VOXY JAWABAN TOYOTA BUAT KONSUMEN KELUARGA YANG INGIN NAIK KELAS

Naiknya minat beli konsumen di segmen Medium MPV, Toyota menghadirkan Voxy pada semester kedua 2017. (Sumber foto: Istimewa)

Jakarta – Lewat Voxy, Toyota terus menunjukkan kepiawaian dan pengalamannya dalam membaca kebutuhan konsumen di Indonesia, khususnya untuk segmen keluarga yang ingin naik kelas dari kendaraan Low MPV ke segmen Medium MPV.

“Pasar MPV memang tetap dominan dan tumbuh di tanah air. Jika di tahun 2016, komposisi MPV memberikan sumbangsih di kisaran 60 persen dari total penjualan kendaraan Toyota, di tahun 2017 ini sumbangsih MPV Toyota mendekati 70 persen,” kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, Selasa 12 Desember 2017 di Scenic Lounge and Resto – Jakarta.

Henry menambahkan, minat beli konsumen di segmen kendaraan keluarga atau lebih khusus lagi di segmen medium MPV memang mengalami pertumbuhan. “Memang ada konsumen yang naik kelas dari segmen Low MPV ke SUV, namun populasinya masih lebih kecil dibanding yang migrasi dari Low MPV ke Medium MPV,” imbuh Henry. 

Tampilan belakang Toyota Voxy (sumber foto: Istimewa).

Indikator ini pun dapat dilihat dari laris manisnya serapan konsumen terhadap Toyota Voxy. Hanya dalam 26 hari sejak diperkenalkan pada 10 Agustus di ajang GIIAS hingga tanggal 5 September 2017, Toyota Voxy mampu terjual 1.048 unit. Padahal di awal kehadirannya, pihak TAM hanya menargetkan angka penjualan 200 unit per bulan.

Naiknya animo konsumen di segmen Medium MPV justru agak berbeda dengan kondisi market di segmen Low MPV yang malah agak turun pangsa pasarnya meski kedatangan beberapa pemain baru di tahun ini yaitu Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

Di masa-masa jayanya, pangsa pasar di segmen Low MPV yang keras dengan pertarungan para bintang Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Chevrolet Spin dan Nissan Grand Livina 1.5L senantiasa digadang-gadang punya pangsa pasar 30 persen.

Kini jika mengacu pada data Gaikindo periode Juli – November 2017, pangsa pasar di segmen Low MPV terpaku di kisaran 23 persen.

Secara keseluruhan pasar MPV menurut Henry masih tetap dominan dengan pangsa pasar sekitar 45 persen.

Spesifikasi Toyota Voxy

Interior Toyota Voxy (Sumber foto: Istimewa)

Suksesor Toyota NAV-1 ini hadir di Indonesia secara CBU dari Jepang, dengan hanya satu pilihan model seharga Rp 446 juta on the road Jakarta dan kepemilikan pertama (harga sewaktu-waktu dapat berubah).

Bersaing dengan Mazda Biante, Nissan Serena dan Mitsubishi Delica, Toyota Voxy juga hadir dengan kapasitas mesin yang sama dengan para rivalnya yaitu mesin bensin berkapasitas 2.0L. Tepatnya mesin bertipe 3ZR-FAE, In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC berkapasitas 2.0L.

Mesin ini disandingkan dengan transmisi CVT yang menyalurkan daya maksimal 152 ps (/6.100 rpm) dan torsi optimal 193 Nm (/3.800 rpm) dari mesin ke roda depan (front wheel drive).

Tombol-tombol pengaturan, termasuk untuk bukaan kedua pintu belakang secara elektrik.

Toyota Voxy punya dimensi panjang 4.710 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.835 mm, serta jarak antar sumbu roda 2.850 mm. Jarak terendah bodi ke tanah 165 mm, serta ban ukuran standar 205/60R16. Kapasitas tangkinya mampu memuat 55 liter bahan bakar.

Ada tiga warna Toyota Voxy yang bisa dipilih konsumen yaitu Inazuma Sparkling Black, Black dan White Pearl.

Suasana kabin di kursi baris kedua.

Berbeda dengan Toyota Nav1 yang cenderung kotak dan minim lekukan, Toyota Voxy hadir dengan lekukan yang lebih atraktif dan menawan. Tidak heran jika, Toyota Voxy mendapat julukan sebagai Baby Vellfire. Desain dan garis lekuk keduanya memang mirip.

Pihak TAM memang memposisikan Toyota Voxy untuk konsumen yang menginginkan Toyota Vellfire atau Toyota Alphard dengan ukuran dimensi lebih kecil dan harga lebih terjangkau.

 

Berminat?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s