BALAPAN DI YAMAHA SUNDAY RACE HARUS MENYENANGKAN

Datang meliput di seri ketiga Yamaha Sunday Race 2017 di sirkuit Sentul International, Minggu (17/9), salah satu hal yang mengemuka adalah judul artikel ini sebagaimana diungkapkan oleh M Abidin selaku General Manager After Sales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

“Ya, balapan memang seharusnya di hari Minggu dan semestinya pula menyenangkan semuanya. Seperti halnya yang terlihat pada logo kegiatan tidak ada nama “Yamaha” dan pada backdrop kegiatan bisa dilihat begitu banyak merek produk yang ikut terlibat,” kata pria yang juga fasih berbahasa Jepang ini. 

M Abidin, General Manager After Sales & Public Relation PT YIMM.

Berdasarkan laporan pandangan mata, kegiatan Yamaha Sunday Race 2017 tidak sekadar menjadi ajang balapan semata. Di areal parkir sirkuit Sentul International seperti biasa disulap menjadi beberapa wahana mulai dari kompetisi fun riding berhadiah jutaan rupiah, panggung musik, stand-stand sponsor pendukung yang menjajakan produk-produk unggulan dengan potongan harga khusus dan menarik, hingga wahana bermain untuk anak-anak.

Arijanto Notorahardjo (kiri), perwakilan IRC Jepang (tengah), dan Dodiyanto selaku Marketing Product Development PT Gajah Tunggal Tbk.

Adapun berbagai sponsor yang terlibat menyukseskan YSR 2017 Sentul ialah Yamalube, Idemitsu, Motobatt, Suspensi Kayaba, Busi NGK, IRC Tire, Cargloss, Pirelli, BRT, Nissin, Dunlop, Tekiro dan Pertamax Turbo.

IRC berencana akan menggarap serius pasar ban untuk motorsport 250cc di Indonesia mulai tahun depan.

Saya sempat juga bertemu dengan salah satu petinggi PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahadjo selaku EVP Marketing & Sales MC Tire yang tengah menemani salah satu perwakilan ban IRC dari Jepang. Pihak perwakilan ban IRC dari Jepang itu sempat menuturkan kekagumannya pada ajang balapan Yamaha Sunday Race.

“Ya, saya beberapa kali lihat pembalap Indonesia yang berlaga di sirkuit Suzuka (Jepang) rata-rata memang cepat dan mengagumkan,” katanya.

Pihak perwakilan ban IRC dari Jepang itu juga menuturkan jika pihaknya menyatakan ketertarikannya untuk memproduksi ban untuk motorsport 250cc di Indonesia baik untuk kebutuhan harian maupun balapan dengan keunggulan salah satunya pada usia ban yang lebih tahan pakai dengan tetap mempertahankan kualitas terdepan.

Ada wahana untuk bermain anak pula yang disediakan.

Di tahun ketiga pelaksanaannya ini, pihak PT YIMM pun dibuat cukup terkejut dengan performa para pembalap dari kalangan komunitas khususnya di kelas Community B Yamaha R25 yang catatan waktunya sudah nyaris menyamai pembalap pro dari pabrikan Yamaha dengan kisaran waktu sudah menembus 1 menit 54 detik.

“Ya, ini juga menjadi perhatian serius dari pihak kami untuk pengembangan regulasi ke depan atau mulai tahun depan tepatnya. Meski belum putus detail regulasinya seperti apa, entah dengan penambahan kelas Semi Pro untuk mengakomodir para pembalap dari kalangan komunitas yang sudah super cepat itu atau mungkin ada penggabungan kelas seperti balapan di MotoGP dimana konsepnya tim pabrikan dan tim satelit diadu pada race yang sama,” pungkas Abidin.

Adapun komunitas yang senantiasa ikut serta dari seri 1 dan 2, di antaranya komunitas YROI, YARRCI, ROCK, Grabe Community, R25 Bali, YRSI, YR15CI, TROW, RAVENS, R15ER dan R15 RT.

Menurut Abidin San, para pembalap dari kalangan komunitas jadi lebih safety saat berkendara di jalan raya.

Tidak ketinggaan, hadirnya kelas-kelas untuk rider profesional dari banyak tim. Di antaranya Yamaha 549 Kaboci, Yamaha Bahtera Racing, Yamaha TJM, Yamaha HDS, Yamaha Ardians, Yamaha HRP, Yamaha Syafina, Yamaha Rey Racing Speed (RRS), Yamaha Akai jaya, Yamaha Borneo dan lain-lain. YSR 2017 Sentul menjadi media riset tim-tim profesional tersebut. Output atau hasilnya, konsisten hadir penajaman best-time.

Sebagai ilustrasi, saat seri ke-2, Rey Ratukore Ratukore (Yamaha Yamalube RRS TDR Gandasari Laturama WS Battery) sudah mencatat waktu 1 menit 42,9 detik di kelas R25 (Professional Rider). Sebelumnya  berada di angka 1 menit 43,3 detik. Termasuk juga sudah banyak racer yang menorehkan 1 menit 44 detik. Ataupun kelas R15 (Professional Rider) dimana Richard Taroreh (Yamaha Yamalube Jasti Putra NHK FDR 549 Kaboci) sudah menyentuh catatan waktu 1 menit 48,7 detik.

About jbkderry

jbkderry.com ada karena ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan. jbkderry.com mengurai ceritanya melalui lima kanal yaitu Mobil, Motor, Film, Travelling dan Hal - Hal Umum yang menarik untuk diangkat dan didiskusikan.
This entry was posted in OTOMOTIF RODA DUA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s