MENGULAS BAN GT RADIAL SAVERO SUV

 

Sudah cukup lama saya ingin menulis tentang ban ini, GT Radial Savero SUV. Ban ini pernah saya uji langsung ketika diundang pada saat prosesi peluncurannya di kawasan BSD City tahun 2015, saat dipasangkan di Toyota Fortuner untuk melintasi beberapa variasi trek uji buatan.

Sebelum menguji saya sempat berbincang singkat Franck Lochi, pria asal Perancis yang menajabat sebagai Tire Testing Manager di PT Gajah Tunggal Tbk.

Dengan Franck Lochi, Tire Testing Manager GT Radial.

Saya masih ingat pria yang pernah bekerja puluhan tahun untuk Michelin itu mengatakan,”Ban produksi GT Radial termasuk Savero SUV memiliki kualitas dan tingkat kompetitif yang tidak kalah bahkan bisa dikatakan lebih baik dari beberapa kompetitor, serta telah memenuhi standar Eropa. Hal ini telah dibuktikan dengan kehandalan ban produk GT Radial di berbagai ajang balap hingga di mancanegara.”

Salah satu bukti kehandalan buatan anak bangsa ini adalah 70 persennya diekspor ke pasar luar negeri.

Setelah berbincang dengan Lochi, saya pun berkesempatan membuktikan langsung tingkat kebisingan, daya cengkeram hingga kemampuan bermanuver pada ban GT Radial Savero SUV. Kesimpulan saya saat itu, ban ini memiliki performa lebih baik dibanding dua ban kompetitor yang turut diuji.

Bukti kekaguman itu juga saya buktikan dengan membelinya untuk SUV kesayangan, si Darth Vader yang jadi penghuni garasi sejak Mei 2017 lalu. Ban GT Radial Savero SUV ukuran 235/55R18 saat ini telah terpasang di “Darth Vader” mengganti ban standar Kumho Crugen Premium 225/60R17.

Savero SUV 235/55R18 sudah terpasang cakep di Darth Vader.

Selain performanya, saya suka model kembangan dan alur dari ban Savero SUV. Menurut keterangan dari pihak produsen GT Radial , dengan alur dan kembangan yang dimiliki, ban GT Radial SUV memiliki performa yang superior saat melintasi jalan basah. Salah satunya karena kemampuannya mereduksi aquaplanning.

Selain daya cengkeramnya yang tetap baik di jalan basah, alur dan kembangan bannya mampu mereduksi tingkat kebisingan saat ban tengah bekerja dan bergesekan dengan permukaan jalan. Kelebihan lainnya adalah pada kemampuannya mereduksi jarak pengereman secara optimal, serta stabilitas berkendara termasuk saat melintasi tikungan.

Saya pun sempat bertanya kepada EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire dari PT Gajah Tunggal Tbk, saat bertemu di Yamaha Sunday Race seri ketiga di sirkuit Sentul pada pertengahan September 2017 lalu, “Pak Ari, kalau saingan GT Radial Savero SUV itu apa yah?”

Pria ramah yang juga kerap dijuluki sebagai “Google Berjalan” ini menjawab, “Di antaranya yah Michelin Latitude dan Yokohama Geolander.”

Salah satu kelebihan lain yang saya sukai dari ban ini adalah alur bannya yang gak gampang nempel kerikil atau batu kecil, setidaknya dibanding ban standar bawaan Darth Vader.

Jadi gak sabar menunggu akhir tahun tiba, buat nguji performa ban GT Savero SUV di jalur lintas provinsi di Jawa, menyapa lereng di Dieng, hingga membelah rute di jembatan Suramadu.

Mudah-mudahan jadi ada rezeki dan dikasih kesehatan. Hidup cuma sekali, jangan lupa bahagia…

Kalau Anda penasaran dengan spesifikasi dan performa ban Savero SUV, bisa klik link ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s