DERETAN MOBIL BARU DENGAN LEVEL KEAMANAN TERBAIK DI EROPA

Andalan baru Hyundai di segmen sub compact SUV ini berhasil meraih rating keselamatan 5-Bintang dari Euro NCAP.

mancanegara (Eropa) – Rabu 13 Desember 2017, Euro NCAP yang merupakan lembaga independen penguji level keamanan dan keselamatan terbaik yang bermarkas di Brussel – Belgia merilis hasil pengujian terhadap 15 mobil baru yang dipasarkan di wilayah Benua Biru.

Dari ke-15 tersebut hanya lima mobil baru model 2017 yang berhasil meraih rating 5-Bintang yaitu Hyundai Kona, Kia Stinger, generasi ke-4 BMW 6 Series, Jaguar F-Pace, serta Toyota Yaris 2017 yang mengalami facelift pada tahun ini.

Sebenarnya Kia Stonic yang dibangun dari platform yang sama dengan Hyundai Kona juga berhasil meraih rating 5-Bintang, namun itu terjadi pada fitur yang telah dilengkapi opsional piranti standar. Sementara kelima mobil di atas lolos meraih rating terbaik dengan kondisi standar. 

Hyundai Kona

Model kendaraan sub compact SUV terbaru dari Hyundai ini berhasil meraih persentasi nilai 87% untuk melindungi penumpang dewasa, 85% untuk melindungi penumpang anak-anak, 62% untuk proteksi kepada pejalan kaki, serta 60% untuk fitur pendukung keselamatan.

Kona sendiri menjadi jawaban terbaru Hyundai untuk merespon pertumbuhan pasar di segmen sub compact SUV, dimana di kelas ini beberapa rival berat telah menanti seperti Toyota C-HR, Honda HR-V, Mazda CX-3, Chevrolet Trax, serta Mitsubishi Eclipse Cross.

Kia Stinger

Sedan coupe 4-pintu dari pabrikan Korea Selatan ini berhasil meraih persentasi nilai 93% untuk proteksi penumpang dewasa, 81% untuk proteksi penumpang anak-anak, 78% untuk proteksi kepada pejalan kaki, serta 82% untuk fitur pendukung keselamatan.

Tingginya nilai persentasi keselamatan pada Stinger ini menunjukkan keseriusan Kia untuk mengirim utusannya ini berhadapan dengan Audi A5 Sportback, BMW 4-Series Gran Coupe, serta Volkswagen Arteon.

BMW 6-Series (Generasi Keempat)

Sedan mewah dari pabrikan Bavarian ini meraih nilai persentasi 86% untuk proteksi penumpang dewasa, 85% untuk proteksi penumpang anak-anak, 81% untuk proteksi pada pejalan kaki, serta 59% untuk fitur pendukung keselamatan.

Di kelasnya, BMW 6-Series berhadapan dengan rival sekelas Mercedes-Benz CLS dan Porsche Panamera.

Jaguar F-Pace

SUV mewah dari Jaguar ini berhasil meraih persentasi nilai 93% untuk proteksi penumpang dewasa, 85% untuk proteksi penumpang anak-anak, 80% untuk proteksi kepada pejalan kaki, serta 72% untuk fitur pendukung keselamatan.

Pabrikan mobil-mobil mewah sekelas Jaguar memang semakin serius menggarap pasar SUV yang semakin diminati. Tidak heran jika pabrikan mobil mewah lainnya sekelas Lamborghini baru saja merilis Urus di segmen SUV pada tahun 2017 ini.

Toyota Yaris (Facelift)

Kendaraan hatchback dari Toyota ini berhasil meraih nilai persentasi 83% untuk proteksi penumpang dewasa, 80% untuk proteksi penumpang anak-anak, 63% untuk proteksi pada pejalan kaki, serta 57% untuk fitur pendukung keselamatan.

Rival abadi Honda Jazz, Mazda2 dan Ford Fiesta ini merupakan andalan Toyota untuk menggaet segmen anak muda. Itulah mengapa di ajang WRC, melalui bendera Toyota Gazoo Racing, Yaris dipakai sebagai basis pengembangan. Demikian pula di Indonesia, melalui bendera Toyota Team Indonesia, Toyota Yaris melalui pembalap andalan Haridarma Manoppo berhasil menjadi juara nasional 2017 kelas Touring 1.600cc.

Komentar Euro NCAP

“Kami telah melihat mobil-mobil keren di tahun 2017 yang dapat meraih standar 5-Bintang dari Euro NCAP. Ini menunjukkan upaya pabrikan untuk secara berkelanjutan melakukan inovasi keamanan pada model kendaraan yang diproduksi, agar dapat memenuhi standar keselamatan yang semakin tinggi dan kompetitif jika tidak ingin menjadi yang terbelakang,” kata Michiel van Ratingen, Secretary General Euro NCAP.

“Sekaligus ini dapat menjadi contoh yang baik bagi para pabrikan agar memberikan kualifikasi terbaik sebelum melepasnya ke konsumen. Kami menganjurkan kepada calon konsumen untuk dapat mengecek website kami untuk memilih model kendaraan terbaru yang berhasil meraih rating 5-Bintang, ada banyak contoh pilihan pada tahun 2017 ini,” pungkas Michiel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s