IKON TAKSI BARU KOTA TOKYO DARI TOYOTA

Sumber foto: http://newsroom.toyota.co.jp

Dunia pertaksian di Jepang nampaknya segera punya ikon baru. Seiring pelaksanaan pameran otomotif Tokyo Motor Show 2017 (27 Oktober – 5 November), Toyota sebagai pabrikan mobil terbesar di Jepang itu menghadirkan ikon baru taksi bernama “Japan Taxi” (atau JPN TAXI biar muat dipajang di bagian atap).

Japan Taxi sedianya akan menjadi ikon kota layaknya yellow taxi di New York City dan black cab di London.

Momentum puncak untuk semakin memperkenalkan ikon baru di kota Tokyo itu sedianya baru di tahun 2020, saat menjadi tuan rumah pelaksanaan Olympic Games.

Hiroshi Kayukawa selaku chief engineer dari Toyota mengatakan, Japan Taxi ini memilik kemampuan pelayanan untuk mengakomodasi seluruh kalangan, termasuk orang tua dan kalangan disabilitas.

Hal ini tidak terlepas dari desainnya yang mengusung konsep ramah lingkungan dengan menggunakan powertrain hybrid, serta kapasitas ruang interior yang lapang sehingga mempermudah akses masuk dan keluar.

Di samping itu, Japan Taxi memiliki desain lantai yang rendah dan rata, serta pintunya yang bisa terbuka lebar melalui akses buka dan tutup otomatis oleh pengemudi. Hasilnya, penumpang dapat lebih mempemudah saat membawa barang-barang bawaan.

Ruang interior juga mudah untuk direset ulang secara cepat, sehingga kursi roda dapat dimasukkan ke dalam kabin dengan gampang.

Ruang kokpit juga sengaja didesain untuk lebih mempermudah kinerja pengemudi di antaranya dengan pandangan yang luas melalui penyempurnaan pilar-A, serta mesin hybrid yang membantu meningkatkan efisiensi penggunaan BBM dan mengurangi emisi gas buang.

Warna eksterior Japan Taxi dalam bahasa Jepang disebut “koiai” atau tepatnya indigo blue. Ada penjelasan sejarah mengenai aplikasi warna ini. Menurut Kayugawa, warna ini mewakili makna “high-class dan formal, dan mudah diakses”.
Guna berjalan sesuai rencana menjadi ikon kota, logo Olympic Games juga sengaja dibuat dengan warna “koiai”.
Pihak Toyota menyebut sekitar 70 hingga 80 persen di Jepang saat ini menggunakan sedan Comfort dan Crown, dan Japan Taxi ini sedianya ditugaskan mengganti Comfort Style setelah lebih dari 22 tahun beroperasi.
Rencananya, Toyota akan menyediakan 10.000 unit Japan Taxi di jalanan kota Tokyo pada tahun 2020.
Pengen tahu rasanya sensasi menjadi penumpang Japan Taxi? Anda bisa berkunjung ke timeline Facebook atau akun instagram Rouli Sijabat (Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor). Di sana, Anda bisa melihat bang Rouli bercerita tentang Japan Taxi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s