INI DIA POSISI AKHIR KLASEMEN WRC 2017

Posisi podium di seri terakhir Reli Australia;
Neuville (Hyundai Motorsport), Tanak (M-Sport World Rally Team)
dan Paddon (Hyundai Motorsport). -sumber foto: WRC-

Minggu 19 November 2017 tuntas sudah pelaksanaan 13 seri WRC musim 2017. Jalannya seri penutup yang berlangsung di Australia berlangsung sengit penuh persaingan di medan yang sulit dan kondisi hujan deras.

Beberapa pereli unggulan yang terhenti menyelesaikan lomba adalah indikatornya, seperti Andreas Mikkelsen (Hyundai Motorsport) dan yang paling nahas adalah Jari-Matti Latvala (Toyota Gazoo Racing WRT) yang harus berhenti di final stage di posisi kedua.

Tampil sebagai juara di seri ke-13 FIA World Rally Championship 2017, Rally Australia (17 – 19 November), adalah pereli Thierry Neuville dan co-driver Nicolas Gilsoul berhasil memaksimalkan performa Hyundai i20 WRC dan menorehkan kemenangan.

Thierry Neuville dan co-driver Nicolas Gilsoul berhasil memaksimalkan performa Hyundai i20 WRC dan menorehkan kemenangan. -sumber foto: WRC-

Kemenangan keempat tahun ini yang diperoleh oleh pereli berkebangsaan Belgia itu berlangsung sangat sengit di tengah kondisi medan yang sulit dan hujan keras yang mengguyur pada hari terakhir, Minggu (19/11).

Hasil ini sekaligus berhasil mengamankan Thierry Neuville di posisi kedua klasemen Driver’s Championship, sekaligus mengulangi prestasi di tahun 2016.

Jari-Matti Latvala (Toyota Gazoo Racing WRT) mengalami nasib nahas di Final Stage hari terakhir.

Di belakang Neuville yang berhasil meraih podium kedua adalah Ott Tanak (M-Sport World Rally Team) yang berhasil memanfaatkan insiden Latvala untuk meraih hasil tersebut.

Tanak sendiri pada tahun 2018 mendatang akan menjadi rekan setim Latvala, alias akan pindah ke Toyota Gazoo Racing WRT. Prestasi Tanak di tahun 2017 juga cukup mentereng dengan raihan dua kali kemenangan di seri Italia (seri 7) dan seri Jerman (seri 10).

Rekan setim Thierry Neuville di Hyundai Motorsport yaitu Hayden Paddon dan co-driver Seb Marshall juga berhasil lebih mengoptimal performa Hyundai i20 WRC di hari terakhir dan mengunci podium ketiga. Ini adalah posisi podium kedua yang berhasil diraih Paddon di musim WRC 2017.

Hyundai i20 WRC tampil trengginas di Rally Australia dengan memenangkan 14 stage dari 19 stage yang diperlombakan.

Performa Thierry Neuville dan Hayden Paddon di Rally Australia kali ini memang dominan, karena berhasil memenangkan 14 dari 19 stage yang diperlombakan.

Jalannya persaingan di Rally Australia sendiri menjadi salah satu yang terseru di tahun ini, sekaligus juga menjadi ajang pembuktian kehandalan Hyundai i20 WRC untuk tampil juara di berbagai kondisi trek yang berbeda-beda.

Thierry Neuville mengekspresikan kemenangan di atas kap Hyundai i20 WRC.

“Ini adalah kemenangan yang sangat spesial, dan saya mempersembahkannya untuk seluruh tim yang telah bekerja keras selama semusim ini. Pertarungan musim ini tidak sepenuhnya mudah, tetapi mereka tidak pernah menyerah. Kami memang belum berhasil tampil sebagai juara, tapi kami berhasil mengunci posisi kedua dan menjadi motivasi yang sangat baik untuk musim berikutnya,” kata Thierry Neuville.

Secara keseluruhan performa Hyundai i20 WRC juga lebih baik dibanding pencapaian tahun lalu karena secara total berhasil memenangkan 91 stage dibanding pencapaian 2016 dengan rekor kemenangan 47 stage.

“Ini adalah pertama kalinya kami berhasil menang di Australia, dan menjadi sebuah hal yang memang sangat kami harapkan. Terlebih jalannya persaingan khususnya di hari terakhir sangat sengit. Secara kesuluruhan, banyak hal positif yang kami capai tahun ini di tengah musim yang sangat ketat di tahun ini di antara para kontestan. Terima kasih atas setiap kontribusi dari seluruh anggota tim Hyundai Motorsport di Alzenau, serta kepada para sponsor pendukung. Kami berharap di tahun 2018, kesuksesan akan lebih baik lagi,” kata Michel Nandan, Team Principal Hyundai Motorsport.

Hasil Rally Australia

1 T. Neuville N. Gilsoul Hyundai i20 Coupe WRC 2:35:44.8
2 O. Tänak M. Järveoja Ford Fiesta WRC +22.5
3 H. Paddon S. Marshall Hyundai i20 Coupe WRC +59.1
4 S. Ogier J. Ingrassia Ford Fiesta WRC +2:27.7
5 E. Evans D. Barritt Ford Fiesta WRC +3:05.6
6 E. Lappi J. Ferm Toyota Yaris WRC +3:49.5
7 K. Meeke P. Nagle Citroën C3 WRC +22:58.4

2017 FIA World Rally Championship for Drivers’ Standings 
After round 13

1 S. Ogier 232
2 T. Neuville 208
3 O. Tanak 191
4 J.M Latvala 136
5 E. Evans 128
6 D. Sordo 95
7 H. Paddon 74
8 K. Meeke 77
9 J. Hänninen 71
10 C. Breen 64
11 E. Lappi 62
12 A. Mikkelsen 54

2017 FIA World Rally Championship for Manufacturers’ Standings
After round 13

1 M-Sport World Rally Team 428
2 Hyundai Motorsport 345
3 Toyota Gazoo Racing World Rally Team 251
4 Citroën Total Abu Dhabi World Rally Team 218

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s