KIA REKRUT DESAINER LEPASAN BMW

Sumber foto: Hyundai Motor Group.

Sebuah kabar kejutan hadir dari pabrikan mobil Kia. Kamis 14 September 2017 tersiar kabar pabrikan mobil asal Korea Selatan itu telah merekrut Pierre Leclercq yang merupakan mantan desainer BMW.

Kia yang berafilisiasi di bawah bendera Hyundai Motor Group menugaskan Leclercq untuk menangani tugas di pasar China, khususnya untuk pengembangan mobil berdesain SUV yang semakin popoler di Negeri Tirai Bambu.

Leclercq sebelumnya dikenal melalui desainnya pada kendaraan-kendaraan SUV produksi BMW seperti X5 dan X6. “Leclercq merupakan salah satu dari bintang desainer berkelas dunia dengan segudang pengalaman di industri-industri terkemuka di dunia termasuk di Eropa, Amerika Serikat dan China,” demikian keterangan resmi dari Kia. 

Pierre Leclercq (sumber foto: http://www.motorauthority.com)

Pengumuman ini hanya berselang tiga bulan, setelah Hyundai juga mengumumkan telah merekrut Simon Loasby yang merupakan direktur Volkswagen Group China, dengan tugas baru yang diberikan sebagai kepala desain Hyundai untuk pasar China.

Hyundai dan Kia sendiri tengah mendapat tantangan besar di pasar China seiring ketegangan politik di Semenanjung Korea.

Kembali ke soal Lecbercq yang merupakan pria kelahiran Belgia sedianya akan mulai menjalankan tugasnya di Kia pada akhir bulan September 2017. Dia akan bekerjasama dan melakukan koordinasi dengan chief design officer Hyundai yaitu Peter Schreyer yang sebelumnya dikenal sebagai mantan desainer Audi. Selain itu juga, Leclercq akan bekerjasama pula di bawah pengawasan kepala desain Kia di Korea yaitu Youn Seon-ho.

Dengan tanggungjawab barunya itu, Leclercq akan menjalankan strategi desain Kia dalam jangka panjang, sembari tetap tetap memperkuat kerjasama desain dengan jaringan Kia yang ada di Amerika Serikat, Eropa, China dan Korea.

“Leclercq dapat membantu memperkuat desain Kia khusus pada lineup SUV, khususnya di pasar China. Mengingat sebelumnya dia juga pernah bekerja untuk perusahaan China (pernah juga bekerja di Great Wall Company), sehingga dia tentu punya pengalaman mengenai desain mobil seperti apa yang disukai orang China,” kata Sang Alexander Koo, seorang profesor yang pernah juga menjadi desainer untuk Kia.

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in Otomotif Roda Empat and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s