusus di trek balap, Hyundai secara khusus menghadirkan Hyundai i30 N TCR yang dibekali dengan mesin 2,0-liter turbocharged, serta gearbox enam percepatan yang dioperasikan melalui paddle shift di bagian setir.

Selain penampilan khusus mobil khusus balapan itu, Hyundai juga memperkenalkan generasi terbaru powertrain yaitu mesin Smart Stream 1,6-liter T-GDI dan transmisi dual clutch wet 8-percepatan.

Mesin baru 1,6-liter T-GDI dilengkapi teknologi terbaru di antaranya Continuously Variable Valve Duration (CVVD) yang secara berkelanjutan mengatur durasi katup, serta meningkatkan secara optimal waktu bukaan dan tutup katup agar dapat sekaligus memaksimalkan performa mesin dan efisiensi BBM, serta mereduksi emisi gas buang.

Sementara Smart Stream wet 8-speed DCT bekerja lebih cepat dan lebih halus dibanding sistem transmisi Hyundai sebelumnya, serta berimbas juga pada efisiensi konsumsi BBM yang luar biasa.

Meski peminat dari mesin dan sistem transmisi Smart Stream baru dari Hyundai ini perlu lebih bersabar, karena baru akan masuk jalur produksi di waktu mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s