SIAPA SAJA RIVAL SEPADAN UNTUK ALL NEW TOYOTA RUSH

sumber foto: Toyota Astra Motor

Kamis 23 November 2017, Toyota Rush akhirnya mengalami revolusi desain total setelah 11 tahun kehadirannya di tanah air. Kendaraan berdesain light SUV ini hadir hanya selang beberapa jam di hari yang sama dengan “kembarannya”, All New Daihatsu Terios, di Jakarta.

Ya, keduanya memang lahir dari pabrik yang sama milik Daihatsu di Karawang. Dan mengacu pada fakta tersebut, All New Daihatsu Terios bukanlah rival utama dari All New Toyota Rush.

Lalu siapa rival sepadan dari All New Toyota Rush. Yuk, mari bedah lebih detail…

Desain

Interior All New Toyota Rush. (sumber foto: Toyota Astra Motor)

Kehadiran All New Rush langsung mengundang keriuhan di sosial media. Umumnya menyebut desainnya lebih mirip Honda CR-V dengan dimensi yang lebih kecil.

Yup, penilaian yang cukup wajar, namun jika Anda punya pendapat lain semisal Toyota Fortuner versi lebih mungil, ataupun persepsi lain pun silakan…

Namun diakui atau tidak, All New Toyota Rush menjadi rival yang sepadan untuk Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander. Lha kok, Mitsubishi Xpander? Itu kan di kelas yang beda, Xpander itu di low MPV. Sementara All New Rush itu di low SUV…

Ok, tenang, brosis. Klasifikasi ini hanyalah strategi marketing dari masing-masing merek. Enggak percaya, yuk, kita tengok profil dari dua rivalnya.

Honda BR-V meski masuk di kelas low SUV atau light SUV, tapi menggunakan basis sasis yang sama dengan Honda Mobilio yang bermain di low MPV. Jadi, lagi-lagi ini hanyalah strategi APM Honda di Indonesia untuk memperluas segmentasi pasar dan ujung-ujungnya berimbas pada harapan kenaikan volume penjualan.

Kembali ke soal Mitsubishi Xpander. Pada berbagai kesempatan pihak APM Mitsubishi di Indonesia pun telah mengatakan jika Xpander juga mengusung DNA sejati SUV khas mereka.

Demikian kira-kira penjelasannya, jadi low SUV ataupun low MPV sesungguhnya bukanlah isu utama…

Menurut Anda, garis mesin dan lekukan atapnya mirip gak dengan Honda CR-V?

Mesin

All New Rush menggunakan mesin yang sama dengan mesin terbaru dari Toyota Avanza yaitu mesin berkode 2NR-VE 1.5L.

Artinya secara kapasitas mesin, All New Rush berada di kelas yang sama dengan Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander di kelas mesin 1.500cc.

Ground Clearance 

Mitsubishi Xpander dengan beberapa argumen dan indikator menjadi rival yang sepadan untuk All New Toyota Rush.

Kita mulai dari Mitsubishi Xpander dulu yah. Varian low MPV andalan Mitsubishi ini di awal kehadirannya, salah satu nilai keunggulan yang diagungkan ada ground clearance-nya yang tinggi yaitu 205 mm dan diklain tertinggi di kelasnya.

Nah, seakan tidak ingin kalah, All New Rush hadir dengan perubahan besar pada posisi ground clearance yaitu kini berubah menjadi 220 mm, yang akan terasa manfaatnya pada saat melibas jalan berlubang dan genangan air. Meski patut jadi catatan juga, jika ketinggian ini dapat mempengaruhi efek limbung kendaraan.

Salah satu koreksi saya pada Toyota Rush generasi terdahulu adalah pada efek limbungnya khususnya saat keluar dari tikungan. Semoga di versi terbarunya ini, para engineer Toyota telah mencekoki dengan kinerja kaki-kaki yang lebih baik dan lebih fleksibel dengan kondisi jalanan di Indonesia.

Fitur

Ada dua fitur yang setidaknya yang menjadi isyarat jika All New Rush merupakan jawaban Toyota untuk merespon animo konsumen pada Mitsubishi Xpander yang membludak, yaitu keberadaan fitur Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control.

Kedua fitur itu juga menjadi fitur andalan Mitsubishi Xpander.

Kapasitas Duduk

Jika sesuai segmennya di Low SUV, All New Rush tetap akan berhadapan dengan Honda BR-V sebagai rival utama.

Berbeda dengan strategi terdahulu yang lebih memprioritaskan kapasitas lima kursi duduk, kali ini All New Rush langsung memprioritaskan kapasitas tujuh kursi duduk. Atau dengan kata lain, sama halnya dengan daya muat Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander.

Prediksi Pasar

Hingga 10 pertama 2017 (Januari – Oktober) di segmen low SUV, data penjualan Toyota Rush generasi sebelumnya masih sedikit unggul dari Honda BR-V yaitu 17.888 unit berbanding 17.415 unit, dengan rata-rata angka penjualan 2.000 unit per bulan.

Nah, melalui All New Rush, pihak APM Toyota di Indonesia menargetkan angka penjualan rata-rata 3.000 unit per bulan. Jika target ini terealisasi, dapat disebut penjualan All New Rush tidak hanya akan menaklukkan BR-V di kelasnya, namun jualan utama Honda di segmen ini yaitu HR-V yang rata-rata terjual sedikit di bawah 3.000 unit per bulan pada tahun 2017 ini.

Dan meski berbeda kelas segmentasi dengan Mitsubishi Xpander, target ini mungkin akan mempertemukan keduanya di mata konsumen. Asumsinya begini, harga Mitsubishi Xpander versi teratas yaitu Ultimate ada di angka Rp 245an juta akan ketemu dengan harga starting All New Rush di angka Rp 240an juta saat dirilis resmi pada awal tahun 2018.

Tinggal konsumen yang akan menentukan, mana yang lebih sreg dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing…

Kesimpulan

Harga resmi All New Rush sedianya baru dirilis awal tahun 2018, tapi Anda sudah bisa memesannya mulai dari sekarang di diler Toyota terdekat.

Sebagai penguasa pasar dan pengalaman yang lebih panjang, All New Rush menjadi bukti kemampuan Toyota untuk menjaga tahtanya. Produk barunya di segmen low SUV ini langsung menebar ancaman langsung pada tiga rival utama yaitu Mitsubishi Xpander, Honda BR-V dan Honda HR-V.

Bagaimana, Anda punya pendapat lain?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s